Cara Membaca Portofolio Saham Ipot

Akhir-akhir ini investasi saham mulai digemari banyak orang dari berbagai kalangan, baik orang dewasa maupun anak muda. Sehingga tidak sedikit orang mencari tahu mengenai cara membaca portofolio saham ipot.

Apakah kalian harus melewati proses pembacaan portofolio saham sebelum melakukan jual-beli saham? Tentu, karena hal tersebut nantinya akan membantu kalian memperoleh keuntungan.

Pengertian Portofolio Saham

Portofolio saham adalah gabungan atau koleksi dari beberapa jenis saham yang telah dipegang oleh pemegang saham, bisa perorangan maupun kelompok dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan keuangan. Portofolio ini yang akan membantu dalam penentuan return atau imbal balik yang diinginkan sebelum dilakukannya diversifikasi.

Adapun jenis-jenis portofolio pada investasi saham, diantaranya income portofolio, berfungsi untuk mengamankan pendapatan yang telah didapat investor dengan periode waktu yang telah ditentukan. Untuk growth portofolio biasanya berfokus pada pertumbuhan asset investasi yang mempunyai risiko cukup tinggi. Portofolio jenis ini sering digunakan investor yang berinvestasi menggunakan konsep high return.

Portofolio saham ipot, value portofolio cocok untuk investor yang menerapkan strategi membeli saham dengan harga relatif lebih rendah dari semestinya atau disebut undervalued stock. Biasanya investor yang menggunakan portofolio jenis ini akan menahan saham dalam kurun waktu cukup lama.

Dengan harapan saham yang ditahan tersebut dapat memberikan value yang tinggi atau dengan kata lain pembelian saham dilakukan untuk investasi jangka panjang.

Bagaimana Cara Membaca Portofolio Saham Ipot

Perlu kalian ketahui bahwa portofolio saham termasuk hal penting yang harus dimiliki oleh setiap investor supaya bisa mengatur strategi dengan baik terhadap asset saham yang dimiliki, sehingga lambat laun dapat memperoleh keuntungan secara maksimal dan meminimalisir kerugian.

Lalu, bagaimana cara membaca portofolio saham ipot? Pada dasarnya setiap aplikasi trading atau berlaku untuk sekuritas apapun akan menawarkan fitur untuk menampilkan portofolio saham. Nah, melalui fitur tersebut kalian bisa dengan mudah melakukan pengecekan terkait portofolio secara langsung.

Cara Cek Portofolio Saham di Aplikasi Ipot

Bagi kalian yang belum tahu cara untuk mengecek portofolio saham ipot, di bawah ini ulasannya yang bisa kalian praktikkan secara langsung!

1. Masuk Ke Akun Masing-Masing

Kalian bisa langsung membuka aplikasi IPOT atau dikenal juga dengan nama IPOTGO. Usahakan ketika kalian masuk perhatikan kata sandi sebelum mengklik tombol masuk.

2. Pilih Menu Khusus Untuk Portofolio

Kalian bisa memilih menu yang terdapat di berkalian aplikasi, langsung pilih menu khusus portofolio.

3. Perhatikan Bagian Kolom Code

Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah memeriksa bagian untuk kode. Kode disini yang dimaksud yakni kode untuk mewakili beberapa jenis saham yang ditawarkan pada platform yang akan kalian beli. Selain itu, biasanya juga akan ditampilkan profil dari suatu perusahaan.

4. Qty atau Quantity

Cara membaca portofolio saham ipot selanjutnya, qty atau quantity adalah jumlah atau total lot yang terpasang sesuai dengan yang diinginkan investor. Atau bisa juga dikatakan sebagai berapa banyak saham yang ingin dibeli atau dijual oleh investor.

Cara Membaca Portofolio Saham Ipot

5. Menyimak Atau Meneliti Market Value

Selanjutnya, setiap investor yang ingin melakukan pembacaan saham perlu menyimak tampilan khusus market value yang sudah disediakan. Mengapa? Karena bisa dikatakan bahwa suatu hari nanti market value dapat memberikan dampak yang cukup besar terutama saat proses jual beli dilakukan.

