Cara Jual Foto Di Shutterstock

Mendapatkan uang dari hobi adalah sebuah impian banyak orang. Di samping mendapatkan kepuasan emosional dari yang kamu kerjakan, kamu pun memperoleh dukungan finansial darinya.

Perumpamaan yang tepat untuk menggambarkannya: sambil menyelam minum air. Banyak situs stock di internet yang dapat kamu jadikan wadah untuk menjual potret-potret yang kamu hasilkan. Nah, di sini bakal dibahas cara jual foto di Shutterstock.

Untuk memulainya, kamu tentu tidak perlu membeli kamera kelas berat. Cukup dengan kamera di ponsel pintarmu orang akan tertarik untuk membeli karyamu jika mereka tertarik.

Cara Jual Foto di Shutterstock

Sebelum mempelajari cara jual foto di Shutterstock, supaya kamu tidak ragu-ragu lagi untuk mengeksekusinya, kamu mungkin perlu mengetahui bahwa situs web ini merupakan portal penyedia gambar-gambar grafis, ilustrasi, logo, video, template, editorial, musik, desain 3D, dan bahkan alat pengeditan. Kamu bisa berkontribusi di sana dengan mengunggah karya-karyamu.

Dibandingkan dengan situs penyedia stok lainnya, Shutterstock unggul dalam jangkauan pasar, serta membayar kontributornya lebih tinggi. Inilah yang menjadikannya sebagai magnet bagi banyak penghobi fotografi atau bahkan fotografer profesional untuk memperoleh pemasukan.

Tak dibutuhkan keahlian khusus untuk menjual fotomu di Shutterstock. Namun, terlebih dahulu kamu harus menyiapkan beberapa hal. Hal-hal yang harus kamu siapkan sebelum memulai cara jual foto di Shutterstock adalah email, foto yang memenuhi kriteria Shutterstock, dan akun Paypall atau Payoneer atau Moneyskrill untuk menerima pembayaran atas penjualan karya-karyamu yang telah laku.

Jika semua prasyarat tadi telah kamu penuhi, inilah saat yang tepat untuk mengumpulkan pundi-pundi dolar lewat hobi yang kamu tekuni. Jadi, cara jual foto di Shutterstock adalah sebagai berikut:

1. Registrasi Sebagai Kontributor

Sebagaimana tadi telah disinggung, dengan mengirim hasil jepretanmu ke Shutterstock, kamu akan disebut sebagai seorang kontributor. Untuk mendaftar sebagai kontributor, kamu perlu membuka alamat Submit.shutterstock.com.

Di sana kamu diminta mengisi nama lengkapmu, alamat email, kata sandi, dan pastikan kamu mencentang kotak reCAPTCHA untuk mengonfirmasi bahwa kamu bukanlah bot. Lalu klik lanjut.

2. Verifikasi Akunmu

Setelah klik lanjut, Shutterstock akan mengirimkan email verifikasi. Buka emailmu. Temukan email verifikasinya, dan berikan klik padanya supaya akun Shutterstock yang kamu buat terverifikasi.

3. Masukkan Alamat Lengkapmu

Ini adalah langkah terakhir sebelum kamu dapat memulai cara jual foto di Shutterstock. Isikan alamat rumahmu secara lengkap, termasuk nama jalan, kota, provinsi, kode pos, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Jika sudah kamu lengkapi formulir alamat lengkap tadi, kamu bakal dibawa ke halaman salam pembuka dari Shutterstock. Dari sini kamu bisa langsung mengunggah karya fotografimu atau pergi ke dashboard.

Cara Jual Foto Di Shutterstock

4. Syarat Jual Foto Di Shutterstock

Bila prosedur pendaftaran di atas sudah komplit, kamu akhirnya dapat mengunggah karya fotografi ke Shutterstock. Namun, tentu tidak semua foto dapat kamu unggah karena situs web yang kantornya bermarkas di New York tersebut mempunyai standar kualifikasi untuk menentukan apakah sebuah foto layak dijual.

Supaya karyamu lolos seleksi, kamu harus memastikan bahwa foto yang kamu unggah adalah murni hasil jepretanmu sendiri. Jangan pernah mengunggah hasil jepretan yang bukan milikmu!.

Apabila kamu meng-upload sebuah foto yang menggunakan manusia sebagai objeknya, kamu perlu membuat sebuah model release berupa pernyataan bahwa model yang tampil di dalam potret yang kamu unggah telah menyadari sepenuhnya bahwa dirinya kamu jadikan sebagai objek.

Terakhir yang perlu kamu pastikan adalah bahwa tidak ada unsur merek tertentu atau watermark di dalam fotomu. Selain menyalahi aturan, jika kedua hal itu ada di fotomu, kecil kemungkinan karyamu akan laku.

Cara Jual Foto Di Shutterstock Caramiaw

5. Tunggu Review Dari Shutterstock

Tahap selanjutnya dari cara jual foto di Shutterstock adalah menunggu respons dari situs tersebut. Nanti jika lolos seleksi, kamu dapat melihat karyamu terpajang di web Shutterstock.

Kalau tak lolos, karyamu bakal ditunda dan kamu akan mendapatkan saran yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki karyamu yang tak lolos tersebut.

Untuk mengubah bisa memakai ini : Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Kamu bakal otomatis mendapatkan bayaran jika karyamu lolos dan tayang di situs Shutterstock. Jadi, siapkan Paypalmu! Demikianlah cara jual foto di Shutterstock. Selamat menguangkan hobimu!