Cara Melihat id Telegram

Bagi Anda pengguna baru Telegram mungkin masih bingung bagaimana cara melihat id telegram. Tidak perlu bingung karena caranya cukup mudah. Telegram menjadi aplikasi yang kini cukup banyak digunakan setelah Whatsapp beberapa waktu mengeluarkan kebijakan yang membuat penggunanya berpindah haluan.

Aplikasi Telegram sebenarnya sudah ada sejak tahun 2013. Namun kala itu pamornya masih belum menyaingi keberadaan Whatsapp. Hingga pada akhirnya keberadaan Telegram perlahan mulai ramai peminat. Telegram menjadi aplikasi pesan instan yang terenkripsi end-to-end.

Anda dapat menginstal aplikasi yang berbasis cloud ini di smartphone android, iOS, tablet, maupun komputer. Fasilitas yang bisa Anda dapatkan selain berkirim pesan, foto, audio dan video adalah mengirim file berukuran besar ke sesama pengguna.

Cukup banyak orang yang sudah menggunakan Telegram merasa puas karena dengan menggunakan basis cloud pengiriman pesan jadi lebih cepat.

Setelah berhasil mengunduh dan membuat akun Telegram, tentu Anda ingin membagikan ID ke teman yang juga sama-sama menggunakan Telegram. Untuk pengguna baru yang yang ingin membagikan ID tapi tidak tahu caranya, bisa menemukan langkahnya di artikel ini.

Apa itu ID Telegram

ID Telegram merupakan username yang bersifat unik dan digunakan para pengguna saat mendaftar atau membuat akun baru. Mengapa dikatakan unik? Karena ID tersebut tidak sama antara satu pengguna dengan pengguna lainnya. Anda dapat mengganti username sesuai dengan keinginan asalkan username yang akan Anda buat tersebut belum dipakai oleh akun lain.

Setelah membuat ID, Anda pun dapat membagikannya dengan teman atau kerabat lain yang ingin menambahkan akun ke dalam kontaknya. Jadi Anda tidak perlu memberikan nomer telepon kepada mereka. Karena lewat ID saja mereka sudah bisa langsung menambahkan kontak.

Bagaimana Cara Melihat ID Pada Telegram

Saat ingin membagikan ID agar bisa ditambahkan ke kontak orang lain, Anda bisa lihat pada menu Pengaturan. Anda bisa tap tanda baris tiga yang berada pada pojok kiri atas untuk menemukan Pengaturan. Setelah itu lihat bagian username.

Cara melihat id telegram pada bagian kolom tersebut tertera ID Telegram. Selanjutnya tap username dan copy agar dapat tersalin. Kirimkan ID kepada orang yang ingin Anda kirim melalui chat. Baiknya, Anda menambahkan tanda @ di depan username.

Cara Melihat id Telegram

Kesimpulan :

  1. Klik menu simbol 3 garis tidur pada pojok kiri atas.
  2. Settings
  3. Lihat pada bawah account dan di bawah nomer telepon
  4. Ada keterangan username
  5. Itu dia id telegram anda.

Memberikan ID bisa Anda gunakan pada orang baru yang mungkin belum Anda kenal dekat. Sehingga dapat menghindari memberikan nomer.

Namun bagi yang kolom usernamenya masih kosong maka Anda dapat membuatnya terlebih dahulu. Ketikkan username sesuai keinginan. Saat mengetik username, sistem otomatis akan melihat apakah ada orang lain yang sudah menggunakan username tersebut.

Jika username sudah dipakai nantinya akan keluar peringatan. Jadi Anda bisa mencoba membuat username hingga muncul keterangan masih tersedia. Setelah berhasil menemukan nama yang tepat, tap tombol centang yang ada di pojok kanan atas. Dan ID telah berhasil dibuat.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Setelah Membuat Akun Telegram

Setelah berhasil membuat akun Telegram, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar sepeti misalnya menambahkan foto profil. Saat Anda memasang foto profil lebih dari satu kali maka foto profil sebelumnya tidak akan terhapus.

Foto tersebut masih tersimpan dan nantinya tampilan akan terlihat seperti slide foto dengan adanya tombol kiri atau kanan untuk melihatnya. Namun jika Anda tidak ingin foto lama ada pada barisan slide Anda tetap bisa menghapusnya.

Selain foto profil, Anda juga dapat membuat sebuah channel. Channel pada telegram tersebut seperti radio atau televisi. Dimana komunikasi hanya dapat dilakukan satu arah. Lewat channel Anda dapat menyampaikan pesan seperti suara, video atau file.

Selain channel, Anda juga dapat menikmati fitur bot. Ada beragam fungsi dari bot Telegram misalnya membahas sebuah hobi. Anda dapat membuat sendiri bot sesuai dengan keinginan. Jika Anda kurang mengerti cara membuat bot, Anda bisa menemukannya di Telegram.

Ada grup-grup yang membahas mengenai cara membuat bot namun tidak sedikit dari grup-grup tersebut yang membuat bot menggunakan bahasa PHP.

Jadi, Anda dapat mengeksplor sendiri penggunaan Telegram mulai dari cara melihat id telegram dan menggunakan fitur unik lainnya.