Cara Menghapus Explore Instagram

Media sosial sudah menjadi salah satu sarana paling penting dan banyak digunakan oleh masyarakat. Instagram merupakan salah satu platform yang paling digemari. Dengan menggunakan Instagram, Anda bisa membagikan banyak momen menarik dalam bentuk unggahan foto dengan caption.

Dalam platform media sosial Instagram, terdapat banyak sekali fitur yang menarik, salah satunya ialah fitur Explore Instagram. Dalam fitur tersebut, Anda bisa menemukan berbagai macam postingan menarik dari orang – orang yang juga memiliki akun dan menggunakan Instagram untuk bersosialisasi melalui media online.

Apa Yang Dimaksud Explore Instagram?

Explore Instagram adalah kumpulan berbagai macam rekomendasi konten, baik berupa foto maupun video yang relevan dengan konten yang Anda lihat. Algoritma Instagram akan mengindex konten yang sering Anda lihat dan memberikan sajian konten sesuai dengan minat Anda dalam halaman Explore di Instagram.

Apa Yang Muncul di Explore Instagram?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, halaman Explore di Instagram biasanya berisikan berbagai macam postingan dengan konten yang diminati oleh pengguna atau pemilik akun.

Pengumpulan data dari postingan yang disukai, kemudian komentar pada postingan tertentu, hingga riwayat pencarian dan histori yang pernah dihapus pun akan dikumpulkan oleh Instagram sebagai acuan isi Explore di akun Instagram Anda.

Apa Yang Mempengaruhi isi Explore Instagram?

Setelah mengetahui apa saja isi dari halaman Explore pada Instagram, Anda perlu tahu bahwa ada berbagai macam faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor utama ialah interaksi dan popularitas dari postingan yang muncul.

Untuk beberapa faktor yang mempengaruhi isi dari halaman Explore di Instagram ialah sebagai berikut :

  1. Aktivitas dari pengguna atau pemilik akun Instagram.
  2. Apa saja postingan yang disukai.
  3. Apa saja postingan yang disimpan.
  4. Riwayat interaksi pengguna dengan pengguna yang lain.
  5. Apa saja informasi tentang konten Reels Instagram.
  6. Apa saja informasi tentang orang dan akun yang membuat postingan.
  7. Apa saja video yang sudah pernah ditonton oleh pengguna.
  8. Apa saja foto yang pernah dilke oleh pengguna.
  9. Berdasarkan apa saja video yang dilike oleh pengguna.
  10. Dan berdasarkan akun apa saja yang diikuti oleh pengguna.

Dalam platform Instagram terdapat perhitungan dan penilaian berupa algoritma Instagram yang mana bisa mempengaruhi isi halaman Explore Instagram.

Cara Menghapus Explore Instagram

Dalam Explore Instagram, tidak semua postingan yang muncul memiliki potensi untuk Anda sukai. Ada beberapa postingan yang juga dirasa mengganggu dan tidak layak untuk berada dalam Explore. Anda bisa menghapus postingan tersebut dari halaman Explore akun Anda.

Dengan begitu Anda tidak akan lagi merasa terganggu, karena postingan tersebut atau yang serupa tidak akan kembali muncul dalam Explore Anda.

Untuk menghapusnya, Anda bisa mengikuti langkah – langkah yang ada di bawah ini! Cara yang cukup mudah dan cepat untuk menghapus postingan mengganggu di halaman Explore platform Instagram. Simak dan cobalah!

  1. Pertama, buka aplikasi Instagram yang ada di smartphone Anda.
  2. Jika sudah, akses halaman Explore. Klik icon kaca pembesar.
  3. Dan pilihlah foto atau video yang dimaksudkan.
  4. Tekan tanda “titik tiga” pada bagian kanan atas
  5. Dan pilih “Tidak Tertarik”.
  6. Dan postingan tersebut pun akan terhapus secara otomatis dari halaman Explore Anda.

Cara Menghapus Explore Instagram

 

Baca juga :

Ada beberapa penjelasan yang perlu Anda ketahui mengenai hal tersebut, simaklah ulasan berikut ini!

1. Popularitas Sebuah Postingan

Popularitas sebuah postingan ialah hal pertama yang akan diperhitungkan oleh Instagram untuk masuk ke dalam halaman Explore akun Anda. Seberapa besar popularitas dari postingan atau akun Instagram akan sangat menjadi pertimbangan.

