Cara Membuat Stempel Di Word

Kemajuan teknologi memberikan kemudahan yang beragam bagi para pengguna. Banyak sekali hal-hal yang sebelumnya susah untuk dilakukan, dengan adanya teknologi, pekerjaan yang susah bisa dikerjakan dengan mudah serta dengan kurun waktu yang cenderung cepat.

Tak salah jika setiap individu juga berpacu untuk mengikuti perkembangan zaman ini. Salah satu kemajuan dengan adanya teknologi adalah tersebarnya informasi mengenai cara membuat stempel di word.

Pada zaman sekarang, siapa yang tidak menggunakan Microsoft word, terlebih bagi para pekerja dan pelajar. Aplikasi ini sudah menjadi aplikasi yang wajib dimiliki di laptop maupun di handphone setiap orang.

Dengan kehadiran aplikasi ini juga memberikan peluang untuk membuat stempel bisa dilakukan secara digital. Jika dahulu stempel digunakan dengan alat yang dibuat khusus, sekarang hal tersebut sudah tergantikan dengan adanya kemajuan teknologi ini.

Apakah Yang Dimaksud Stempel?

Lalu apa yang dimaksud dengan stempel tersebut? Apakah penggunaan stempel itu merupakan hal yang penting? Nah, berikut sedikit penjelasan mengenai apa itu stempel.

Stempel sendiri merupakan sebuah alat yang mempunyai permukaan yang mempunya permukaan yang terukir dengan tulisan tertentu. Bukan hanya tulisan, permukaan pada stempel bisa juga berukirkan sebuah gambar, atau bahkan kombinasi dari tulisan dan gambar sekaligus.

Penggunaan dari stempel tersebut dicapkan dengan menggunakan tinta pada permukaan kertas. Sehingga kertas atau dokumen yang diperlukan mendapatkan sebuah cap.

Penggunaan stempel sendiri sudah digunakan sejak jangka waktu yang lama, bahkan sudah ditemukan sejak zaman pra sejarah. Ditemukan beberapa artefak yang terdapat unsur stempel di dalamnya.

Oleh karena itu, stempel ini sudah eksis digunakan sejak zaman dahulu. Hingga sekarang, stempel juga merupakan alat yang wajib dimiliki oleh perusahaan, organisasi, bahkan individu. Cara membuat stempel digital pun bisa menjadi jalan alternatif untuk penggunaan stempel.

Selain itu, stempel juga merupakan bagian dari peralatan kearsipan. Hal ini dikarenakan melihat guna dari stempel itu sendiri yang diaplikasikan pada berkas atau dokumen yang menjadi salah satu bagian dari arsip.

Dengan kata lain, penggunaan dari stempel ini menjadi bagian dari proses kearsipan. Hal tersebut menyebabkan penggunaan stempel masih marak digunakan pada saat ini dan merupakan salah satu aspek yang wajib mengingat arsip juga merupakan dokumen yang berisikan informasi penting.

Apa Fungsi Dari Stempel?

Sekarang kamu sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan stempel. Selanjutnya perlu diketahui juga mengenai fungsi dari stempel ini sendiri. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa stempel tersebut merupakan aspek yang penting dalam kearsipan.

Berikut fungsi-fungsi dari stempel yang membuatnya menjadi salah satu aspek penting.

1. Pengesahan

Fungsi yang paling utama pada stempel yaitu sebagai tanda pengesahan. Kegunaan stempel yang paling umum digunakan yaitu pada dokumen-dokumen penting yang ingin disahkan agar tidak terjadi pemalsuan atau plagiarism.

Sebagai contoh dari fungsi stempel sebagai pengesahan dapat dilihat pada ijazah atau transkrip nilai. Penggunaan stempel pada dokumen tersebut menjadi tanda penting bahwa dokumen tersebut sah dikeluarkan oleh sekolah, perguruan tinggi, ataupun organisasi tertentu.

2. Penguat

Selain berfungsi sebagai pengesahan, stempel juga berfungsi sebagai penguat sebuah dokumen. Fungsi ini biasanya ditemukan pada dokumen-dokumen yang menjadi hasil atau notulensi sebuah rapat-rapat penting.

Stempel berperan sebagai penguat dan agar dokumen tersebut sah sebagai hasil dari rapat. Dokumen yang sudah memiliki stempel bisa menjadi bukti yang kuat digunakan untuk masa yang akan datang.

3. Pertanggungjawaban

Fungsi terakhir dari stempel adalah sebagai pertanggungjawaban. Biasanya pada beberapa dokumen penting oleh sebuah organisasi, memiliki orang yang bertanggung jawab atas suatu kegiatan. Nah, orang tersebut biasanya akan memberikan stempel pada sebuah dokumen.

Oleh karena itu, stempel tersebut digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban dari orang yang memberikan cap pada dokumen yang bersangkutan.

Berapa Ukuran Stempel?

Pembahasan selanjutnya yaitu mengenai ukuran stempel. Sebelumnya perlu diketahui bahwa bentuk dari stempel juga berbeda-beda sehingga akan mempengaruhi juga ukuran dari stempel tersebut. Berikut beberapa bentuk dan ukuran stempel yang bisa kamu gunakan dan dapat menjadi rujukan untuk cara membuat stempel sendiri.

