Cara Jualan Di Marketplace FB

Facebook atau FB telah menyediakan fitur marketplace yang bisa dimanfaatkan oleh para penjual untuk memasarkan dan menjual produknya. Fitur ini sangat cocok bagi para pelaku bisnis online karena seperti yang kita tahu Facebook memiliki jumlah pengguna terbesar di seluruh dunia dari berbagai kalangan.

Melihat potensi itu, sebagai pebisnis tentunya perlu untuk mengetahui cara jualan di marketplace FB agar produk cepat laku yang akan diulas pada artikel ini.

FB Marketplace itu Apa?

FB Marketplace adalah salah satu fitur dari Facebook yang bisa digunakan untuk jual beli atau mencari barang yang diinginkan. Facebook Marketplace bisa menjangkau semua transaksi jual beli di Indonesia hingga luar negeri.

FB Marketplace ini terintegrasi dengan Facebook, termasuk fitur messenger juga dapat digunakan penjual dan pembeli berkomunikasi untuk keperluan transaksi.

Tetapi berbeda dengan marketplace lainnya, Facebook Marketplace tidak menyediakan sistem pembayaran seperti Shopee atau Tokopedia. Metode pembayaran biasanya disepakati kedua pihak, seperti transfer rekening atau Cash On Delivery (COD).

Cara Jualan di Marketplace FB

Bagi anda yang baru mulai membuka toko online, Marketplace FB adalah yang paling cocok karena prosesnya yang mudah dan gratis. Berikut ini adalah tutorial cara jualan di Marketplace FB:

  1. Masuk ke akun Facebook anda
  2. Pastikan fitur marketplace sudah muncul di akun anda karena fitur ini belum tentu muncul di semua akun Facebook.
  3. Jika tidak muncul bisa pakai ini Cara Menampilkan Marketplace di FB
  4. Jika sudah ada fitur marketplace,
  5. klik ikon toko di sisi tengah Facebook.
  6. Atau melalui menu tiga garis tidur di pojok kanan atas
  7. Klik Jual > Barang,
  8. Lalu pilih Jenis Tawaran.
  9. Pilih kategori Barang Dijual jika produk yang bukan kendaraan, rumah, atau lowongan kerja.
  10. Klik tambahkan foto untuk mengunggah foto produk dan lengkapi isi produk.

Cara Jualan Di Marketplace FB

  • Jika klik Tawarkan di lebih banyak tempat, maka anda bisa menawarkan produk di grup atau komunitas.
  • Jika sudah klik centang di salah satu grup > Selesai
  • Pilih juga Opsi penawaran tambahan
  • Aktifkan Tawaran pengiriman atau preferensi pertemuan sesuai layanan anda
  • Terbitkan.
  • Jika ada calon pembeli yang tertarik, akan muncul notifikasi messenger di bagian bawah beranda Facebook.
  • Bila produk habis, klik “tandai segera habis”, pilih keterangan dimana produk habis dijual, klik selanjutnya maka barang akan otomatis terhapus.

Cara Jualan Di Marketplace FB Terbaru

Cara Berjualan di FB

Facebook memiliki potensi yang sangat besar sebagai platform berjualan. Selain melalui fitur marketplace, ada beberapa cara lain agar anda bisa melakukan pemasaran dan transaksi jual beli di FB, diantaranya:

1. Halaman Facebook

Halaman Facebook dianggap menjadi salah satu cara jualan yang lebih mudah dan praktis karena anda bisa menjual produk hanya dengan memposting foto ke halaman facebook yang sudah anda buat sebelumnya.

Cara posting foto produk juga sama seperti memposting foto pada umumnya. Tetapi jika hanya menjual produk melalui halaman Facebook jangkauan pasar anda lebih sempit.

2. Grup Facebook

Selain halaman Facebook, anda juga bisa berjualan melalui grup Facebook. Anda hanya perlu bergabung ke berbagai grup yang memiliki potensi untuk produk anda.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu masuk grup kemudian tekan tombol “Jual Sesuatu”. Ikuti tahapannya seperti upload foto produk dan isi deskripsi produk. Lalu tekan “Berikutnya: agar produk bisa dilihat semua anggota grup.

Baca juga :

Cara Jualan di Marketplace FB Biar Laris

Berjualan itu tidak hanya posting kemudian menunggu sampai ada pembeli. Berikut cara jualan di marketplace FB jika ingin produk anda laris terjual.

  1. Informasi Produk Lengkap
  2. Foto Produk Spesifik dan Menarik
  3. Responsif
  4. Tawarkan Berbagai Jenis Metode Pembayaran
  5. Promosi ke Grup Jual Beli
  6. Cantumkan Nomor yang Bisa Dihubungi untuk Transaksi
  7. Posting Minimal 10x dalam Sehari

Cara Banjir Orderan di Marketplace Facebook

Perlu diingat, rezeki itu dijemput. Walau marketplace Facebook punya potensi konsumen yang besar, berarti jualan anda bisa laris ya. Oleh karena itu, simak tips berikut beberapa cara jualan di marketplace FB agar banjir orderan dibawah ini.

