Cara Membuat Katalog Di Instagram

Terlepas dari apapun perubahan zaman yang terjadi, kegiatan ekonomi akan terus berjalan bagaimanapun caranya. Kegiatan jual beli yang dulunya hanya mampu dilakukan apabila penjual dan pembeli bertemu empat mata, kini dapat dilakukan meski jarak memisahkan.

Instagram meskipun fungsi utamanya adalah sebagai media sosial, kini juga dapat dipergunakan oleh berbagai pihak untuk alasan ekonomi lantaran salah satu fiturnya yaitu Instagram Shopping.

Apa Itu Instagram Shopping?

Sebelum memahami apa maknanya, penulis akan memberitahukan kepada teman-teman bahwa artikel ini nantinya akan membahas hal-hal mengenai Instagram Shopping seperti cara membuat katalog di Instagram, cara membuat Instagram Shopping, dan seterusnya.

Kembali ke topik utama sub judul, Instagram Shopping adalah seperangkat fitur yang memungkinkan para customer untuk membeli barang yang ditawarkan melalui foto atau video promosi yang terpampang di Instagram.

Fitur ini telah dirilis oleh Instagram pada tanggal 19 Mei 2020. Intinya, fitur ini sangat membantu untuk meningkatkan income melalui promosi yang baik.

Sejatinya, fitur ini akan memampukan konsumen untuk langsung bertransaksi di Instagram dan melakukan pembayaran melalui Facebook Payments. Sayangnya, di Indonesia, hal tersebut masih belum dapat dilakukan, penjual biasanya akan mengarahkan konsumennya ke website bisnisnya.

Apakah Instagram Shopping Berbayar?

Seusai mengetahui bahwa fitur ini sepintas akan meningkatkan kemampuan branding barang, biasanya akan muncul pertanyaan, apakah fitur ini berbayar? Ataukah gratis? Untuk dapat menggunakan Instagram Shopping, perlu memiliki terlebih dahulu akun Instagram bisnis.

Instagram bisnis tidak memerlukan biaya sepeserpun alias gratis! Satu-satunya biaya yang akan dibebankan adalah apabila penjual berniat mengiklankan barangnya melalui iklan, dan hal tersebut pun bersifat pilihan.

Apa Itu Katalog?

Jika mengacu kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, katalog diartikan sebagai daftar barang yang dilengkapi dengan nama, harga, mutu, dan cara pemesanannya.

Katalog adalah salah satu fitur yang ditawarkan dalam Instagram Shopping, fitur ini nantinya akan memudahkan penjual untuk mengelompokkan barang-barangnya sesuai dengan jenis berikut informasi-informasi lain yang sekiranya dibutuhkan calon pembeli.

Apa Ciri-Ciri Katalog?

Katalog barang di Instagram Shopping biasanya berisikan nama barang, harga, stock yang tersedia, kualitas, cara pemesanan, nomor varian, dan segala macam hal yang dapat memperjelas barang yang diperdagangkan secara efisien. Ingin tahu bagaimana cara membuat katalog di Instagram? Simak lebih lanjut ya teman-teman!

Cara Membuat Katalog di Instagram

Pembuatan katalog ini sejatinya dibuat di Facebook, namun digunakan pada berbagai tempat seperti Instagram. Berikut prosedurnya:

  1. Masuk akun facebook
  2. Pada sidebar kiri, klik Pengelola Iklan
  3. Pastikan sudah masuk ke tampilan layar Facebook Ads
  4. Klik Menu Semua Fitur,  icon 3 garis
  5. Commerce Manager
  6. Klik menu pada bagian kiri atas dan tekan “Catalogue Manager
  7. Tekan “Create Catalogue” dan pilih “E-Commerce”.

Cara Membuat Katalog Di Instagram

Sejatinya terdapat pilihan lain seperti travel, property, maupun auto, namun karena fokus pembuatan katalog ini adalah untuk Instagram Shopping, maka e-commerce– lah yang paling tepat

  1. Pilih “Upload Product Info
  2. Jangan lupa untuk mengisi nama dan pemilik katalog lalu tekan “Create
  3. Katalog sudah siap meskipun masih kosong. Bagaimana cara mengisinya? Simak lebih lanjut!

Cara Membuat Katalog Di Instagram Caramiaw

Membuat Product Feed

Memasukkan barang-barang ke dalam katalog sering disebut dengan membuat product feed. Terdapat tiga cara yaitu manual, data feeds, dan pixel. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk  ke Facebook Ads dan bergegas menuju “Catalogue Manager
  • Tekan “Product Data Source” lalu “Add Products
  • Jika menggunakan cara manual, maka membutuhkan waktu lama karena harus memasukkan barang satu persatu.
  • Menggunakan data feeds jauh lebih mudah.
  • Caranya adalah mengupload file berformat .csv, .xml, atau Google Sheets. Sejatinya file-file tadi berisikan tabel produk yang akan dimasukkan katalog. Mengenai cara ketiga yakni Pixel, sampai saat ini masih belum dapat digunakan
  • Seusai memilih salah satu dari ketiga metode di atas, klik “Next” dan ikuti prosesnya hingga beres
  • Katalog teman-teman sudah siap mengudara

Apabila menggunakan cara kedua yakni data feeds, tabel yang perlu dipersiapkan haruslah mencakup id produk, ketersediaan barang, kondisi, deskripsi, gambar produk berupa link, URL website produk, nama, harga, dan brand produk. Demikian cara membuat katalog di Instagram via Facebook.

