Cara Buat Curriculum Vitae Di Word

Ms. Word merupakan salah satu software yang bisa digunakan untuk mengetik sekaligus melakukan save as dalam bentuk apapun. Namun tahukah Anda jika Ms. Word juga bisa digunakan untuk membuat sebuah curriculum vitae atau lho.

Akan tetapi sebelum memutuskan membuat CV dengan Ms. Word, tentunya Anda juga harus tahu bagaimana cara buat curriculum vitae di word.

Cara Buat Curriculum Vitae Di Word

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika Ms. Word bisa digunakan untuk membuat sebuah CV. Namun Anda juga harus mengetahui bagaimana cara buat curriculum vitae di word. Jika belum tahu, maka penjelasan dibawah ini bisa memberikan Anda informasi terkait dengan cara membuat curriculum vitae di Ms. Word.

1. Gunakan Template Yang Ada Di Ms. Word

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan menu pilihan template yang ada dalam Ms. Word. Cara yang digunakan sangatlah mudah.

  • Buat dokumen baru.
  • Gunakan pilihan more template.
  • Lanjutkan dengan memilih resume and cover letters.
  • Akan tampil beberapa pilihan template CV, pilih salah satu dari yang tersedia.
  • Secara otomatis template yang Anda pilih akan muncul dalam bentuk dokumen word.

 

Cara Buat Curriculum Vitae Di Word caramiaw.com

2. Buat Header CV

Header merupakan bagian kepala dari CV, beberapa hal yang tertera di dalam header seperti nama, jabatan, nomor telepon, email, dan sedikit tautan profil. Sedangkan untuk ukuran font yang digunakan adalah mulai dari 14 hingga 16 pt.

3. Summary CV

Masih dalam header namun dari data diri singkat yang telah dituliskan bisa diberikan dua spasi untuk menempatkan summary atau penjelasan singkat dari diri Anda. Saat membuat bagian ini maka kata summary sebaiknya diketik dengan huruf tebal dan ukuran yang sedikit lebih besar dari ringkasan yang akan dituliskan.

Sedangkan untuk ringkasan profil dan tujuan dibuatnya CV sebaiknya ditulis dengan bahasa yang singkat dan lebih ke tujuan pembuatan CV.

4. Pengalaman

Salah satu hal yang penting dari CV adalah penjelasan akan pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Penulisan pengalaman di sini akan lebih baik jika diberikan tanggal dan posisi terakhir saat itu.

Untuk jarak dari kalimat terakhir, penulisan pengalaman pada CV sebaiknya diberikan setelah dua spasi terakhir. Selain itu tak ada salahnya untuk menuliskan pencapaian yang pernah dicapai, namun tetap dalam kondisi singkat.

5. Pendidikan

Berikutnya yang tak kalah penting adalah menambahkan bagian pendidikan pada CV. Cara pembuatannya sama dengan bagian sebelumnya. Bagian pendidikan ini juga diberikan tanggal lulus sekaligus gelar yang pernah didapatkan.

6. Kemampuan Yang Dimiliki

Bagian kemampuan ini adalah salah satu metode promosi kelebihan yang Anda miliki. Terkesan sepele, namun bagian kemampuan ini sangatlah penting. Sebagai contohnya adalah skill sekaligus software yang bisa kalian kuasai.

Perlu diketahui jika penulisan kamampaun ini sebaiknya diselaraskan dengan jenis pekerjaan yang akan dilamar.

7. Tambahan

Pada bagian tambahan ini, Anda bisa memberikan beberapa poin pendukung penting. Poin ini bisa seperti kemampuan berbahasa hingga sertifikat yang pernah didapatkan. Gunakan judul yang terkesan menarik.

