Cara Daftar BPJS Online

Cara daftar bpjs online ternyata wajib diketahui oleh semua orang. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena dengan melakukannya secara online itulah banyak keuntungan yang akan diperoleh. Salah satunya adalah Anda tidak perlu antri ke kantor bpjs setempat sehingga akan lebih hemat waktu maupun uang. Tetapi bagaimanakah cara melakukannya? Simak penjelasannya berikut ini.

BPJS sendiri merupakan badan penyelenggara jaminan sosial milik Negara. Adapun tujuannya dibentuk oleh pemerintah yakni menyelenggarakan program sosial untuk memberikan jaminan pelayanan kesehatan bagi masyarakat berdasarkan dengan kelas masyarakat Indonesia. Adapun BPJS sendiri terdiri dari kesehatan dan ketenagakerjaan.

Untuk BPJS kesehatan adalah badan hukum dimana dibentuk buat menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Sedangkan untuk BPJS ketenagakerjaan merupakan badan hukum dimana dibentuk buat menyelenggarakan program jaminan ketenagakerjaan.

Cara Daftar BPJS Online

Adapun jaminan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah sendiri ternyata juga tak tanggung-tanggung. Bahkan jaminan ini tidak terdapat batasan seperti dengan jaminan kesehatan swasta lainnya. Untuk Anda yang belum mempunyai BPJS ini, maka bisa langsung melakukan pendaftaran.

Adapun cara daftar blt bpjs dan kesehatan sendiri sudah dapat dilakukan secara offline dan online. Jika Anda tak punya waktu banyak buat datang ke kantor BPJS secara langsung, maka kami sarankan buat melakukan registrasi secara online.

Metode satu ini sudah diterapkan selama beberapa tahun terakhir. Sebab datang langsung ke kantor ternyata dinilai kurang efektif dan menghabiskan banyak waktu.

Walaupun sudah tersedia pendaftaran secara online, tetapi masih banyak orang bingung dalam melakukannya. Tetapi tenang saja! Kami mempunyai sejumlah panduan penting yang dapat diterapkan jika ingin melakukan registrasi tersebut, berikut cara daftar bpjs online.

1. Siapkan Syarat-Syaratnya Dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan syarat-syarat melakukan pendaftaran didalamnya. terdapat beberapa dokumen penting yang harus disediakan seperti KTP, KK, Nomor npwp, hingga kontak yang masih aktif.

2. Kunjungi Situs Resminya

Calon pendaftar harus mengunjungi situs resmi dari BPJS kesehatan. Selain melalui situs, Anda juga dapat menggunakan aplikasi resminya. Setelah masuk kedalamnya, maka pihak BPJS akan memberitahukan sejumlah prosedur yang harus dipenuhi dahulu. ceklis semua buat melanjutkan proses berikutnya.

3. Isi Data Diri Secara Lengkap

Setelah itu, Anda akan dialihkan ke halaman baru yakni buat pengisian data diri secara lengkap. Adapun beberapa data yang diminta yakni KTP dan KK, nomor NPWP jika anda, alamat sesuai dengan yang tercantum di KTP hingga nomor HP. Centang semua kotak pernyataan.

Setelah data diri diisi, pendaftaran harus memilih kelas fasilitas kesehatan yang diinginkan. Pilihan rumah sakit rujukan serta lampiran akhir buat WNA dimana menginginkan memperoleh manfaat dari BPJS. Untuk kelasnya sendiri dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Setiap kelasnya sendiri punya iuran berbeda-beda.

4. Tunggu Balasan dari Pihak BPJS

Apabila semua data pribadi serta kelas sudah dipilih, maka pendaftar dapat menyimpan informasi didalamnya dan menunggu balasan registrasi dari pihak BPJS bersangkutan. Umumnya, mereka akan mengirimkan nomor virtual via email.

Itulah mengapa, Anda wajib mengecek email yang terdaftar secara berkala serta mencetak lampirannya yang dikirimkan oleh pihak BPJS. Jika proses ini sudah dilewati, maka tugas pendaftar adalah melakukan pembayaran ke bank terdekat. Tombol e-ID pun sudah dapat diunduh setelah berhasil melakukan pembayaran.

5. Pembayaran Iuran

Tahap berikutnya, Anda diharuskan buat melakukan pembayaran iuran terlebih dahulu melalui bank ataupun kantor pos. Jangan lupa gunakan nomor virtual account dimana telah dikirimkan via email.

Jangan lupa buat mencetak bukti pembayaran karena dapat digunakan sewaktu-waktu jika terdapat masalah. Selamat Anda sudah terdaftar resmi sebagai anggota BPJS.

6. Proses Pengambilan Kartu

Terakhir adalah proses pengambilan kartu dimana dapat dilakukan di kantor cabang terdekat dari tempat tinggal. Pengambilan kartunya sendiri dapat dilakukan dengan cara melampirkan formulir pendaftaran, nomor virtual, hingga bukti pembayaran kepada pihak petugas.

BPJS menjadi salah satu dokumen paling penting yang harus dimiliki semua warga Indonesia karena dapat digunakan sebagai jaminan kesehatan. Tidak ingin menghabiskan waktu di kantor buat melakukan pendaftaran? Ketahui cara daftar BPJS Online.