Cara Membuat Instagram Shopping

Terdapat beberapa langkah yang harus diikuti untuk membuat Instagram Shopping, sebagai berikut:

  • Memastikan Kelayakan Bisnis yang Akan Digeluti

Sekali lagi perlu ditekankan, bahwa produk yang ditawarkan haruslah berupa barang bukan jasa. Hal ini akan berkaitan dengan tag atau label yang dipasang. Selain itu, bisnis juga harus mematuhi aturan Perjanjian Pelapak dan Kebijakan Perdagangan yang telah ditentukan oleh Facebook.

  • Merubah Akun Instagram Menjadi Instagram Bisnis

Cara merubahnya terbilang mudah. Langkah pertama adalah pergi ke menu pengaturan. Kemudian scroll down sampai menemukan menu “Account” dan tekan. Scroll sampai menemukan pilihan “Add New Professional Account” atau “Switch to Professional Account” kemudian tekan hal tersebut. Setelah itu pilih kategori “Business” dan klik “Next”. Selamat akun teman-teman sudah berubah.

Lebih simpel dibawah ini lho :v

  1. Langkah pertama membuka profil Instagram penjual.
  2. Klik Foto profil
  3. Pilih menu icon tiga garis tertidur
  4. Kemudian geser hingga menemukan bagian setting atau pengaturan.
  5. Preferensi > Beralih ke akun profesional
  6. Tekan pilihan “Business”.
  7. Pilih kategori
  8. Masukkan kontak bisnis seperti email dan nomer hp
  9. Hubungkan ke akun facebook tadi
  10. Pilih “Sign Up for Shopping”.
  11. Dan terakhir setujui aturan dengan menekan “Accept Term”.

Cara Membuat Instagram Shopping

 

  • Koneksikan dengan Facebook Pages

Caranya sangatlah mudah, cukup membuka setting, kemudian pilih “Account Center” dan sambungkan.

  • Unggah Katalog Produk
  • Recheck Domain
  • Membuat Facebook Shop di Commerce Manager

 Demikian prosesnya, kemudian nantinya akan dilanjut dengan mengaktifkan Instagram Shopping yang akan dijelaskan kemudian.

Syarat Mengaktifkan Instagram Shopping

Terdapat beberapa syarat yang harus diselesaikan terlebih dahulu bagi seorang penjual sebelum dapat menggunakan fitur Instagram Shopping.

Syarat yang dipersyaratkan hanyalah memiliki akun Instagram bisnis, yang diperjualkan adalah barang bukan jasa, memenuhi standar kebijakan Facebook, terkoneksi dengan Facebook Pages, dan terhubung dengan katalog produk di Facebook.

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

Setelah mengetahui mengenai apa saja syarat-syarat yang diperlukan, maka langkah selanjutnya adalah cara mengaktifkan Instagram Shopping itu sendiri.

  1. Pilih foto profil pada pojok kanan bawah
  2. Klik menu tiga garis pojok kanan atas
  3. Pengaturan
  4. Bisnis
  5. Siapkan Instagram Shopping
  6. Mulai
  7. Hubungkan ke akun facebook
  8. Tandai katalog baru
  9. Masukkan situs web
  10. Klik kirim untuk ditinjau

Cara Membuat Katalog Di Instagram Mengaktifkan Shopping

Seusai menyelesaikan, penjual dimohon untuk bersabar menanti selama Facebook dan Instagram meninjau akun yang akan digunakan. Waktu yang digunakan untuk menanti ini tidak pasti alias random, terkadang membutuhkan waktu berhari-hari, atau bahkan lebih lama lagi.

Baca juga :

Selama menunggu, penjual dapat mempersiapkan hal-hal lainnya ketimbang berpangku tangan. Memotret foto produk atau barang dengan baik tentunya merupakan salah satu persiapan yang bagus. Selain itu, katalog juga harus dipersiapkan dengan matang agar nantinya semua berjalan dengan lancar.

Nantinya akan muncul pemberitahuan lebih lanjut mengenai Instagram Shopping apabila sudah terverifikasi. Usai fitur ini aktif, penjual dapat memberi tag pada postingan maupun story terkait barang yang ditawarkan.

Instagram Shopping benar-benar memberikan angin segar bagi para pebisnis muda yang sedang merintis. Berbagai macam keuntungan yang didapatkan benar-benar membantu.

Artikel ini secara singkat telah membahas mengenai apa itu Instagram Shopping, cara membuat katalog di Instagram, dan cara mengaktifkan Instagram Shopping. Semoga membantu dan selamat berbisnis!