Cara Cek Garansi Realme Secara Online

Memiliki ponsel baru ternyata hal tersebut tidak menutup kemungkinan ponsel bisa mengalami kerusakan kapan saja. Oleh karena itu, beberapa vendor smartphone memberikan garansi kepada para pemilik dengan durasi waktu yang telah ditentukan.

Untuk HP Realme sendiri, durasi waktu garansi biasanya berlaku selama 1 tahun dari hari pertama pembelian. Sementara itu, untuk garansi beberapa aksesori HP seperti earphone, adaptor, dan kabel USB memiliki garansi selama 6 bulan.

Dengan adanya garansi tersebut, Anda tak perlu mengeluarkan biaya di service center saat ponsel mengalami kerusakan. Nah, sebelum Anda mengklaim garansi ke service center, alangkah baiknya untuk melihat cara cek garansi Realme.

Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah masa garansi yang Anda miliki sudah habis atau belum. Memang, cara termudah untuk melihat waktu garansi dari ponsel ialah dengan melihat kartu garansinya. Namun, jika kartu tersebut rusak atau hilang, tentunya Anda akan kesulitan untuk melihat kapan waktu garansi berakhir.

Cara cek garansi Realme ini pun sangat mudah. Hanya butuh Android milik Anda dan sinyal internet untuk bisa mengetahui masa garansinya. Ini karena Anda akan mengecek masa garansi tersebut secara online. penasaran? Mari simak pembahasannya berikut ini.

Cara Cek Garansi Realme Secara Online

Cara cek garansi ini bisa dilakukan untuk HP Realme keluaran terbaru seperti Realme 5 Pro, Realme XT, Realme X2 Pro, Realme 5i, Realme C3, Realme 6, Realme 6 Pro dan sebagainya. Sebelum Anda mengecek masa garansinya, hal yang dibutuhkan pertama kali adalan nomor IMEI yang telah terdaftar di smartphone Anda.

Nomor IMEI tersebut bisa didapatkan dengan cara menggunakan sebuah kode. Untuk memasukkan kode tersebut, Anda hanya tinggal masuk ke menu panggilan, lalu ketik *#06#. Anda juga bisa mengetahui nomor IMEI tersebut melalui “tentang ponsel” yang terdapat di menu pengaturan ponsel.

Atau bisa juga menggunakan tips ini untuk melihat imei : Cara Cek Garansi OPPO

Setelah mengetahui nomor IMEI, maka langkah selanjutnya ialah dengan mengetahui sisa masa garansi dari smartphone tersebut. Berikut cara cek garansi Realme dengan mudah dan cepat:

Cara Cek Garansi OPPO Di Website

  1. Buka browser terlebih dahulu. Lalu buka situs di oppo-id.custhelp.com/app/products/warranty_status. Mengapa harus masuk ke situs resmi Oppo? Karena pada awalnya Oppo dan Realme merupakan satu perusahaan yang sama. Jadi, Anda bisa mengecek garansi Realme di situs tersebut dengan mudah.
  2. Jika sudah, masukkan nomor IMEI yang sudah Anda dapatkan. Pastikan bahwa Anda sudah memasukkan nomor IMEI tersebut dengan benar.
  3. Jangan lupa juga masukkan kode validasi di kolom yang sudah disediakan.
  4. Apabila Anda sudah memasukkan nomor IMEI dan kode validasi, Anda bisa langsung klik “Cek Sekarang”
  5. Nah, jika nomor IMEI yang Anda masukkan benar, maka akan muncul sebuah halaman yang menampilkan sisa masa garansi HP Realme. Jika salah, maka Anda harus kembali ke halaman awal dan memasukkan lagi nomor IMEI serta kode validasi yang ada.

Di tampilan status garansi Realme, nantinya akan ditampilkan secara lengkap detail dari tipe HP ataupun model produk yang Anda gunakan. Apabila garansi dari HP tersebut masih aktif, maka akan ditampilkan detail tanggalnya. Namun, jika masa garansi sudah habis, maka akan ada keterangan “Garansi perangkat Anda sepertinya telah habis”.

Bagaimana? Mudah bukan cara cek garansi Realme satu ini? Nah, satu hal yang harus Anda ketahui sebelum klaim garansi Realme, pastikan bahwa kerusakan yang terjadi pada ponsel tersebut bukan diakibatkan karena human error atau pemakaian sendiri. Melainkan karena kegagalan fungsi dari ponsel tersebut seperti kerusakan yang terjadi pada software atau perangkat lunak di dalamnya.