Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di Samsung

Sedang asyik-asyiknya bermain gawai, namun tiba-tiba aplikasi keluar atau berhenti dengan sendirinya memang menjadi salah hal yang menyebalkan. Ada banyak sekali penyebab mengapa aplikasi bisa terhenti dengan sendirinya, misalkan sama memori RAM Anda sudah hampir habis, koneksi kurang bagus dan lainnya.

Jika Anda mengalami masalah seperti yang sudah disebutkan di atas maka tidak perlu merasa panik dan khawatir lagi. Sebab ada masalah tentu akan ada solusinya juga. Nah di bawah ini adalah beberapa cara mengatasi aplikasi terhenti di Samsung yang mudah dan cepat tanpa menghabiskan banyak waktu;

1. Lakukan Restart Pada Smartphone

Langkah pertama dan paling mudah yang bisa Anda gunakan adalah dengan memuat ulang ponsel. Dari cara ini maka nantinya sistem serta aplikasi lainnya akan diatur ulang.

Harapnya aplikasi nantinya bisa digunakan dengan normal lagi, sebab hal ini masih belum pasti. Jika pun Anda masih gagal maka bisa menggunakan metode lainnya. Setidaknya Anda sudah mencoba cara termudah dulu.

2. Hapus File Sampah Cache Yang Memenuhi Memori Internal

Supaya kinerja aplikasi tidak terhalang perlu ada ruang bebas di memori internal sehingga perlu pembersihan penghapusan file tidak berguna sehingga ketika menjalankan aplikasi bisa lancar dan tidak terhenti.

Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di Samsung

  1. Buka File manager
  2. Pilih pada pojok kiri atas simbol tiga garis
  3. Setelan
  4. Tampilkan berkas tersembunyi
  5. Lanjut buka file manager lagi
  6. Pada kolom pencarian ketikkan kata “Cache”
  7. Masuk ke  semua folder yg tampil dan hapus semua cache nya

3. Menghentikan Aplikasi dengan Paksa

Cara mengatasi aplikasi terhenti di Samsung yang masih mudah adalah dengan mencoba menghentikan paksa aplikasi. Hal ini tentunya akan sangat memungkinkan jika aplikasi bisa digunakan normal kembali. Misalnya saja pada beberapa kasus seperti gim dan aplikasi yang sedang Anda buka mengalami lag, macet, dan muncul pesan error.

Cara yang bisa digunakan untuk menghentikan paksa aplikasi adalah dengan masuk ke menu pengaturan lalu manajemen aplikasi. Pertama Buka Pengaturan » Aplikasi » pilih “NAMA APLIKASI” » kemudian tap “Paksa Berhenti”. Fitur ini hampir sama dengan menu ‘END’ yang terdapat Task Manager Windows 7, 8 dan 10.

4. Hapus Data dari Aplikasi

Sering kali ada banyak kasus aplikasi error pada ponsel termasuk Samsung dapat diatasi dengan menghapus data di aplikasi. Ketika Anda menghapus aplikasi maka secara otomatis aplikasi bisa normal kembali. Pasalnya cara mengatasi aplikasi terhenti di Samsung ini terjadi disebabkan semua file sementara, dan banyak hal lainnya termasuk konfigurasi, cache, basis data, history dan cookies. Beberapa hal tersebut terhapus.

Secara otomatis aplikasi Anda pun akan terlihat layaknya baru terinstal. Tenang saja, misalkan masalah keluar sendiri ada di Instagram, maka masih login kembali, termasuk juga dengan aplikasi lainnya. Berikut cara mudahnya Buka Pengaturan » Aplikasi » pilih “NAMA APLIKASI” » Penyimpanan » lalu tap “Hapus Data”.

4. Bersihkan Cache

File Cache adalah file sementara yang berasal dan diproduksi dari sistem, aplikasi, maupun memori. Tujuan adanya file cache sebenarnya yakni agar bisa mempercepat atau mempersingkat pemakai gawai ketika hendak membuka maupun menjalankan aplikasi tanpa perlu memulai semuanya sedari proses awal.

Jadi, file cache juga dapat Anda ibaratkan dengan jalan pintas ketika dipilih maka akan terasa lebih singkat waktunya. Namun di sisi lainnya file cache juga jadi salah satu pemicu aplikasi sering keluar sendiri, sehingga Anda membutuhkan cara mengatasi aplikasi terhenti di Samsung dengan menghapus file tersebut. Langkahnya mudah berikut Buka Pengaturan » Aplikasi » pilih “NAMA APLIKASI” » Penyimpanan » kemudian tap “Hapus Memori”.

Dengan beberapa cara di atas maka Anda tidak akan merasa khawatir lagi ketika aplikasi yang sedang digunakan tiba-tiba berhenti dengan sendiri. Jika memiliki ponsel merek Samsung maka cara mengatasi aplikasi terhenti di Samsung di atas bisa Anda gunakan. Semoga bermanfaat ya!