Cara Buat Curriculum Vitae Di Ms Word

Cara Membuat CV Yang Baik Dan Benar

1. Jangan menulis skill dengan point , entah itu persentase maupun bulet atau sejenisnya.

Kenapa ini kesalahan ? , sekarang coba anda bayangkan anda jadi HR / orang yang di suruh memilih calon candidate, dan melihat skill orang di CV 80% / 95% ? , pasti anda bertanya dalam benak anda, ini point segitu yang nilai siapa ? dan apakah itu “Self Claim” atau claim dari diri sendiri tanpa ada acuan yang jelas, lalu bagaimana yang benar ? ,

Cukup tulis saja, skill apa yang kita kuasai, ga perlu tambahin embel2 persentase maupun atribut lainnya, jika mau show off dengan sertifikasi atau sejenisnya, HR tidak butuh skill 100% tapi tanpa bukti sertifikasi atau sejenisnya.

2. Riwayat Pendidikan terlalu jauh

Dari SD sampai S2. Pertanyaannya, apa kepentingan kita HR maupun orang yg review CV anda untuk tau anda SD dimana ? anda SMP di mana ? kalau SMA / SMK its ok,

Jadi cukup tulis saja perguruan tinggi anda dan jenjang anda bagi yg kuliah dan bagi yg SMA / SMK , i think cukup tulis saja SMA / SMK anda dan jurusan anda bagi yg SMK tidak perlu tulis lengkap sampe SD atau bahkan TK

3. Tidak Usah Nulis Hobi di CV

Karena HR tidak peduli hobi anda apa, karena tidak ada urusan dengan perusahaan, jd tulis lah di CV seperlunya saja

4. Tidak perlu menuliskan sertifikat web binar di CV

Sebab tidak ada sangkut pautnya sertifikat web binar tsb dengan pekerjaan yang anda lamar,

5. Jangan menulis riwayat pekerjaan tapi tidak di sertai penjelasan singkat jobdesk di posisi tersebut.

Hanya menuliskan Bekerja Android Developer di “PT Mencari Cinta Sejati” selama dua tahun, tapi tidak disertai jobdesk atau apa yang di lakukan di perusahaan sebelumny,kenapa itu perlu ? karena kita bisa melihat lebih dalam pengalaman kamu dari penjelasan singkat job desk tersebut.

5. Menulis CV dengan bahasa yang “Campur”

CV menggunakan bahasa “Campur” kurang atau bahkan tidak rekomended, karena itu menandakan anda kurang “Profesional” dalam memilih ingin menggunakan full bahasa indonesia, atau full menggunakan bahasa inggris.

Jadi jika tidak bisa bahasa inggris, maka lebih baik gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.

7. Lebih mementingkan “Estetika” CV dari pada konten di cv sendiri.

Jadi lebih baik CV yang estetika nya biasa aja tapi isi ny bikin kita menarik buat panggil interview

Kelebihan Ms. Word

Tak hanya mampu digunakan untuk membuat CV saja, Ms.Word juga memiliki banyak sekali kelebihan lainnya. Selain itu penggunaan Ms. Word sampai saat ini masih mendominasi sebagai salah satu software pengetikan yang paling banyak digunakan.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Ms. Word adalah sebagai berikut:

  1. Tampilan sederhana yang diberikan oleh Ms. Word terbilang cukup sederhana meskipun sudah banyak mendapatkan pengemabangan hingga versi terbarunya saat ini. Tentunya bagi pemula, tampilan ini sangat membantu agar tidak membuat bingung pengguna.
  2. Kelengkapan fitur dasar yang diperuntukan untuk pengetikan memang diberikan oleh software ini.
  3. Fitur save as yang diberikan oleh Ms. Word terbilang cukup lengkap terkait dengan format file.
  4. Versi terbaru selalu memperbaiki kelemahan sebelumnya dan tentunya sangat berguna untuk para penggunanya.
  5. Banyak fitur gambar yang ditawarkan seperti clips, insert, dan beberapa menu lainnya.
  6. Proses pengaturan naskah yang terbilang mudah dan baik.

Beberapa cara buat curriculum vitae di word bisa Anda terapkan secara langsung. Tentunya dengan segudang kelebihan yang ditawarkan oleh Ms. Word akan lebih mempermudah pekerjaan Anda ketika akan membuat sebuah CV.