Cara Mengecek Bantuan BPJS

Sudah tahukan bagaimana cara mengecek bantuan BPJS? Jika belum maka Anda diharuskan mengetahuinya sekarang juga. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena jumlah bantuan yang diberikan ternyata tidak tanggung-tanggung yakni sekitar 500 ribu rupiah. Tentunya Anda tidak ingin bantuan tersebut hangus begitu saja karena minimnya informasi bukan?

Bantuan Subsidi Upah atau BSU merupakan salah satu program bantuan dari BPJS dimana sudah dapat dicairkan oleh para pekerja. Adapun proses pencairannya sendiri akan ditransfer ke rekening penerimanya melalui beberapa bank BUMN seperti BNI, BRI, BTN hingga Mandiri.

Adapun tujuan diadakan program tersebut adalah sebagai upaya melakukan pemulihan ekonomi nasional menangani pandemi Covid 19 dimana masih berlangsung hingga sekarang. Banuan itu sendiri akan dicairkan per bulan selama 2 bulan dan akan diberikan dalam bentuk uang tunai.

Memang jika dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah penerima bantuan BPJS ini memang lebih sedikit di tahun 2021. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena adanya pembatasan nominal gaji lebih sedikit sekaligus adanya pemberlakuan PPKM level 4 dan Level 3 di beberapa kawasan di tanah Air.

Cara Mengecek Bantuan BPJS Mudah

Agar anda tidak melewatkan bantuan tersebut, maka harus melakukan pengecekan sekarang juga. Tenang saja! Untuk melakukan pengecekannya sendiri sudah dapat dilakukan secara online sehingga Anda tidak perlu datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan buat memperoleh informasi bersangkutan.

Adapun proses pengecekannya dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara yakni melalu situs resmi dari BPJS ketenagakerjaan ataupun melalui situs SSO BPJS ketenagakerjaan. Daripada Anda bingung dalam melakukannya, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Melalui Situs BPJS Ketenagakerjaan

Cara pertama bisa langsung dilakukan melalui situs resmi dari BPJS ketenagakerjaan. Ini merupakan cara paling banyak digunakan karena informasi yang ditampilkan memang resmi dari pihak kantor bersangkutan. Adapun tahapan dalam melakukannya sangat mudah, simak ulasannya berikut ini.

  • Buka halaman resmi dari BPJS ketenagakerjaan
  • Jika sudah maka bisa scroll ke bawah hingga menemukan pilihan cek apakah kamu termasuk calon penerima BSU
  • Nantinya, akan terdapat beberapa data yang harus diisi dengan 3 kolom tersedia
  • Isi sesuai dengan nama lengkap, NIK dan tanggal lahir
  • Centang langsung pada bagian kode captcha
  • Klik lanjutkan maka secara otomatis sistem akan langsung menampilkan apakah Anda menjadi salah satu kandidat yang menerima bantuan ataukah tidak.

Cara Cek Saldo BPJS

2. Melalui Situs SSO BPJS Ketenagakerjaan

Selain menggunakan cara di atas buat mengeceknya, ada lagi cara lainnya yang bisa digunakan yakni dengan mengakses situs SSO BPJS ketenagakerjaan. Caranya sendiri tidaklah sulit buat dilakukan, tetapi jika masih bingung, simak terlebih dahulu ulasan berikut ini.

  1. Buka halaman dari SSPO BPJS
  2. Masuk saja ke tampilan layar dari SSO BPJS ketenagakerjaan
  3. Pada bagian layanan informasi kepesertaan, cobalah isikan dengan email dan password. Sedangkan apabila belum mempunyai akun maka harus melakukan registrasi dahulu dengan mengklik buat akun baru.
  4. Klik ceklis pada bagian saya bukan robot
  5. Dan klik login maka anda bisa langsung masuk ke bagian dashboard dan klik bantuan Subsidi Upah
  6. Nantinya sistem akan langsung menampilkan informasi apakah Anda memperoleh bantuan tersebut ataukah tidak.

Cara Mengecek Bantuan BPJS Melalui SSO

Kriteria Dari Penerima Bantuan BPJS

Perlu diingat bahwa pemberian dari bantuan tersebut ternyata tidak dilakukan secara sembarangan sebab ada beberapa kriteria dimana seseorang dapat menerima bantuan bersangkutan. Apa sajakah kriteria yang harus dimiliki? Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

  1. Merupakan WNI dimana dibuktikan dengan KTP
  2. Terdaftar sebagai member aktif dari BPJS sejak tanggal 30 juni 2021
  3. Mempunyai gaji paling banyak sebesar 3,5 juta per bulan.
  4. Merupakan pekerja ataupun buruh penerima upah
  5. Berada di area wilayah PPKM level 3 dan 4 berdasarkan dengan aturan dari inmendagri 22/2021
  6. Seseorang yang bekerja di industri barang konsumsi, aneka industri, transportasi, hingga real estate.

Dengan keberadaan bantuan inilah ternyata dapat membantu mengatasi masalah perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19 selama pandemi. Segera ketahui cara mengecek bantuan BPJS biar tahu apakah Anda masuk ke dalam list ataukah tidak?