1. Isi Deskripsi dengan Informasi Produk yang Lengkap

Deskripsi produk yang jelas dan lengkap adalah hal yang perlu anda perhatikan jika berjualan di marketplace FB. Deskripsikan produk dengan baik dan lengkap mulai dari warna, tipe, ukuran, fitur, dan lainnya yang mungkin penting dan perlu diketahui pembeli.

2. Foto Produk Asli dan Menarik

Cara jualan di Marketplace FB berikutnya adalah foto produk. Foto produk merupakan bagian yang paling krusial karena yang pertama dilihat pembeli. Oleh karena itu, gunakan foto produk yang memiliki pencahayaan bagus, jelas dan spesifik.

Hati-hati juga jika mengunggah foto produk, karena Facebook bisa mendeteksi jika gambar yang anda gunakan berasal dari toko lain. Jika begitu, produk Anda tidak akan disetujui untuk dijual di Marketplace.

3. Beri Nomor Telepon dan Whatsapp

Atensi jumlah pembeli yang tertarik dengan produk anda sedikit bisa juga disebabkan karena ketidakjelasan nomor yang bisa dihubungi, karena merasa curiga sebagai modus penipuan. Sebab itu, penting untuk mencantumkan kontak anda seperti nomor telepon atau Whatsapp.

4. Responsif dalam Membalas Inbox Chat

Anda perlu ingat bahwa interaksi penjual dan pembeli juga tidak kalah penting. Menanggapi pesan-pesan pelanggan dengan cepat merupakan salah satu cara agar jualan anda laris. Para konsumen pasti mencari toko yang bisa merespon pertanyaannya dengan cepat. Jangan sampai kehilangan calon pembeli karena sering mengabaikan pesan.

5. Tawarkan Sistem COD

Facebook marketplace tidak memfasilitasi sistem pembayaran terintegrasi seperti marketplace lain. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan metode transfer rekening. Tetapi, kebanyakan pembeli kurang percaya untuk mentransfer uang sebelum menerima barang apalagi jumlahnya besar. Solusinya, anda bisa menyediakan metode pembayaran COD untuk meningkatkan kepercayaan mereka.

6. Promosi dan Share ke Grup Jual Beli

Menjadi pebisnis toko online tidak boleh pasif, anda harus aktif mulai dengan bergabung di grup atau komunitas jual beli sesuai target jualan anda. Sering mempromosikan produk jualan ke grup jual beli bisa membantu mendapatkan lebih banyak calon pembeli. Namun, perlu diperhatikan juga aturan yang dimiliki grup, seperti batasan unggahan, agar anda tidak ditandai sebagai spam.

7. Gunakan Facebook Ads dan Pelajari Copywriting

Menggunakan Facebook Ads juga bisa menjadi solusi untuk berjualan di marketplace FB agar mendapatkan banyak pembeli. Tetapi cara ini agar membutuhkan biaya karena umumnya memasang tarif sesuai jumlah audiens yang ditargetkan. Agar Facebook Ads yang Anda pasang menghasilkan profit maksimal, pelajari juga untuk menerapkan teknik copywriting pada deskripsi produk anda.

8. Konsisten dan Semangat

Setelah Cara jualan online di Facebook agar laris dan banjir orderan di atas anda terapkan, tanamkan juga untuk selalu konsisten menjaga kualitas produk, konsisten promosi, dan selalu semangat berjualan. Apalagi jika sudah mendapatkan kepercayaan dari pembeli, jangan sampai berpikiran untuk mengubah kualitas produk anda.

Kenapa FB Tidak Ada Marketplace?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tidak semua akun Facebook sudah muncul fitur marketplace. Fitur marketplace hanya muncul berdasarkan penilaian Facebook terhadap suatu akun, seperti dari jumlah pertemanan, dan keaktifan dalam komunitas atau grup jual beli.

Apakah Jualan di Marketplace Facebook Berbayar?

Berjualan di Marketplace Facebook tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Namun jika anda ingin cara jualan di Marketplace FB bisa lebih optimal, bisa menggunakan fitur Facebook Ads yang berbayar untuk mendapatkan lebih banyak pembeli.

Berapa Kali Posting di Marketplace Facebook?

Jika ingin produk anda bisa direkomendasikan oleh Facebook, setidaknya anda harus memposting minimal 10 kali dalam sehari. Namun beri jeda sekitar 2-10 menit supaya tidak dianggap sebagai spam.

Demikian ulasan tentang cara jualan di Marketplace FB yang bisa anda jadikan referensi. Dapat diketahui, ternyata berjualan melalui Facebook Marketplace tidak sulit dan gratis, sangat cocok sebagai platform jualan online.