Cara Mengatasi Handphone Cepat Panas

Kondisi handphone yang cepat panas kadang membuat kita khawatir dan bikin kurang nyaman ketika memainkan handphone dalam waktu yang lama terutama ketika digunakan untuk kerja dalam waktu full day.

Apalagi di kondisi saat ini handphone menjadi salah satu alat untuk melakukan pekerjaan secara online selain menggunakan komputer atau laptop. Sehingga harus ada cara mengatasi handphone cepat panas.

Penyebab Dari Cepatnya Handphone Panas

Di era zaman yang perkembangan teknologi sangat tinggi dan kondisi pandemi seperti ini penggunaan handphone menjadi tidak terbatas. Kadang kita bisa mengotak – Atik handphone sampai lupa waktu.

Hal ini bisa menjadi salah satu hal buruk bagi handphone cepat panas. Inilah penyebab handphone cepat panas :

1. Main Game

Penggunaan handphone dalam waktu yang lama akan membuatnya cepat panas. Apalagi jika si pengguna adalah penggemar game, maka penggunaannya pasti memakan waktu sebosan mungkin.

2. Setelan Handphone Yang Tidak Optimal

Setelan pada handphone sangat mempengaruhi jumlah energi atau daya yang digunakan, seperti tingkat kecerahan layar, aplikasi berat yang sedang berjalan, dan penggunaan wallpaper animasi.

3. Lingkungan

Faktor lingkungan menjadi penyebab paling umum dari handphone yang cepat panas, yaitu karena paparan sinar matahari yang berada di lingkungan tersebut. Selain itu meletakkan handphone di dalam mobil yang memiliki kondisi panas dari mesin dan dari sinar matahari yang masuk dapat membuat handphone juga menjadi cepat panas.

4. Pembaruan Software

Software handphone yang belum diperbarui juga dapat membuat cepat panas. Biasanya handphone bisa menjadi cepat panas selama proses pembaharuan berlangsung maupun setelahnya.

5. Streaming

Jika menggunakan handphone untuk menonton YouTube atau aplikasi streaming serupa untuk menonton film atau drama Korea selama berjam – jam, maka handphone menjadi cepat panas. Hal itu membuat handphone memuat data video dan tetap aktif.

Selain itu masih penyebab yang lainnya tanpa disadari dapat membuat handphone panas, seperti temperatur baterai handphone naik, adanya pembaharuan pada setiap aplikasi di handphone, banyaknya aplikasi yang berjalan bersamaan, dan masih banyak penyebab lainnya.

Solusi Untuk Handphone Yang Cepat Panas

Ada beberapa cara mengatasi handphone cepat panas, biasanya disebut dengan pendinginan. Disini ada beberapa solusi handphone cepat panas bisa menjadi dingin dengan cepat tanpa menggunakan aplikasi pendinginan, yaitu :

1. Istirahatkan Baterai Handphone Sebelum Terlalu Panas

Panas handphone terjadi karena RAM, CPU, dan GPU, serta baterai handphone yang bekerja terus tanpa istirahat. Baterai handphone panas karena digunakan selama berjam – jam dan tidak diistirahatkan.

Biasanya untuk baterai handphone tidak mudah panas harus diistirahatkan selama 15 – 30 menit. Apalagi jika digunakan untuk main game atau streaming YouTube gunakanlah dengan bijak sekitar 2 – 3 jam, biasanya handphone sudah mulai terasa agak panas maka segeralah istirahatkan.

2. Aktifkan Mode Pesawat

Penyebab hp cepat panas salah satunya adalah susahnya menjangkau sinyal bahkan tidak ada sinyal saat berada didaerah tertentu seperti kegiatan traveling di daerah terpencil dan pelosok. Sehingga dalam mode pesawat maka hp juga berhenti melakukan pencarian sinyal secara terus menerus dan akhirnya baterai tetap awet.

Cara Mengatasi Handphone Cepat Panas Paling Ampuh

3. Setting Jaringan Internet Sesuai Wilayah

Pastikan ditempat kalian berada saat ini sudah support koneksi jaringan misal hanya support 3G saja atu 2G saja. Jangan memaksa jenis jaringan 4G apabila tidak mendukung di wilayah tersebut

Cara Mengatasi Handphone Cepat Panas

4. Gunakan Handphone Secara Bijak, Jangan Berlebihan

Dengan penggunaan yang normal paling lama 3 jam dan memberikan Istirahat pada handphone sekitar 30 menit bisa mendinginkan handphone tersebut.

5. Menggunakan Baterai Original

Jika menggunakan baterai yang bukan bawaan dari produknya asli, kadang memang membuat handphone cepat panas, selain itu juga dapat membuat handphone cepat bergelembung.

Meskipun penggunaan handphone di zaman sekarang lebih banyak menggunakan baterai tanam, jangan khawatir tetap bisa diganti dengan baterai yang baru tapi pastikan baterai tersebut yang original untuk memperkecil kemungkinan handphone cepat panas.

6. Menggunakan Charger Original

Ada beberapa kasus yang tidak menggunakan charger original dapat membuat handphone juga bisa cepat panas.

Selain yang sudah disebutkan diatas ada solusi yang lainnya juga, seperti mencharger handphone secukupnya saja, letakkan ponsel di tempat yang dingin (lantai atau meja), lepaskan casing handphone ketika di charger untuk mengurangi panasnya, matikan aplikasi yang tidak diperlukan.

Itulah sedikit penjelasan tentang cara mengatasi handphone cepat panas. Penggunaan handphone yang tidak wajar dapat berakibat fatal juga. Selain karena handphone menjadi cepat panas juga dapat berpengaruh pada kondisi mata perih dan cepat lelah, serta akan merasakan sakit kepala atau pusing.