Cara Cek Dividen Di IPOT

Ketika memutuskan untuk menjadi investor saham, tentunya Anda dan para investor lain ingin untuk selalu mendapatkan keuntungan. Salah satu yang investor saham harapkan adalah mendapatkan dividen dari saham yang dibeli.

Perusahaan yang bagus serta sehat dalam kinerjanya diharapkan mampu untuk membagi dividen ke para investornya. Pada kesempatan kali ini, akan membahas singkat cara mengetahui atau cara cek dividen di ipot (IndoPremier Sekuritas).

Perlu untuk Anda ketahui, mendapat dividen atau tidak bergantung pada kondisi dari perusahaan serta rapat umum pemegang saham. Ada perusahaan yang tak bagikan dividen karena alami kerugian, lalu ada juga perusahaan yang tak bagikan dividen karena keuntungan atau laba akan dipakai ekspansi bisnis.

Ada pula perusahaan yang bagikan sebagai laba bersih saja untuk menjadi dividen, tapi ada juga yang bagikan semua laba untuk menjadi dividen. Maka dari itu, penting untuk Anda dan investor lain mengetahui tentang seluk-beluk dari perusahaan yang akan Anda beli sahamnya.

Belilah saat Anda sudah mengetahui perusahaan yang akan dibeli sahamnya, dan jangan beli hanya karena Anda mengikuti orang lain.

Lalu sebenarnya apa pengertian dari dividen yang sebenarnya?

Apa Itu Dividen?

Mengetahui tentang apa itu dividen lebih dahulu adalah hal penting yang perlu diketahui Anda dan para investor lain. Dividen merupakan pembagian keuntungan yang perusahaan hasilkan pada pemegang saham yang berdasarkan pada banyaknya saham yang dipunya pada periode yang tertentu.

Besar dan kecilnya persentase dividen tergantung pada kebijakan dari perusahaan ataupun permintaan para pemegang saham utama serta harus disetujui pada RUPS. Dividen umumnya dibagi jadi 2, yaitu dividen tunai dan dividen saham.

Dividen tunai merupakan dividen yang dibagikan di dalam bentuk tunai. Jumlahnya biasanya berdasarkan tingkat profitabilitas dari perusahaan.

Sementara dividen saham merupakan dividen yang dibagikan dengan bentuk saham. Dividen yang kerap dibagikan adalah bentuk tunai.

Cara Cek Emiten Yang Membagikan Deviden Tertinggi

Kita bisa akses informasinya melalui HP via aplikasi IPOT

  1. Buka IPOT
  2. Pastikan sudah masuk login
  3. Stock
  4. Stock Market Info > Sectoral
  5. Scroll kebawah pilih dan ketuk tulisan IDXHIDIV20
  6. List
  7. Maka akan muncul 20 daftar emiten yang membagikan dividen paling tinggi

Cara Cek Dividen Di IPOT

Cara Untuk Dapatkan Dividen

Untuk bisa dapatkan dividen, investor cukup untuk pemegang saham sampai tanggal cum-date, serta menjualnya saat ex-date. Jadi tak harus untuk pemegang saham 1 tahun agar dapatkan dividen. Bahkan jika beli saham ketika cum-date, Anda sebagai investor tetap akan dapatkan dividen.

Cara Mengetahui atau Mengecek Jadwal Pembagian Dividen

Cara cek dividen di ipot, jadwalnya dapat untuk Anda lihat pada aplikasi online trading. IndoPremier atau IPOT adalah salah satu sekuritas yang sediakan informasi secara lengkap tentang jadwal pembagian dividen.

Selain itu Anda juga bisa mengeceknya melalui Ksei.co.id/publications/corporate-action-schedules/cash-dividend.

Fitur notifikasi dividen IPOT cukup sederhana. Pihak sekuritas akan kirimkan dua email yang penting, yaitu:

  1. Email mengenai jadwal pembagian dividen yang isinya tanggal penting yang perlu untuk diperhatikan investor sebelum terima dividen, dan
  2. Email mengenai konfirmasi penerimaan dividen yang isinya rincian nominal dividen.

Untuk dapatkan dividen, investor perlu untuk catat tanggal penting jelang pembagian dividen. Tanggal-tanggal tersebut, yaitu:

  • Cum Dividen: tanggal perdagangan bursa yang di dalamnya memuat dividen tunai.
  • Ex Dividen: tanggal perdagangan bursa yang didalamnya tak memuat dividen tunai.
  • Recording Date: tanggal penentuan pemegang saham yang mempunyai haka tau berhak untuk dapatkan dividen tunai pada rekening Efek.
  • Payment date: tanggal pembayaran dividen tunai.

Email Konfirmasi Penerimaan Dividen

Pihak IPOT atau sekuritas akan kirimkan Anda email tentang Konfirmasi Dividen yang isinya tanggal penting itu. Pada payment date, Anda akan terima email yang isinya jumlah dividen yang diterima.

Sebagai contohnya Anda memiliki 5 lot (500 lembar saham. Perusahaan umumkan pembagian dividen tunai sebanyak 10 rupiah per lembar saham.

  • Jumlah lembar saham x nominal dividen
  • 500 lembar saham x 10 = 5000
  • Dividen itu akan dikirim atau ditransfer ke RDN Anda secara otomatis di hari pembayaran atau payment date. Dividen yang diterima akan dipotong PPh final sebanyak 10% dari jumlah dividen diterima.

Nah, demikian pembahasan di kesempatan ini mengenai dividen, cara cek dividen di ipot, dan hal-hal lain yang berkaitan. Sebagai saran, Anda diharapkan untuk selalu mengunduh dokumen dari email konfirmasi dividen agar bisa untuk direkap ulang jumlah dari dividen dalam setahun yang diterima. Ini untuk mengantisipasi jika dibutuhkan dalam pelaporan pajak. Semoga bermanfaat.