Cara Mematikan Adblock

Kadang-kadang, ada beberapa dari kita yang perlu mencari cara mematikan adblock karena pada website tertentu melakukan pelarangan adanya ekstensi pemblokir iklan ini. Iklan memang sering kali tampil mengganggu.

Apalagi jika iklan tersebut cukup agresif penayangannya. Namun demikian, tidak dipungkiri juga bahwa iklan adalah satu-satunya cara dari pengelola website untuk mendapatkan keuntungan.

Dengan menggunakan adblock, tampilan website biasanya akan lebih bersih dan bebas dari gangguan iklan yang cukup mendistraksi. Namun pada beberapa kasus, ada website yang sudah memiliki fitur pendeteksi ablock dan meminta Anda untuk mematikannya agar bisa tetap melihat isi website tersebut. Lantas, bagaimana cara menonaktifkannya? Sebelum itu, mari kita ketahui dulu manfaat dari menginstall adblock.

Keuntungan Dengan Ekstensi Adblock

Terdapat beberapa user yang memang dengan sengaja menginstal ekstensi adblock supaya mereka bebas melihat website tanpa terganggu dengan adanya iklan. Ekstensi adblock ini tidak hanya berlaku di browser saja.

Beberapa ponsel bahkan sudah menyematkan fitur ini ke dalam sistem sehingga minim adanya penayangan iklan. Berikut adalah beberapa keuntungan dengan adanya adblock:

1. Iklan Agresif Bisa Diblokir

Manfaat paling jelas dari adblock yang pertama adalah fitur yang bisa memblokir iklan dengan sistem yang agresif. Sering kali ketika kita sedang melihat website akan disuguhkan dengan popup iklan yang mengalihkan halaman website tersebut.

Ini tentu saja akan membuat Anda gusar karena harus kerepotan menghapus dan kembali pada website utama. Dengan adanya adblock, gangguan semacam ini bisa diminimalisir.

2. Tampilan Website Lebih Bersih

Keuntungan selanjutnya yaitu menjadikan website menjadi lebih bersih. Anda tidak akan terdistraksi dengan berbagai macam iklan yang bersliweran. Meski demikian, ada beberapa hal yang membuat Anda harus menerapkan cara mematikan adblock di browser karena iklan tersebut menjadi syarat untuk mengakses halaman website.

3. Bebas Streaming Tanpa Jeda Iklan

Platform video streaming sekarang ini juga memanfaatkan penyisipan iklan di tengah pemutaran video untuk mendapatkan keuntungan dari penayangan video tersebut. Dengan menggunakan adblock, biasanya penyisipan iklan ini akan dihalau sehingga Anda bisa semakin dengan nyaman menikmati streaming dengan bebas iklan.

4. Halaman Website Cepat Dimuat

Terakhir, dengan adanya pemblokir iklan, maka halaman website akan lebih cepat untuk dimuat. Hal ini karena tidak jarang website sering menayangkan iklan dengan kualitas HD. Video iklan juga sering disisipkan untuk menambah pundi-pundi. Halaman website bisa dimuat lebih cepat dengan menggunakan fitur pemblokir iklan.

Langkah Praktis Mematikan Adblock

Jika memang sebuah website atau platform streaming mengharuskan Anda untuk memblokir adblock, maka mau tidak mau Anda mesti menonaktifkan ekstensi tersebut. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mematikan ekstensi pemblokir iklan:

1. Di HP

Pada tips kali ini caramiaw memakai hp android oppo a5s melalui browser bawaan peramban begini cara menonaktifkan adblok :

  1. Buka browser bawaan misal peramban
  2. Ketuk pada menu icon tiga garis mendatar
  3. Setelan
  4. Pemblokiran Iklan
  5. Ketuk pada titik biru menjadi abu (Nonaktif)
  6. Secara otomatis ini mematikan adblock
  7. Selesai

cara mematikan adblock android

2. Google Chrome

Apabila sudah terbiasa dengan google chrome berikut langkahnya :

  1. Buka browser aplikasi google
  2. Ketuk atau klik menu pada titik tiga pojok kanan atas
  3. Setelan
  4. Setelan Situs
  5. Iklan
  6. Ketuk titik abu abu menjadi biru
  7. Secara otomatis sudah mematikan adblock
  8. Jangan lupa pada Pop up dan Pengalihan
  9. Bisa juga kalian matikan dengan cara yang sama
  10. Selesai

Cara Mematikan Adblock di chrome

3. Periksa Apakah Ablock Anda berupa Ekstensi atau Sengaja Ditanam

Umumnya, pada browser sekarang ini mendukung adanya ekstensi fitur yang bisa diinstall ke dalam peramban. Anda mesti memeriksa apakah adblock yang ada di dalam browser tersebut memang sebuah ekstensi atau memang sudah ditanamkan ke dalam sistem di browser.

Jika berupa ekstensi, maka Anda bisa masuk ke pengaturan dan cari di ekstensi adanya adblock. Namun jika tidak ada di situ, kemungkinan adblock tersebut memang sengaja ditanam di sistem.

4. Mulai Lakukan Pengaturan Ekstensi

Lakukan pengaturan ekstensi dengan cara melakukan klik kanan pada ekstensi adblock tersebut dan klik “nonaktifkan”. Cara mematikan adblock chrome tergolong praktis dan mudah. Anda juga bisa masuk ke pengaturan di browser Anda untuk memeriksa bagian mana pemblokir iklan yang bisa dinonaktifkan.

Biasanya, pemblokir iklan yang dibenamkan di sistem tidak akan terdeteksi oleh website karena masih mengizinkan penayangan iklan yang sifatnya tidak agresif.

5. Hapus Ekstensi Secara Permanen

Jika menonaktifkan ekstensi adblocker saja tidak cukup, maka pertimbangkan menghapusnya secara permanen. Beberapa website tetap mendeteksi adanya aktivitas adblocker. Hal ini menyebabkan bahwa ekstensi diminta untuk dihapus daripada hanya sekedar dinonaktifkan.

Lakukan pencopotan ekstensi dari browser dengan cara melakukan klik pada tombol “uninstall” di menu pengaturan ekstensi.

Demikian beberapa cara yang bisa dipakai untuk menonaktifkan adblocker. Anda juga bisa melakukan beberapa trik cara mematikan adblock tersebut agar tetap nyaman dalam mengeksplorasi internet.