Cara Menghapus Akun Bukalapak

Marketplace adalah salah satu alternatif terbaik yang bisa anda gunakan untuk berbelanja online. Adanya sebuah marketplace juga menjadi salah satu bentuk kemajuan teknologi.

Salah satu marketplace yang banyak direkomendasikan adalah Bukalapak. Selain dapat memiliki akun resmi, anda juga bisa menghapus akun tersebut. Namun ada beberapa cara menghapus akun Bukalapak yang harus anda ketahui terlebih dahulu.

Cara Menghapus Akun Bukalapak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika anda bisa menggunakan Bukalapak sebagai media belanja online. Salah satu syarat utama yang wajib anda lakukan ketika akan berbelanja dengan menggunakan situs Bukalapak adalah dengan memiliki sebuah akun pribadi.

Selain dapat membuat akun, ternyata akun tersebut juga dapat anda hapus keberadaannya. Namun jika anda ingin menghapus akun tersebut. Anda juga harus mengerti terlebih dahulu cara menghapus akun Bukalapak.

Berikut ini merupakan beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk menghapus akun resmi Bukalapak.

Melalui HP

Cara Menghapus Akun Bukalapak di HP

  1. Buka aplikasi bukalapak
  2. masuk ke akun bukalapak yang ingin di hapus nantinya
  3. klik Akun, pada pojok kanan bawah
  4. Scroll lagi pilih Buka Bantuan pada tab lainnya
  5. Pengaturan Akun
  6. Permintaan Penghapusan Akun Bukalapak
  7. Geser dan scroll, temukan link warna merah
  8. Klik hapus tombol hapus disini
  9. Akan masuk ke tanya jawab syarat dan ketentuan
  10. Pilih tab pada Cara Menghapus Akun
  11. Klik tombol Hapus Akun
  12. Masukkan nama, email, alasan penghapusan dan detail masalah wajib diisi semua
  13. Klik centang
  14. Kirim

Cara Menghapus Akun Bukalapak Via HP

 

Lewat PC Laptop Desktop

  1. Buka situs resmi marketplace Bukalapak.
  2. Atau langsung lewat sini https://bukabantuan.bukalapak.com/form/1195
  3. Ketikkan Nama, Email akun bukalapak
  4. Pilih salah satu alasan penghapusan
  5. Masukkan kata atau alasan pada kolom Detail Masalah
  6. Masuk ke dalam menu “hapus akun”.
  7. Baca ketentuan yang telah muncul di dalam halaman tampilan website tersebut. Jika sudah dibaca secara keseluruhan anda bisa melanjutkan dengan memasukkan email resmi dari akun yang anda miliki. Lalu ceklist pilihan “Saya telah membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan Penghapusan Akun” dan gunakan pilihan “kirim”.

Ketika hal tersebut sudah anda lakukan. Anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu dengan melakukan unduhan formulir permohonan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk persetujuan anda terkait dengan penghapusan akun. Formulir ini harus disertai dengan materai Rp.6.000.

Melengkapi semua persyaratan yang telah ditentukan seperti foto pribadi dan foto tanda pengenal seperti SIM/Paspor/KTP.

Jika semua tahap sudah dilakukan,tahap selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menunggu persetujuan oleh pihak bukalapak.

Ketentuan Umum yang Wajib Anda Ketahui Ketika Menghapus Akun Bukalapak

Selain mengetahui bagaimana cara untuk melakukan penghapusan akun Bukalapak. Anda juga harus mengetahui berbagai macam ketentuan umum terkait dengan hal tersebut. Agar anda lebih mengerti lagi perhatikan penjelasan dibawah ini.

1. Proses penghapusan akun hanya mampu dilakukan oleh mereka yang memiliki akun resmi marketplace tersebut. Selain itu alamat email yang digunakan oleh pemilik akun memang harus dalam kondisi sama dan masih aktif.

2. Untuk melakukan proses penghapusan para pemilik akun bisa menggunakan bukabantuan dengan melakukan beberapa pengisian form yang telah disiapkan di dalam tampilan menu website tersebut.

3. Seperti yang dijelaskan pasa poin satu jika pemilik akun memiliki email yang berbeda atau email yang digunakan sudah tidak aktif. Maka proses pengahpusan akun tidak dapat diproses oleh pihak pengguna.

4. Hal penting berikutnya adalah bagi mereka yang ingin melakukan penghapusan akun namun masih memiliki beberapa tanggungan maupun saldo seperti pada BukaDompet, BukaEmas, dan beberapa pinjaman lainnya harus melakukan pelunasan ataupun pencairan terlebih dahulu.

5. Jika ingin melakukan pencarian dana saldo yang dimiliki, maka pencarian tersebut hanya mampu dilakukan pada rekening yang terdaftar dalam akun resmi pemilik tersebut.

6. Jika memang saldo yang dimiliki oleh pengguna berada dibawah nominal Rp.25.000. Maka nominal tersebut dapat dipindahkan pada akun resmi DANA.

7. Jika memang pengguna yang akan melakukan penghapusan akun masih memiliki tanggungan proses pembelian barang atau berbagai macam transaksi dalam situs resmi Bukalapak. Maka proses penghapusan akun tidak dapat dilakukan.

8. Semua bentuk kredit pada menu bukadompet yang dimiliki oleh pengguna akan hangus. Pengguna akun resmi Bukalapak yang akan melakukan penghapusan akun harus mengerti akan ketentuan tersebut.

9. Semua pemilik akun resmi Bukalapak yang akan melakukan penghapusan akun harus melakukan pengisian form permohonan yang telah disediakan. Selain itu alasan yang digunakan oleh pengguna terkait dengan penghapusan akun juga bisa dipertanggung jawabkan dan logis.

10. Semua bentuk lampiran persyaratan seperti foto pribadi dan data diri harus dilampirkan.

11. Jika memang proses penghapusan akun masih berjalan. Maka proses tersebut tidak dapat dibatalkan oleh pemilik akun.

12. Pengguna akun tersebut tidak diperbolehkan untuk melakukan semua jenis transaksi pada website Bukalapak.

13. Proses penghapusan akun dapat diproses dalam jangkauan waktu kurang lebih 3×24 jam.

Beberapa poin diatas adalah penjelasan mendasar terkait dengan ketentuan yang wajib diketahui oleh pengguna akun resmi Bukalapak. Selain itu wajib bagi mereka yang akan melakukan penghapusan akun untuk mengetahui bagaimana cara menghapus akun Bukalapak.