Cara Mengecek Plagiarisme Online

Saat ini banyak sekali tulisan yang bertebaran di internet, entah itu berupa artikel, jurnal, makalah, skripsi maupun tulisan lainnya.

Kegiatan menulis juga sudah menjadi salah satu hal yang umum dilakukan, baik oleh pelajar,mahasiswa, guru, dosen, maupun orang yang bekerja di bidang menulis seperti content writer dan copywriter.

Aplikasi Untuk Mengecek Plagiarisme Secara Online

Banyaknya tulisan yang sangat mudah ditemukan di internet tentunya akan memberikan kemudahan bagi pelajar maupun pekerja dalam mengerjakan tugas ataupun pekerjaannya, karena referensi yang tersedia sangat lah berlimpah. Namun hal tersebut juga bisa menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya plagiarisme.

Plagiarisme sendiri merupakan tindakan menjiplak, meniru, atau bisa juga diartikan sebagai tindakan mencuri tulisan atau karya orang lain. Plagiarisme ini tidak hanya berlaku untuk keseluruhan karya tulis, tetapi juga untuk satu kalimat utuh yang ada di internet.

Pastinya tindakan ini tidak dibenarkan dan melanggar hak cipta penulis, suatu tindakan yang memalukan bukan?

Maka dari itu, sebelum mempublikasikan tulisan yang telah dibuat, maka perlu dilakukan pengecekan apakah tulisan tersebut orisinil atau mengandung plagiarisme.

Pengecekan ini bisa dilakukan secara online dengan menggunakan beberapa aplikasi yang dirancang untuk mengecek plagiarisme. Beberapa aplikasi tersebut diantaranya.

1. Copyscape

Melalui aplikasi Copyscape, Anda bisa melakukan pengecekan plagiarisme tulisan secara gratis. Sayangnya penggunaan aplikasi secara gratis ini hanya terbatas pada fitur tertentu, untuk menikmati fitur lain yang lebih lengkap Anda bisa menggunakannya dengan berlangganan layanan premium.

https://www.copyscape.com/

2. DupliChecker

DupliChecker adalah aplikasi yang juga bisa digunakan untuk mengecek plagiarisme dari suatu tulisan.

https://www.duplichecker.com/

Aplikasi ini sangat mudah untuk dioperasikan, setelah Anda selesai melakukan pengecekan, maka akan muncul persentase plagiarismenya jika memang terdeteksi plagiat, namun jika tidak ada kesamaan informasi atau kalimat dengan website lain, maka akan muncul hasil No plagiarism Detected.

3. Dustball

Aplikasi lain yang mudah digunakan untuk pengecekan plagiarisme adalah Dustbal, pada website tersebut disediakan kolom yang digunakan untuk mengisi teks yang akan diperiksa keasliannya.

http://www.dustball.com/cs/plagiarism.checker/

Sayangnya ada batas penggunaannya, agar tetap bisa bebas menggunakan aplikasi ini, maka Anda diharuskan untuk berlangganan dan membayar sejumlah uang sebagai biaya perawatan.

4. PlagScan

Selanjutnya adalah PlagScan yang termasuk dalam aplikasi unggulan dalam pengecekan plagiarisme tulisan.

https://www.plagscan.com/

Untuk menggunakan aplikasi ini Anda perlu mendaftar dan menjadi member terlebih dahulu, pada beberapa hari pertama layanan cek plagiarisme bisa digunakan secara gratis, setelah itu perlu dilakukan pembayaran agar Anda bisa menggunakannya dalam waktu yang lama.

5. Plag Tracker

Jika Anda menginginkan aplikasi cek plagiarisme yang lengkap dan profesional, maka Plag Tracker bisa menjadi solusinya. Akan tetapi Anda harus membayarkan sejumlah uang untuk mendapatkan layanan premium.

https://www.plagtracker.com/upload.html

Pengecekan yang dilakukan oleh tim dari Plag Tracker tidak hanya pada kesamaan dan keaslian kalimat saja, tetapi juga tata bahasa dan alur yang dibuat.

Cara Mengecek Plagiarisme Online

Mengecek plagiarisme terhadap tulisan atau konten yang dibuat bisa dilakukan secara online dengan mudah.

Semua aplikasi yang telah dijelaskan di atas, pada umumnya memiliki cara penggunaan yang hampir mirip, perbedaan besarnya terjadi hanya pada penggunaannya yang secara gratis atau perlu berlangganan terlebih dahulu.

Di bawah ini adalah cara mengecek plagiarisme gratis menggunakan DupliChecker.

1 Buka situs web DupliChecker atau ini https://www.duplichecker.com/

2 Pada halaman web tersedia sebuah kolom, salin teks yang akan diperiksa ke dalam kolom tersebut.

Batas maksimal kata yang bisa dimasukan ke dalam kolom hanya sampai 1000 kata, jadi jika tulisan yang akan diperiksa memiliki jumlah kata yang banyak, Anda perlu melakukannya secara bertahap.

Cara Mengecek Plagiasi Online Duplichecker.com

3 Selain memasukan teks ke dalam kolom, memeriksa plagiarisme tulisan di DupliChecker juga bisa dilakukan dengan mengunggah file Ms. word atau pdf, dan bisa menggunakan Webpage URL.

4 Klik reCAPTCHA yang tersedia, kemudian klik check plagiarism.

5 Tunggu hingga proses scanning tulisan selesai

6 Setelah proses scanning selesai, maka akan memunculkan hasil akhir pemeriksaan plagiarisme tulisan. Hasil ini mencakup presentase keunikan tulisan dan plagiarismenya.

Nah itulah cara mengecek plagiarisme online secara gratis yang bisa dengan mudah Anda praktikan. Semoga bermanfaat.