Cara Check Saldo Jamsostek

Jamsostek merupakan kepanjangan dari Jaminan Sosial Tenaga Kerja, sebagai salah satu jaminan yang digunakan untuk memfasilitasi tenaga kerja yang ada pada sektor formal.

Ada banyak cara untuk mengecek saldo jamsostek, bisa dilakukan secara online maupun offline. Jaminan ini digunakan saat terjadi kecelakaan kerja dan beragam resiko kesehatan lainnya.

Umumnya jaminan ini dibayar dari pihak perusahaan dimana Anda bekerja berdasarkan potongan gaji.

Berikut cara check saldo jamsostek yang wajib kalian ketahui:

1. Check Via SMS

Cara mudah, untuk melakukan pengecekan adalah melalui SMS. Langkah pertama, Anda bisa mengirimkan SMS pada nomor 2757.

Namun sebelum itu, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui SMS, dengan format:

Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_Lahir(HH-BB-TTTT)#NO_PESERTA#EMAIL(jika ada)

Lalu mengirim pada nomor yang sama.

Setelah mendapat balasan. Anda bisa memulai untuk mengecek saldo. Berikut format SMS nya:

SALDO(spasi)NO_PESERTA dan kirim ke 2757.

Tunggulah beberapa saat, karena informasi saldo akan dikirimkan melalui balasan SMS dan biaya SMS akan dikenakan tarif Rp.165 per SMS.

Cara Check Saldo Jamsostek SMS

Sehingga Anda perlu menyiapkan pulsa, agar proses pengecekan data dapat diakses secara lancar.

2. Melalui Website

Cara selanjutnya adalah melalui website, yang bisa dilansir melalui hp atau gadget. Berikut laman yang digunakan

https://sso.bpjsketenagakerjaa.go.id/

Dalam website tersebut terdapat beberapa menu yang bisa Anda akses,

  1. Pilih “Layanan Peserta” kemudian klik “Tenaga Kerja”.
  2. Dalam menu tersebut akan muncul pilihan BPJSTKU dan Antrian Online.
  3. Lalu pilihlah BPJSTKU dan tunggu beberapa saat.

Ketika pilihan tersebut sudah tersedia, Anda akan diarahkan pada halaman log in.

  1. Untuk log in bisa memasukkan email dan kata sandi.
  2. Lalu Anda bisa memilih “Lihat Saldo”
  3. Namun jika Anda pengguna baru maka bisa registrasi terlebih dahulu.

Cara Check Saldo Jamsostek Website

Ikuti petunjuk dan langkah-langkahnya, sehingga Anda bisa memulai untuk mengisi formulir, seperti: menyiapkan nomor kartu Jamsostek/KJP maupun biodata pribadi lainnya.

Cara check jamsostek selanjutnya adalah pilih setuju dan daftarkan. Tunggulah beberapa saat untuk menunggu konfirmasi melalui email dan SMS untuk melanjutkan proses pendaftaran. Demikian langkah pendaftaran atau pembuatan akun Jamsostek untuk mengecek saldo yang Anda miliki.

3. Melalui Aplikasi BPJSTKU

Anda bisa mendownload aplikasi BPJSTKU melalui App Store dan Play Store. Anda bisa mengunduh pada ponsel yang dimiliki. Cara mudah ini bisa Anda lakukan, dengan mengikuti langkah berikut setelah aplikasi terinstall.

Pertama Anda bisa mengisi biodata diri, seperti: nomor KTP, KJP dan beragam biodata lainnya. Lalu bisa melanjutkan pada tahap log in dengan memasukkan email dan kata sandi yang sudah Anda buat.

Setelah masuk, Anda bisa memilih “Cek Saldo”. Setelah itu akan terlihat dengan jelas berapa jumlah saldo jamsostek Anda dan dari mana sumber dananya berasal.

Cara Check Saldo Jamsostek Aplikasi

Pada saat jaman semakin canggih banyak cara untuk mengecek jamsostek yang bisa Anda lakukan. Tergantung dari perangkat dan akses yang Anda miliki, maka semua bisa dilakukan dengan mudah.

4. Melalui ATM

Salah satu ATM yang bisa Anda gunakan yakni melalui ATM Bank BNI. Karena baru bank ini saja yang menyediakan layanan sebagai cara check saldo Jamsostek.

Caranya sangat mudah, tinggal memasukkan kartu ATM pada mesin yang tersedia, lalu masukkan pin Anda. Selanjutnya pilih “Cek Saldo BPJS”. Tunggu beberapa saat dan ikuti perintah yang ada. Maka akan muncul saldo yang Anda inginkan, namun pengecekan ini masih belum bisa digunakan untuk pencairan dana.

Untuk pencairan dana, Anda bisa melakukan pada layanan lain. Seperti: kantor Jamsostek atau melalui aplikasi. Namun untuk aplikasi, tetap saja karena akhir dari tahap pencairan dana adalah kantor Jamsostek.

Sehingga lebih baik Anda menghubungi kantor agar dana bisa dicairkan dan informasi bisa tertera dengan lengkap.

5. Melalui Kantor Jamsostek

Cara ini merupakan cara mudah meskipun manual, jika Anda tidak bisa melakukan dengan cara diatas. Cara konvensional ini bisa Anda lakukan dengan mendatangi kantor BPJS dengan menunjukkan bukti identitas diri, seperti: kartu Jamsostek, KTP, SIM.

Identitas tersebut berfungsi untuk pengecekan data. Setelah data terlihat sama, maka saldo dan beragam informasi lainnya akan muncul. Sehingga informasi bisa Anda dapatkan.

Demikian penjelasan mengenai cara check saldo Jamsostek dengan mudah, semoga bisa membantu Anda untuk mengetahui saldo yang tersedia. Karena kartu ini memiliki beragam manfaat yang bisa digunakan pada hari tua.