Cara Mengembalikan Kontak Yang Hilang

Panik karena sedang mencari cara mengembalikan kontak yang hilang dan belum menemukan cara yang paling praktis? Tips berikut ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang memang sedang kehilangan banyak kontak. Kontak di ponsel hilang bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Yang jelas, ketika itu terjadi maka Anda mungkin seperti kehilangan banyak sekali akses untuk menjangkau rekan, kolega hingga saudara-saudara Anda. Jangan panik. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kontak tersebut kembali.

Pada dasarnya, sistem operasi di ponsel seperti Android dan iPhone sudah memberikan fitur yang bagus untuk melakukan pencadangan pada kontak-kontak Anda.

Penyebab Kontak Yang Hilang Di Ponsel

Ada beberapa macam penyebab kontak yang hilang di ponsel. Pertama, kontak yang hilang tersebut bisa jadi karena Anda terbiasa menyimpan di akun yang terkoneksi langsung secara online. Fitur ini bisa Anda temui di menu pengaturan mana kala Anda sedang menyimpan kontak baru Anda.

Anda akan disediakan opsi untuk memilih menyimpan kontak di kartu SIM, kartu memori telepon atau akun online Anda. Manakala semua kontak disimpan di akun online, maka ketika Anda tidak sengaja logout dari akun tersebut, kontak tidak tersedia lagi di ponsel Anda.

Masalah kontak yang hilang selanjutnya bisa disebabkan oleh rusaknya sistem pada ponsel Anda. Terjadinya kerusakan pada perangkat lunak sering kali membuat ponsel menjadi hang dan mau tidak mau Anda harus melakukan hard reset. Jika sudah demikian, maka kontak yang ada di ponsel pun tidak akan tersedia lagi.

Terakhir, ponsel yang terserang oleh virus atau aplikasi berbahaya juga rentan untuk kehilangan kontak. Bisa saja terjadi sabotase pada akun Anda yang menyebabkan semua kontak hilang. Anda harus mencari cara mengembalikan kontak yang hilang di Google supaya akses pada kontak tersebut bisa kembali lagi.

Mengembalikan Kontak Hilang Dengan Langkah Praktis

Terdapat beberapa macam cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan kontak Anda. Setelah Anda mengetahui penyebabnya, Anda bisa mulai melakukan diagnosa sendiri terhadap kira-kira bagian mana yang rusak dari ponsel Anda. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa tips singkat berikut ini.

1. Manfaatkan Layanan Akun Google

Layanan akun Google saat ini memang sangat bermanfaat terutama dalam melakukan pencadangan secara terus menerus terhadap kontak miliki Anda. Manakala Anda mengalami kerusakan seperti handphone yang tiba-tiba tidak menyala, maka cara mengembalikan kontak yang hilang setelah di reset adalah dengan kembali mengaktifkan akun Google Anda.

Umumnya, ketika Anda berhasil login, kontak akan dikembalikan seperti semula. Ini juga berlaku ketika Anda ingin melakukan perubahan pada kontak yang tidak disengaja. Ada menu “undo changes” pada aplikasi kontak Google sehingga kontak yang tidak sengaja dihapus bisa kembali lagi.

Atau impor kembali semua kontak yang ada di akun google yang sudah otomatis dibackup :

  1. Pengaturan
  2. Google
  3. Kelola Akun Google Anda
  4. Scroll kekanan dan pilih menu “Orang & berbagi”
  5. Kontak
  6. Lalu masukkan kata sandi ulang, berikutnya

Cara Mengembalikan Kontak Yang Hilang

Nah ditahap ini kalian akan masuk ke google cantact, selanjutnya ikuti tips dibawah ini :

  1. Ketuk pada menu tiga garis mendatar posisi pojok kiri atas
  2. Ekspor
  3. My Contacts
  4. Ekspor sebagai vCard
  5. Ekspor
  6. Otomatis semua kontak akan di download dan tersimpan di memori hp

Cara Mengembalikan Kontak Yang Hilang Part 2

2. Gunakan Aplikasi Pengembali Kontak

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pengembali kontak sebagai cara mengembalikan kontak yang hilang selanjutnya.

  1. Install saja aplikasi seperti “contact restorer” dari Play Store
  2. Untuk kemudian mendeteksi mana saja kontak yang sudah terhapus.
  3. Cara ini juga cukup efektif untuk mendapatkan kontak yang sudah dihapus.

3. Periksa Pengaturan Kontak Anda

Selanjutnya, Anda juga bisa memperhatikan apakah kontak Anda benar-benar terhapus atau hanya tersembunyi saja. Coba periksa pengaturan pada aplikasi kontak di ponsel dan temukan pengaturan mengenai mana saja kontak yang diperlihatkan. Bisa jadi, kontak Anda tidak menghilang tapi hanya disembunyikan saja.

  1. Buka kontak
  2. Pilih menu pengaturan berbentuk icon gerigi pada pojok kanan atas
  3. Impor/Ekspor kontak
  4. Impor dari Memori
  5. Pilih Ponsel atau Google
  6. Tandai semua nomor kontak yang berkestensi .vcf
  7. Impor
  8. Selesai

Cara Mengembalikan Kontak Yang Hilang Melalui Pengaturan

4. Selalu Rajin Lakukan Backup

Sebagai langkah pencegahan, selalu rajin lakukan backup kontak Anda. Backup melalui akun online kadang juga tidak cukup. Anda bisa melakukan backup manual untuk menyimpan kontak Anda langsung di memori telpon. Biasanya, backup tersebut memiliki ekstensi file .vcf dan bisa dibuka kapan saja.

Bagaimana? Cukup lengkap bukan cara mengembalikan kontak di ponsel? Anda juga bisa menerapkan cara-cara tersebut sebelum memutuskan untuk benar-benar melakukan reset pada ponsel.

Jika cara di atas tidak bisa berhasil juga, maka Anda bisa minta ulang lagi kontak pada kolega atau rekanan Anda sebagai cara mengembalikan kontak yang hilang paling akhir.