6. Mencatat Informasi Terkait Potential Gain

Setelah kalian selesai membaca nilai pasar atau setelah nilai pasar yang baru sudah dipahami, maka mulailah melakukan pengecekan mengenai kenaikan harga. Informasi perihal kenaikan harga ini nantinya juga bisa membantu kalian saat proses pembelian.

7. Last Price

Adalah harga transaksi saham terakhir atau harga saham yang dimiliki berdasarkan kondisi pasar saat ini.

8. Avg Price

Merupakan pembulatan nilai average yang dimiliki oleh pengguna hingga saat ini.

Strategi Portofolio Saham agar Profit Maksimal

Mengapa strategi ini diperlukan? Yakni untuk membantu kalian mendapatkan profit. Strategi ini dilakukan berdasarkan informasi yang diperoleh dari portofolio saham ipot, kemudian dianalisis pergerakan harganya.

Target dari strategi ini adalah untuk memberikan imbal hasil di atas rata-rata return pasar. Berikut ini strategi yang bisa kalian terapkan, yaitu:

1. Seleksi Saham

Tugas seorang investor disini adalah melakukan analisis dan memutuskan mana saja saham yang dapat memberikan risk ataupun return terbaik. Biasanya, jenis analisa yang digunakan ialah analisa fundamental.

2. Momentum Harga

Umumnya, harga saham akan menggambarkan kinerja dari emiten. Apabila pasar saham mengalami bullish, maka emiten bisa memberikan performa yang baik ketika perilisan laporan keuangan dilakukan.

Saat inilah momentum yang tepat bagi para investor untuk meraih profit melalui strategi saham aktif yang digunakan.

3. Strategi Limit Atau Buying Limit And Hold

Merupakan analisa dari berbagai emiten secara rinci berdasar kinerja dari fundamental maupun dari data laporan keuangan. Kemudian, investor akan menentukan mana saham yang dianggap memiliki peluang untuk memberikan profit.

Baru setelah itu, pemegang saham akan menyimpan saham tersebut atau dengan kata lain tidak menjualnya sampai jangka waktu tertentu.

Cara membaca portofolio saham ipot, strategi limit atau buying limit and hold hanya melakukan pembelian lalu menyimpannya, dengan demikian pemegang saham tidak harus terlalu sering mengecek naik dan turunnya harga saham.

Cara Beli Saham di Ipot

Sehingga bisa dikatakan bahwa strategi ini cocok untuk kalian yang mampu melakukan hold hingga waktu yang lama.

4. Pasang Stoploss

Mengapa hal ini penting? Karena setelah kalian menentukan level stop maka secara tidak langsung kalian bisa menentukan position size atau ukuran lot pada trade yang akan kalian lakukan. Apabila kalian tidak tahu bagaimana cara menentukan level stop maka hasil akhir yang kalian dapatkan nantinya tidak akan sesuai dengan keinginan kalian.

Jadi, penting bagi kalian untuk memilih penempatan level stop loss yang proporsional dan juga logis. Dengan begitu, kalian bisa menjalankan manajemen keuangan sebagai mana seharusnya.

Cara Pasang Stop Loss di Ipot

5. Money Management Ketat

Pada dasarnya money management atau manajemen uang mengacu pada proses penentuan anggaran, alokasi tabungan, evaluasi pengeluaran sampai mengawasi penggunaan pada modal investasi saham individu atau kelompok. Manajemen uang ini dilakukan sebelum dan sesudah trading atau investasi.

Penting bagi kalian untuk melakukan money management dengan baik agar tidak kehabisan modal saat berinvestasi saham. Mengapa? Karena manajemen uang inilah yang akan membantu investor untuk mengambil keputusan kapan portofolionya harus dipertahankan, membeli saham yang berpotensi mengalami kenaikan dalam waktu dekat, melakukan average down dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan terkait cara membaca portofolio saham ipot yang perlu kalian ketahui sejak awal. Nah, tepat setelah kalian memahami penjelasan di atas diharapkan dapat menjadi acuan untuk mengetahui informasi apa saja yang ada di portofolio, memudahkan kalian dalam memilih saham yang bagus dan membantu kalian ketika proses jual beli sedang berlangsung.