1. Ukuran Untuk Stempel Berbentuk Bulat

Stempel berbentuk bulat menjadi stempel yang paling popular digunakan oleh semua kalangan. Walaupun memiliki ukuran bulat sempurna, stempel ini juga memiliki beberapa ukuran yang berbeda tergantung dengan kebutuhan organisasi bersangkutan.

Pada stempel yang berbentuk bulat ini, terdapat beberapa ukuran. Ukuran yang pertama berbentuk bulat kecil dengan diameter di bawah 3 cm yang biasa digunakan untuk buku tabungan. Selanjutnya berukuran standar dengan diameter 3 cm hingga 4,2 cm.

Ukuran ini cukup popular digunakan oleh lembaga-lembaga pemerintahan. terakhir, stempel ini memiliki ukuran bulat besar dengan diameter di atas 4,2 cm yang biasanya digunakan untuk keperluan kepolisian dan militer.

2. Ukuran Untuk Stempel Berbentuk Oval

Stempel dengan bentuk oval bisa dibilang memiliki bentuk yang sedikit. Stempel ini hanya memiliki 2 ukuran. Ukuran tersebut yaitu dengan gagang oval 45 dengan ukuran 44 x 31 millimeter. Dan ukuran yang kedua yaitu gagang oval 51 dengan ukuran 52 x 37 millimeter.

Stempel dengan bentuk oval ini biasanya digunakan oleh ketua RT maupun RW. Selain itu, paguyuban besar juga sering menggunakan stempel dengan tipe ini.

3. Ukuran Untuk Stempel Berbentuk Kotak

Stempel bentuk ini memiliki ukuran berikut. Pertama, ukuran kecil dengan sisi 25 cm dan 30 cm. Ukuran sedang dengan sisi 35 cm. Terakhir, ukuran besar dengan sisi 45 cm. Namun, stempel dalam bentuk kotak ini tidak memiliki standar resmi.

4. Ukuran Untuk Stempel Berbentuk Persegi Panjang

Untuk ukuran yang kecil biasanya memiliki ukuran 4×1 cm. Untuk ukuran sedang memiliki ukuran 5×2 cm. Untuk ukuran yang besar biasanya memiliki ukuran 6,5 x 4,5 cm. Serta ukuran jumbo dengan panjang yang lebih 10 cm.

Cara Membuat Stempel Di Word

Selanjutnya yaitu cara membuat stempel di word. Untuk cara membuat stempel online ini kamu bisa menggunakan dua cara yaitu melalui fitur shape dan scan. Berikut cara yang bisa kamu ikuti.

Cara Membuat Stempel Melalui Fitur Shape Secara Manual

Berikut langkah dalam membuat stempel melalui fitur shape.

1. Buka dokumen

Sebelumnya kamu harus membuka dokumen yang ingin kamu berikan stempel.

2. Masukkan Bentuk Stempel

Selanjutnya kamu bisa menambahkan melalui Insert > Shape. Kamu bisa memilih “Not Allowed” simbol dengan bentuk Stop Sign.

3. Putar Logo Stempel Menjadi Sejajar

Setelah memilih, kemudian menekan tombol shift agar simbol bisa lebih presisi. Kamu perlu untuk menarik kursor dan memutar simbol stop sign,

Cara Membuat Stempel Di Word

4. Atur Warna Dasar Stempel

Kemudian kamu bisa mengatur warna dasar pada garis simbol tersebut sesuai kebutuhan.

  1. Klik pada stempel tadi
  2. Pada Drawing Tools > Shape Format
  3. Ubah Shape Fill = No Fill
  4. Shape Outline ubah menjadi warna hitam

Cara Membuat Stempel Word Melalui Fitur Shape Secara Manual

5. Masukkan Tulisan

Langkah selanjutnya kamu bisa menekan fitur WordArt pada menu insert untuk menambahkan tulisan yang dibutuhkan.

  1. Insert
  2. WordArt
  3. Pilih salah satu misal FilL Black Text Color Shadow

6. Buat Tulisan Melengkung Keatas

Untuk tulisan yang melengkung kamu bisa bentuk dengan mengklik format bentuk, efek teks, dan gaya WordArt hingga pada pilihan transformasi.

  1. Klik text baru dibuat tadi
  2. Shape Format
  3. Text Effect
  4. Transform
  5. Follow Path > Arch

Cara Membuat Stempel Di Word caramiaw dot com

7. Buat Tulisan Melengkung Kebawah

Kamu juga bisa mengikuti langkah sebelumnya untuk bentuk tulisan melengkung ke bawah.

8. Hasil Membuat Logo Stempel di Word

Setelah tulisan selesai dimasukkan, maka kamu akan mendapatkan hasil pembuatan stempel sendiri.

Cara Membuat Stempel Di Word Terbaru

Menggunakan Gambar Scan

Jika cara tadi dilakukan secara manual menggunakan fitur shape, kamu juga bisa melakukannya dengan cara gambar scan. Langkahnya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut.

  • Siapkan scan stempel dan buka dokumen yang dibutuhkan.
  • Atur ukuran stempel sesuai keinginan dan atur letaknya.

Dengan cara itu maka kamu sudah menambahkan stempel pada dokumenmu.

Stempel menjadi salah satu aspek yang sangat penting pada dokumen Hal tersebut membuat stempel wajib ada pada dokumen yang bersifat penting.

Dengan adanya teknologi, sekarang kamu bisa membentuk stempel sendiri dengan cara membuat stempel di word. Dengan begitu kamu akan bisa membentuk stempel sendiri dengan mudah kapan pun dan dimana pun kamu berada.