Cara Membuat IGTV di Instagram

Tidak hanya berguna sebagai media untuk mengupload foto dan video saja, media sosial Instagram (IG) kini memiliki banyak fitur yang menarik untuk dicoba. Salah satu fitur yang saat ini banyak digunakan oleh para pebisnis untuk menawarkan produk – produknya adalah fitur IG TV.

Bahkan, kini banyak sekali para selebgram membagikan berbagai tutorial make up, cover lagu dan lain – lain di laman IG TV. Lantas, tahukah Anda bagaimana cara membuat IG TV dengan mudah dan anti ribet? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak beberapa informasi penting di bawah ini.

Apa Yang Dimaksud IG TV?

Sebelum membahas mengenai cara membuat IG TV, ada baiknya Anda mengetahui mengenai makna dari IG TV itu sendiri. IG TV merupakan platform terbaru yang dirilis oleh pihak Instagram yang didesain khusus bagi para pengguna yang siap berkarya dalam membuat video vertikal dengan durasi waktu yang lama.

Dalam membuat konten IG TV, para pengguna cukup menekan ikon seperti TV di sebelah Direct Message (DM) hingga muncul tampilan IG TV. Tahukah Anda, bahwa IG TV ini rupanya mengadaptasi konsep yang digunakan oleh YouTube dengan menuntut para penggunanya untuk membuat channel dengan akun Instagram sebelum mengunggah isi konten yang diinginkan.

Bagaimana Cara Membuat IG TV?

Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat IG TV di Instagram, caranya terbilang cukup mudah dan anti ribet. Sebab, Anda hanya perlu menyimak beberapa langkah sebagai berikut :

Cara Membuat IGTV di Instagram Versi Terbaru

 

  1. Buka aplikasi Instagram di hp.
  2. Masuk akun ig
  3. Di beranda instagram pilih menu plus [+] pada pojok kanan atas
  4. Postingan
  5. Pilih Video
  6. Perbesar skala video agar bisa full horizontal (∠ ^) fitur ini dibawah kiri video kalian setelah dipilih
  7. Video Panjang
  8. Lanjutkan

cara membuat igtv di ig

  1. Pilih thumbnail yang bagus atau tambahkan dari galeri
  2. Pilih selanjutnya →
  3. Setelah itu, Anda berikan judul IG TV Instagram.
  4. Kemudian, ketikkan judul dan deskripsi IG TV yang sesuai dengan isi konten yang akan Anda unggah di Instagram.
  5. Setelah selesai, Anda bisa langsung memposting IG TV tersebut ke beranda Instagram, profil dan juga halaman Facebook.
  6. Tunggu proses upload selesai

Baca juga : Cara Mengedit Foto Di Ig

Itulah beberapa cara membuat IG TV yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat.

Perbedaan IG TV Vs Instastory

Banyak orang yang sering menyamakan fitur Instagram Stories (Instastory) dengan IG TV, padahal keduanya memiliki perbedaan. Meskipun sama – sama diciptakan oleh pihak Instagram, namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan baik berupa tampilan maupun fungsi.

Nah, berikut ini ada beberapa perbedaan yang bisa Anda simak baik – baik sebelum mengetahui cara membuat IG TV.

1. Lama durasi waktu pada video

Jika instastory hanya menyediakan durasi video hanya 1 menit saja, maka IG TV kini hadir dengan durasi lebih panjang yakni selama 60 menit atau 1 jam.

2. Durasi video bisa dilompati dengan IG TV

Dikarenakan menyediakan durasi waktu yang panjang, maka IG TV dapat dengan mudah melompati durasi konten video. Seperti misalnya ketika Anda ingin melompati durasi video di menit – menit terakhir karena ingin mengetahui akhir dari konten yang ditayangkan.

3. Perbedaan masa tayang

Umumnya, Instastory hanya memiliki masa tayang selama 24 jam lamanya, maka untuk IG TV berbanding terbalik. Sebab, IG TV tidak memiliki masa waktu tayang alias tanpa batas.

4. Cara pengeditan video

Dalam pengeditan video ini, Instastory terbilang lebih unggul dibandingkan dengan IG TV. Hal ini karena pada Instastory pengeditan video dapat dilakukan sebelum konten dipublikasikan. Berbeda dengan IG TV yang harus menggunakan aplikasi pihak ketiga jika ingin mengedit video yang diinginkan.

5. Penggunaan berbagai fitur pendukung

Keunggulan yang ada pada Instastory dibandingkan dengan IG TV terletak pada fitur pendukung di dalamnya. Jika Instastory memiliki 8 fitur pendukung untuk membuat konten lebih unik dan menarik, maka untuk IG TV tidak memiliki fitur pendukung sama sekali.

6. Adanya judul dan deskripsi

Biasanya, pengguna yang ingin mengunggah konten video di IG TV diwajibkan untuk mengisi judul dan deskripsi. Namun untuk Instastory, penggunaka tidak harus mengisi judul dan deskripsi terlebih dahulu.

7. Perbedaan komentar video

Pada IG TV biasanya akan disediakan satu kolom untuk penonton yang ingin memberikan komentarnya. Sementara di Instastory, komentar dari seseorang akan langsung masuk ke Direct Message (DM) unggahan konten orang yang dikomentari.