Cara Flash Hp Oppo Tanpa Laptop atau PC

Cara flash hp Oppo dilakukan apabila terjadi masalah seperti eror, bootloop, dan hang. Karena itu bagi pengguna ponsel jenis Android termasuk Oppo inipun rentan mengalami kerusakan tersebut. Hal ini umumnya diduga diakibatkan faktor umur pemakaian smartphone ini. Dengan melakukan flash adalah cara terbaik memperbaiki hp Anda.

Seperti halnya brand smartphone pada umumnya, Oppo juga memiliki beberapa seri yang berbeda. Kadang kala Anda akan menemukan perbedaan memflash hp Oppo seri yang satu dengan yang lainnya. Keadaan ini tentu akan membingungkan Anda. Sebab itu, Anda membawa ponsel ke jasa servis sampai lebih dari sekali.

Berkali-kali mendatangi jasa servis hp untuk menjalankan flash, tentu akan sangat menguras tenaga, waktu, dan biaya. Jika Anda tahu bagaimana menerapkan flash ke ponsel Anda sendiri, pastinya hal ini membuat Anda tak perlu lagi bolak-balik ke jasa servis. Adapun cara flash hp Oppo ini untuk beberapa seri saja yakni A83, A37, dan A3s.

Flash Hp Oppo dengan kartu SD atau Tanpa PC dan Laptop
Pada kesempatan kali ini Anda akan melakukan flash menggunakan SD Card yang mudah sekali Anda ikuti, simak penjelasan flash ini sebagai berikut.

Flashing Oppo A3S via SD Card
Dalam metode flash oppo diperuntukan bagi Anda tidak memiliki PC maupun laptop, ataupun dikarenakan Anda ingin cara yang lebih praktis. Jadi, hal apa saja yang perlu Anda siapkan untuk memulai cara ini? Hal Anda butuhkan yakni file Firmware dan SD card. Sebelumnya pastikan Anda telah mendownload file tersebut serta tersimpan di SD Card Anda.

Sebelumnya download dahulu firmware sesuai jenis type hp kalian disiitus resmi nya oppo smartphone https://oppo-id.custhelp.com/app/soft_update

Agar tak terjadi kehabisan daya baterai selama flash berlangsung, isi penuh baterai atau paling tidak baterai 50%. Langsung saja, ini dia cara flash ponsel Oppo seri, antara lain:

  1. Pertama matikan ponsel Anda ketika akan memasang SD Card ke dalam smartphone Anda.
  2. Hidupkan ponsel tersebut dengan memencet tombol volume beserta power secara bersamaan. Tahan beberapa saat sampai logo Oppo di layar muncul.
  3. Pada tombol power Anda lepaskan tetapi biarkan volume bawah tetap ditekan, sampai muncul menu bahasa yang dipakai. Di sana pilihlah bahasa Inggris.
  4. Kemudian Anda masuklah ke menu recovery.
  5. Setelah masuk menu recovery lalu Anda install from storage device dengan menggunakan SD Card dalam hp tersebut.
  6. Di sana Anda cari file dalam format .zip dalam Firmware OTA yang telah Anda unduh dan simpan di SD Card.
  7. Lalu klik OK, maka proses flashing akan berlangsung.
  8. Proses flashing ini akan berjalan kurang lebih 15 menit, tunggu sampai proses tersebut selesai.
  9. Apabila proses flashing ini sukses, tak lama akan muncul notifikasi bahwa updating successfully. Kemudian klik Back.
  10. Sesudah itu Anda akan kembali ke menu, cari menu Reboot lalu klik untuk restart.
  11. Sehabis Anda restart, layar ponsel akan memperlihatkan setting wizard, di sana Anda dapat mengatur lokasi, tanggal, dan bahasa.

Cara Flash Hp Oppo Tanpa Laptop atau PC

 

Untuk melakukan flash ini, SD card yang Anda pakai paling tidak siapkan kapasitas memory 4 GB, lebih dari akan lebih baik. Tak lupa pula Anda extract file firmware sesudah di unduh ke dalam memory SD Card dengan bentuk .zip.

Apabila ponsel Oppo Anda mengalami eror, hang, lupa password, bootloop, dan hardbrick atau mati total, Anda dapat mengandalkan cara flash hp Oppo ini untuk memperbaikinya. Dengan demikian Anda tak perlu ke servis Hp dan tentunya menghemat biaya perbaikan ponsel tersebut.