Cara Mengecek Grammar Online

Ada kalanya seseorang yang menulis dalam Bahasa Inggris kurang percaya diri dengan grammar yang dituliskannya. Namun sekarang ada banyak cara mengecek grammar online karena sudah banyak aplikasi yang sudah menyediakan aplikasi dengan fitur ini.

Namun pengguna tidak harus mengandalkan aplikasi untuk melakukan pengecekan grammar. Bahkan ada cara cek grammar Bahasa Inggris online free tanpa aplikasi bagi para penulis Bahasa Inggris.

Berikut ini adalah cara untuk mengecek grammar secara online tanpa perlu bagi para pengguna menginstall aplikasi lagi. Fitur yang disediakan pastinya tidak kalah lengkap dengan aplikasi dan tentu saja, akses yang diberikan akan jauh lebih mudah dan praktis.

1. Gunakan Situs Grammar Checker

Para penulis Bahasa Inggris pasti sudah tidak awam lagi dengan situs Grammar Checker. Di antara situs pengecekan grammar lainnya, situs satu ini bisa dibilang merupakan situs yang paling populer dan paling banyak digunakan.

Ini karena situs ini memiliki kemampuan analisa yang cukup mumpuni dan cara penggunaannya juga terbilang mudah. Situs ini memiliki fitur yang akan mengecek grammar dan spelling secara berurutan.

  1. Buka browser di google chrome
  2. Ketikkan pada kolom pencarian
  3. Grammar Checker
  4. Ada banyak pilih salah satu
  5. Masukkan text
  6. Klik Check

Pengecekannyapun sangat teliti sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika ada kesalahan yang terlewat. Sayangnya saat ini situs Grammar Checker hanya fokus pada perbaikan teks bahasa Inggris saja untuk mengoptimalan fiturnya.

2. Lebih Praktis dengan Grammarly

Cara mengecek grammar online selanjutnya adalah menggunakan grammarly. Grammarly ini bukan situs bukan juga aplikasi, loh. Melainkan add-on yang bisa dipasangkan di browser yang paling sering digunakan.

Cara Mengecek Grammar Online Grammarly

Tentu saja, hal ini akan menambah kepraktisan dalam pengecekan grammar. Apalagi Grammarly bisa melakukan pengecekan secara langsung. Jadi pengguna tinggal menulis kata dalam Bahasa Inggris yang kemudian Grammarly akan mengoreksinya.

Bahkan add-on satu ini akan memberikan penulis rekomendasi kalimat yang lebih baik dan susunan kata yang lebih baik untuk digunakan. Hal ini akan menambah daya tarik tulisan agar lebih maksimal.

3. Cek Beserta Dialeknya dengan Online Correction

Kelebihan situs Online Correction jika dibandingkan dengan web cek grammar gratis lain adalah adanya fitur dialek. Jadi pengecekan dalam situs online correction ini bisa disesuaikan dengan dialek yang ingin digunakan.

Cara Mengecek Grammar Online Online Correction

Bisa dalam dialek Amerika, Australia, New Zealand, bahkan bisa menggunakan dialek British dan Afrika selatan, loh.

Hal ini membuat pengecekan bisa menjadi lebih mendetail dan lebih akurat. Sesuai dengan dialek yang ingin digunakan oleh pengguna. Pengguna bisa mengeset fitur dialek mana yang ingin digunakan sebelum proses pengecekan.

4. Tampilan Ringan dan Modern dengan Spell Checker

Jika pengguna mencari situs pengecekan grammar namun dengan tampilan simpel dan modern serta penggunaan yang mudah.

Maka spell checker adalah jawabannya, karena situs satu ini punya tampilan yang sederhana tapi tetap modern yang akan memudahkan pengguna dalam pengecekan. Selain itu pengguna tidak hanya bisa mengecek grammar dalam Bahasa Inggris saja.

Karena spell checker punya fitur 26 bahasa lebih yang bisa dicek di dalamnya, selain itu pengecekan tidak hanya sekedar koreksi saja. Namun juga ada rincian kesalahan yang akan memudahkan pengguna untuk memperbaiki lagi teksnya.

5. Lebih Profesional dengan Paperrater

Cara check grammar online selanjutnya adalah dengan Papperater. Papperater akan memberikan pengalaman penggunaan website pengecekan yang lebih profesional.

Bahkan tidak Cuma pengecekan grammar dan spelling saja, Paperrater sekaligus dilengkapi dengan fitur cek plagiarisme, loh.

Cara Mengecek Grammar Online Paperrater

Untuk lebih praktisnya, kamu bisa langsung mengupload file yang ingin kamu cek dalam kolom yang disediakan. Jadi pengguna tidak perlu lagi melakukan copy paste seperti pada kebanyakan situs cek grammar.

Namun untuk fitur profesional ini Papperater memiliki batasan yaitu hanya 5 halaman saja, jika ingin lebih ada sejumlah biaya yang harus dibayarkan. Namun pengguna bisa menikmati penggunaan fitur yang lebih peremium.

Itu dia cara mengecek grammar online tanpa perlu install aplikasi lagi, dengan menggunakan layanan-layanan di atas. Pengguna tidak perlu mengorbankan space memori lagi pada smartphone maupun perangkat laptop dan komputer untuk aplikasi pengecekan grammar.

Karena layanan-layanan di atas bisa diakses di manapun dan kapapun melalui browser bahkan tanpa perlu diinstall lagi.