Cara Hapus Akun Telegram

Telegram merupakan salah satu aplikasi chatting yang sangat digandrungi oleh masyarakat hampir di seluruh dunia. Proses untuk membuat akun Telegram cukuplah mudah, hampir sama dengan aplikasi Chatting yang lainnya. Namun bagaimana jika sudah tidak menggunakan Telegram dan ingin menghapus akunnya? Apakah bisa?

Untuk menghapus akun pada aplikasi Telegram tentunya bisa dilakukan, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk menghapus akun Telegram. Selain itu, langkah-langkah untuk menghapus akun juga harus dilakukan dengan baik dan benar.

Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini untuk mengetahui lebih lengkap mengenai cara hapus akun Telegram.

Backup Data Telegram Sebelum Menghapus Akun

Data merupakan salah satu aset yang sangat berharga di era digital seperti saat ini, terlebih lagi jika data tersebut merupakan bagian penting dalam menunjang karir atau pekerjaan. Bahkan, ada beberapa perusahaan yang menjadikan Telegram sebagai aplikasi untuk memudahkan para karyawannya dalam melakukan komunikasi.

Hal tersebut kemudian menjadi penting untuk Anda melakukan backup atau mencadangkan data-data penting yang ada dalam Telegram sebelum memutuskan untuk menghapus akun Telegram

Cara Hapus Akun Telegram di HP

Untuk menghapus akun Telegram melalui HP, anda bisa mengikuti langkah berikut :

1. Buka aplikasi Telegram, kemudian masuk ke menu “Settings”;

2. Setelah itu pilih “Privacy and Security;

3. Selanjutnya Anda bisa scroll hingga ke bawah dan menemukan opsi “ Automatically Delete My Account”;

4. Anda bisa mengatur waktu penghapusan akun otomatis hanya dengan klik “If Away For”;

5. Kemudian Anda bisa memilih rentang waktu antara satu, tiga, enam, atau dua belas bulan tergantung dengan keinginan;

Cara Hapus Akun Telegram di HP

Jika sudah, maka akun Telegram Anda akan terhapus secara otomatis bila Anda tidak online

Telegram selama rentang waktu yang telah dipilih. Kemudian Anda juga bisa logout dan menghapus aplikasi Telegram agar tidak online.

Cara Menghapus Akun Telegram di Laptop

Menghapus akun Telegram tentunya tidak hanya bisa dilakukan di HP saja, namun juga bisa melalui Laptop. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti :

1. Buka browser pada Laptop dan kunjungi alamat berikut https://my.telegram.org/auth?to=delete ;

2. Kemudian Anda bisa memasukkan nomor telepon yang terdaftar pada akun Telegram Anda, dan pastikan bahwa Anda telah memasukkan kode negara (+62 untuk nomor Indonesia) sebelum dilanjutkan dengan nomor telepon Anda;

3. Setelah itu, Anda bisa klik “Next” dan pihak Telegram akan segera mengirim pesan yang berisi kode verifikasi pada nomor tersebut;

4. Jika Anda sudah menerima kode verifikasi, Anda bisa langsung memasukkannya pada kolom yang telah tersedia, lalu klik “Sign In”;

Cara Menghapus Akun Telegram di Laptop

5. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan menu. Untuk menghapus akun Telegram, Anda bisa pilih “Delete Account”;

6. Lalu akan muncul halaman konfirmasi yang berisi kolom untuk Anda menuliskan alasan menghapus akun Telegram tersebut;

7. Setelah selesai mengisi alasan, Anda bisa klik “Delete My Account”;

8. Lalu Anda bisa menunggu terlebih dahulu hingga konfirmasi penghapusan akun selesai;

9. Jika proses sudah selesai, maka akun Telegram Anda juga sudah berhasil terhapus.

Cara Hapus Akun Telegram yang Terkena Hack

Jika akun Telegram Anda terkena hack, maka Anda bisa langsung menghapusnya dengan cara berikut :

  1. Masuk ke aplikasi Telegram dan pilih “Pengaturan”;
  2. Setelah itu pilih “Privasi dan Keamanan”;
  3. Lalu scroll ke bagian bawah dan pilih “Delete My Account If Away For”;
  4. Kemudian Anda bisa memilih “1 Month” atau “3 Month” sesuai dengan keinginan.

Cara Hapus Akun Telegram Permanen

Untuk menghapus akun Telegram secara permanen, Anda perlu menggunakan website online karena akun Telegram sendiri tidak memiliki opsi “delete account”. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Pertama-tama, Anda bisa membuka link berikut https://my.telegram.org/auth?to=deactivate pada HP atau Laptop;

2. Kemudian masukkan nomor handphone yang terhubung dengan akun Telegram pada kolom yang tersedia. lalu klik “Next”;

3. Setelah itu, Anda akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui aplikasi Telegram (bukan melalui SMS), lalu Anda bisa klik “Sign In”;

4. Kemudian pada bagian “Delete Your Account”, Anda bisa memasukkan alasan menghapus akun Telegram pada kolom yang tersedia, lalu klik “Delete My Account”;

5. Setelah itu, Anda pilih “Yes, delete my account” dan akun Telegram pun akan terhapus secara permanen.

Apa yang Terjadi jika Akun Telegram Dihapus?

