Cara Membuat Diagram Di Word

Cara membuat diagram di Word adalah salah satu informasi yang banyak dicari mengingat dalam beberapa hal seperti pekerjaan dan tugas, seringkali melibatkan Microsoft Word ini.

Pengertian Diagram Pada Microsoft Word

Mendengar kata Microsoft Word pastinya generasi milenial sudah tak asing ini. Microsoft Word atau yang sering disebut dengan MS Word merupakan software yang biasanya digunakan untuk membuat data atau dokumen. Namun biasanya MS Word ini digunakan untuk keperluan tulis menulis, baik itu untuk tugas ataupun pekerjaan kantor.

Didalam MS Word ini terdapat banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan untuk beragam keperluan. Diantara sekian banyaknya fitur MS Word yang ada, diagram atau grafik yang cukup sering digunakan.
Pada dasarnya grafik diperlukan untuk mencatat suatu data agar nantinya bertujuan agar lebih mudah dalam membaca atau mengamati data.

Data tersebut biasanya berupa huruf maupun angka yang ditulis kedalam bentuk tabel sehingga ketika akan dilakukan sebuah pengamatan maka akan terlihat lebih mudah.

Cara membuat diagram di Word sendiri sebenarnya sangatlah mudah. Karena hanya perlu mengklik tab atau menu yang ada pada monitor. Namun jika dirasa masih kesulitan, anda bisa membaca referensinya melalui internet. Karena pasti sudah banyak sekali informasi tentang bagaimana cara membuat diagram di Word yang bisa dipelajari dan diikuti secara gratis.

Fungsi Diagram Pada Microsoft Word

Setelah menyimak definisi grafik diatas, sebenarnya bisa disimpulkan bahwa fungsi dan manfaat grafik ini memang sangatlah banyak dan terbilang penting. Dan sebelum mengetahui bagaimana cara membuat diagram di Word maka ada baiknya anda mengetahui apa sajakah fungsi dari grafik pada microsoft word itu sendiri.

Menyampaikan Data

Penyampaian informasi mengenai sebuah data memang bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Namun sangat disarankan untuk menampilkannya ke dalam sebuah grafik.

Alasannya cukup sederhana yaitu dimana penyampaian data atau informasi melalui grafik ini akan lebih mudah dipahami.

Merangkum Data Dengan Tampilan Sederhana

Sebenarnya tidak masalah jika menyampaikan sebuah data atau informasi secara deskriptif. Namun tentunya akan lebih sulit dipahami karena terlalu panjang.

Berbeda jika data dirangkum ke dalam bentuk tabel atau grafik, maka informasi lebih tertata rapi sehingga tidak akan mengalami banyak kesulitan untuk membaca data yang disampaikan.

Penyajian Informasi yang Padat Namun Jelas

Alasan selanjutnya mengapa harus menggunakan diagram atau grafik adalah dimana informasi yang dikemas dalam bentuk grafik akan terlihat lebih sederhana.

Menggunakan poin atau angka, menuliskan setiap kalimat dengan singkat namun secara keseluruhan tetap bisa melihat kesimpulan informasi yang disampaikan.

Berdasarkan penjelasan diatas, rasanya sangatlah wajar jika diagram memang menawarkan banyak manfaat dan kemudahan khususnya dalam hal menyampaikan data informasi.

Cara Membuat Diagram Pada Microsoft Word

Sebenarnya cara membuat diagram di Word tidaklah sulit. Karena anda cukup mengklik beberapa tab menu yang disediakan saja. Namun bagi anda yang masih kebingungan tentang bagaimanakah cara membuat diagram di Word ini, maka simaklah beberapa langkah berikut.

Cara Membuat Diagram Pada Microsoft Word

  1. Pertama – tama yang perlu anda lakukan adalah membuka aplikasi MS Word pada PC.
  2. Klik INSERT
  3. Klik ILLUSTRATION
  4. Klik CHART

Pada tahap ini anda akan melihat berbagai jenis pilihan chart seperti Bar, Column, Area, Line dan lain sebagainya. Pilihlah jenis chart yang diinginkan. Jenis – jenis chart ini juga memiliki perbedaan baik dari segi tampilan maupun fitur.

Cara Membuat Diagram DI Word

Sebelum memilih jenis chart mana yang akan digunakan, terdapat tombol preview melihat contoh tampilannya ketika digunakan.

  • Setelah anda klik jenis chartnya, secara otomatis chart yang anda pilih tersebut akan muncul. Bentuknya menyerupai sheet pada MS Excel.
  • Masukkan data – data yang diinginkan pada kolom.
  • Jika sudah selesai, maka anda bisa mengklik tombol silang untuk menutup tabnya.

Berdasarkan penjelasan diatas, sebenarnya bisa dikatakan bahwa untuk membuat diagram atau grafik pada MS Word memang terbilang cukup sederhana.

Baca Juga :

Yang diperlukan hanyalah mengklik tombol – tombol yang sudah ada dan disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing. Semoga penjelasan diatas membantu. Selamat mencoba.