Semakin besar popularitas sebuah postingan, maka akan semakin besar kesempatannya masuk ke halaman Explore. Dan begitu pula sebaliknya. Setiap hari ada jutaan postingan yang dibagikan oleh pengguna melalui akun Instagram yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Faktor engangement dan popularitas dari sebuah postingan akan sering muncul di halaman Explore, apalagi jika postingan tersebut atau postingan yang sejenisnya sedang menjadi trending, sudah pasti akan sangat sering Anda jumpai di Explore.

2. Follow

Selanjutnya yang akan masuk ke halaman Expolre Anda ialah berdasarkan akun apa saja yang Anda follow atau Anda ikuti. Akun – akun populer dengan niche dan topik tertentu yang sama dengan akun yang telah Anda follow sebelumnya akan mendapat kesempatan tertinggi untuk muncul di halaman Explore akun Anda.

Preferensi akun juga sangat berkaitan dalam hal ini. Instagram selalu berusaha menampilkan postingan dengan konten – konten menarik baik berupa foto maupun video yang berpotensi untuk Anda sukai sebagai pengguna Instagram.

3. Like

Selain dari segi niche dan topik akun yang Anda follow, Instagram juga memberikan kesempatan tinggi pada jenis postingan yang biasa Anda like untuk masuk dalam Explore. Misalkan Anda sangat suka dengan konten memasak atau kuliner dan banyak menyukai atau memberikan like pada postingan mengenai makanan.

Sudah pasti Explore di akun Instagram Anda akan penuh dengan postingan jenis serupa. Biasanya ada tanda “berdasarkan postingan yang Anda sukai” di Explore yang muncul.

4. Saved

Ketika Anda melihat isi Explore sering kali menemukan postingan yang menarik hati. Fitur “Simpan” atau “Borkmark” sudah disediakan oleh Instagram dan bisa Anda gunakan untuk menyimpan postingan tersebut, baik postingan foto maupun video.

Dengan Anda menggunakannya maka Anda bisa dengan mudah menemukan postingan tersebut sewaktu – waktu ketika Anda ingin melihatnya kembali.

Dari berbagai macam jenis postingan yang Anda simpan dalam akun, akan diperhitungkan oleh Instagram untuk mendapat kesempatan masuk ke halaman Explore akun Anda.

Biasanya aka nada tanda yang muncul seperti, “berdasarkan postingan yang Anda simpan” dalam postingan yang masuk di Explore Anda tersebut pada bagian bawah postingan.

Maka dari itu, semakin beragam jenis postingan yang Anda simpan dalam akun Instagram, maka akan semakin beragam pula postingan yang muncul di halaman Explore akun Anda.

5. Watched

Berbagai macam postingan, terutama yang berupa video yang pernah dan sering ditonton di Instagram akan otomatis dicatat sebagai data. Dan data tersebut akan digunakan untuk perhitungan algoritma oleh Instagram. Postingan serupa sudah pasti akan sering muncul di halaman Explore Anda karena sesuai dengan preferensi akun.

Biasanya akan ada tanda di bagian bawah postingan seperti, “berdasarkan video yang sudah Adna tonton” yang muncul di halaman Explore Instagram Anda.

Algoritma Instagram memberikan kesempatan lebih dengan menampilkan berbagai macam video serupa dengan video yang pernah Anda tonton sebelumnya ke dalam Explore. Jadi Anda tak perlu bingung, kenapa sering menjumpai postingan yang serupa.

6. Suggest

Selain dari berbagai macam hal di atas, Instagram juga sering memberikan saran postingan untuk masuk ke Explore Anda. Biasanya berupa postingan foto atau video yang banyak dilihat, disukai, hingga disimpan oleh pengguna akun Instagram.

Tanda berupa “saran Instagram” sering ada di bagian bawah postingan tersebut.

Itulah cara mudah dan cepat yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kenyamanan bersosialisasi menggunakan media Instagram. Anda haruslah mempelajari berbagai macam cara dan informasi menarik lainnya mengenai platform Instagram yang sangat populer di kalangan masyarakat ini. Agar bisa beradaptasi dan menggunakannya dengan lebih bijak.