Cara Mengecek Pajak Motor Online Jawa Barat

Perkembangan teknologi yang sangat pesat tidak bisa dihindari, dan sudah sepatutnya untuk dipergunakan untuk kemanfaatan bersama.

Dewasa ini, untuk memeriksa pajak kendaraan bermotor, kamu tidak perlu lagi repot-repot harus ke kantor samsat, karena sudah disediakan aplikasi, web, bahkan hotline layanan untuk memeriksa pajaknya.

Terutama untuk kamu yang tinggal di Jawa Barat, berikut adalah cara mengecek pajak motor online Jawa Barat. Namun, sebelum masuk ke pembahasan, ada baiknya kamu pahami terlebih dahulu apaitu E-Samsat.

Diciptakan untuk mempermudah segala urusan yang berurusan dengan Samsat, E-Samsat Jawa Barat memfasilitasi untuk bisa memeriksa dan mengurus pajak kendaraan bermotor secara online, terkhusus kendaraan bermotor daerah jawa barat.

Tidak hanya itu, penggunaan E-Samsat ini juga memperkecil kemungkinan keberadaan calo samsat, yang kerjanya menarik uang lebih dari orang yang hendak mengurus dokumen-dokumennya. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui hitungan uang yang harus kamu bayarkan, tanpa merasa tertipu sistem.

Setelah memahami E-Samsat, berikutnya adalah cara cek pajak motor online Jawa Barat, yang memiliki tiga cara, mulai dari menggunakan aplikasi SAMBARA, melalui website Bapenda Jawa barat, dan menggunakan USS Code.

1. Menggunakan Aplikasi SAMBARA

Cara cek pajak motor online jabar yang pertama adalah menggunakan aplikasi SAMBARA. Sebuah inovasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mempermudah urusan samsat adalah membuat aplikasinya sendiri, yaitu Samsat Mobile Jawa Barat disingkat SAMBARA.

Sambara hadir di Google Play Store maupun Apple ios Store. Pastikan kamu mengunduh dan menggunakan aplikasi resmi SAMBARA dari pemerintah provinsi Jawa Barat untuk hasil periksa yang akurat.

  1. Info PKB & Kode Bayar
  2. Masukkan Nomor Plat Kendaraan
  3. Sesuaikan Warna TNKB
  4. Cari

Cara Mengecek Pajak Motor Online Jawa Barat Aplikasi Sambara

Cukup banyak fitur yang ada di dalam aplikasi hasil inovasi ini, salah satunya adalah tidak hanya bisa mengecek pajak motor online, tapi aplikasi ini juga menawarkan fitur untuk memabayarnya dengan cara transfer di bank yang terhubung.

2. Website Bapenda Jawa Barat

Cara mengecek pajak motor jawa barat secara online selain menggunakan aplikasi SAMBARA, adalah edegan memeriksa website yang dikembangkan sendiri oleh pemerintah bagian pendapatan Provinsi Jawa Barat langsung di link resminya

https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb

Untuk memeriksakan pajak kendaraan motormu secara online di sini, yang harus kamu isikan adalah

1 Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor atau Nomor Polisi dari kendaraan bermotormu.

2 Warna Tanda Nomor Kendaraan Bermotor disingkat TNKB.

3 Lalu mengisi captcha untuk memastikan bahwa yang mengunjungi situsnya benar-benar seorang manusia.

4 Menekan tombol cari.

Cara Mengecek Pajak Motor Online Jawa Barat Website

Cara mengecek pajak motor online Jawa Barat dengan website setelah mengisi semua kolom di atas. Jika kendaraan bermotormu terdaftar secara resmi, maka akan muncul informasi lengkap tarif pajak kendaraanmu secara tahunan di website tersebut, bebas dari calo.

Sama seperti SAMBARA, website Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat ini, juga menawarkan fitur untuk membayar pajak kendaraan bermotormu secara online via transfer bank.

3. Menggunakan USS Code

Tidak seperti dua cara di atas, cara untuk cek pajak motor online jawa barat yang terakhir ini tidak memerlukan akses internet, bahkan tidak memerlukan pulsa. Cukup menggunakan smartphone-mu, ketikkan

*368*1#

Selain itu kamu juga bisa mengecek via sms premium tidak mengurangi pulsa ke nomor 8893.

Setelah memahami platform yang digunakan Bagian Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sekarang kamu perlu memahami kriteria apa saja yang harus dimiliki kendaraan bermotormu dan kamu sebagai pemilik untuk bisa diperiksakan dan dibayarkan melalui E-Samsat.

1 Kendaraanmu tidak sedang diblokir data kepemilikannya.

2 Kendaraanmu terdaftar secara resmi di daerah Jawa Barat

3 Memiliki E-KTP Nasional

4 Merupakan milik pribadi, bukan Yayasan, perusahaan ataupun Lembaga

5 Memiliki akun rekening di salah satu Bank yang disediakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, mulai dari BNI, BJB, BRI, BCA, Cimb Niaga, Mandiri dan Permata

6 Memiliki nomor telepon seluler yang masih aktif

7 Pembayaran pajak selambat-lambatnya enam bulan sebelum jatuh tempo

8 Hanya berlaku untuk pajak tahunan, bukan untuk pajak pengganti nomor polisi

Begitulah cara mengecek pajak motor online Jawa Barat yang bisa langsung kamu praktekkan, dan merasakan sendiri kemudahannya.

Sebagai warga negara yang baik, membayar pajak adalah sebuah keharusan, karena nantinya pasti dampak baiknya pasti akan Kembali ke warga negara Indonesia secara keseluruhan.