Setelah Anda berhasil menghapus akun Telegram, maka semua kontak yang ada akan hilang dan tidak dapat diperbaiki lagi. Semua grup dan channel yang Anda buat dan kelola juga akan hilang. Selain itu, setelah menghapus akun, kemungkinan Anda belum bisa melakukan pendaftaran akun lagi dalam beberapa hari.

Apakah Akun Telegram yang Sudah Dihapus Bisa Diaktifkan Kembali?

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk mengaktifkan kembali akun Telegram yang sudah dihapus sebelumnya, yaitu :

1. Anda bisa mengunduh aplikasi Telegram di HP atau laptop, kemudian masukkan nomor dan kode verifikasi yang telah dikirimkan melalui SMS.

Jika akun Anda berhasil diaktifkan maka Anda bisa langsung menggunakan semua fitur yang ada pada aplikasi seperti semula.

2. Jika cara yang pertama tidak berhasil, Anda bisa mencoba cara kedua yaitu dengan menghubungi pihak Telegram melalui email.

Anda bisa mengirimkan laporan jika Anda ingin mengaktifkan kembali akun Telegram yang sebelumnya telah dinonaktifkan secara permanen.

Sebaiknya, Anda menjelaskan secara rinci alasan mengapa Anda ingin mengaktifkan kembali akun tersebut sebagai bahan pertimbangan untuk pihak Telegram.

Namun perlu diingat bahwa cara ini membutuhkan proses yang tidak sebentar, sehingga Anda bisa menunggu terlebih dahulu hingga mendapatkan respon dari pihak Telegram.

Jika Aplikasi Telegram Dihapus Apakah Chat Akan Hilang?

Jika Anda menghapus aplikasi Telegram maka Chat akan masih tetap ada, namun jika Anda menghapus akun Telegram, maka semua Chat dan pengaturan lainnya yang sudah ada di aplikasi Telegram akan ikut terhapus.

Oleh karena itu, sebelum menghapus akun Telegram, alangkah lebih baiknya jika Anda mempertimbangkannya secara matang karena Chat akan terhapus dan tidak bisa untuk dikembalikan lagi.

Bagaimana Cara Mengembalikan Telegram yang Terhapus?

Untuk mengembalikan Telegram yang terhapus, Anda cukup melakukan beberapa langkah mudah berikut ini :

1. Anda bisa mengunduh aplikasi Telegram melalui Google Play Store atau App Store, kemudian instal;

2. Jika sudah berhasil diinstal, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi Telegram dan masukkan nomor yang Anda gunakan di akun yang sudah terhapus;

3. Perlu diingat bahwa nomor yang Anda gunakan haruslah nomor yang masih dalam keadaan aktif dan bisa dihubungi, sehingga pihak Telegram bisa mengirimkan kode verifikasi ke nomor tersebut;

4. Setelah memasukkan nomor, Anda bisa menunggu kode verifikasi terlebih yang dikirimkan oleh pihak Telegram melalui SMS;

5. Setelah memasukkan kode verifikasi dan berhasil masuk, maka akun Telegram Anda pun sudah bisa untuk digunakan kembali.

Apakah Telegram Bisa Dilihat Orang Lain?

Telegram sendiri merupakan aplikasi chatting dengan keamanan yang tergolong bagus. Telegram juga banyak digunakan sebagai alat komunikasi karena memang keamanannya yang sangat memuaskan. Pengguna Telegram akan memiliki privasi yang terjaga dengan baik, sehingga akan memberikan kenyamanan selama pemakaian aplikasi.

Hal tersebut kemudian membuktikan bahwa tidak ada cara untuk mengetahui siapa saja yang melihat profil Telegram dengan hasil yang akurat dan spesifik. Sehingga hanya akan didapatkan data statistik atau grafik mengenai kunjungan ke akun Telegram tersebut.

Apakah Chat Telegram Bisa Hilang Sendiri?

Meskipun tergolong jarang dialami oleh pengguna, namun ternyata Chat Telegram bisa hilang sendiri. Tidak hanya Chat saja, bahkan beberapa file bisa hilang sendiri tanpa sepengetahuan dari pengguna.

Untuk penyebabnya sendiri, biasanya terjadi error pada aplikasi Telegram yang menyebabkan Chat hilang sendiri.

Demikianlah penjelasan mengenai cara hapus akun Telegram dan beberapa hal yang sering ditanyakan oleh pengguna Telegram.

Dengan mengetahui hal-hal diatas, maka bisa dipastikan bahwa Anda tidak akan mengalami kendala saat menggunakan aplikasi Telegram, khususnya saat memutuskan untuk menghapus akun Telegram Anda.