Cara Menghilangkan Background Putih Pada Logo Di Coreldraw

Bagaimana ya cara menghilangkan warna background pada gambar, seperti background putih pada foto ataupun logo? Untuk melakukannya, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan software desain seperti Adobe Photoshop dan CorelDraw.

Dan pada kesempatan kali ini, artikel ini akan membahas cara menghilangkan background menggunakan CorelDraw, seperti background warna putih. Dengan begitu, nanti background file gambar atau logo pun akan menjadi transparan.

Mengapa harus dibuat jadi transparan? Soalnya, file logo pasti akan kamu gunakan di berbagai desain dengan warna yang berbeda-beda, kan? Kalau masih ada background putihnya, tentu hasil desain akan terlihat aneh. Sedangkan jika background-nya menjadi transparan, desain logo bisa kamu tambahkan pada desain lain dengan pas dan.

Apa Itu Background

Backhround alias BG merupakan latar belakang, yang bisa terdiri atas satu warna atau bahkan lebih. Ibaratkan saja background itu seperti gambar latar pemkalianngan.

Kenapa Masih Ada Background Putih

Ada berbagai alasan mengapa masih ada background putih pada file logo yang kamu punya. Salah satu alasannya adalah karena memang file logo tersebut memiliki background berwarna putih, bukannya transparan.

Dan alasan lainnya adalah format file penyimpanan yang keliru. Agar file logo memiliki background transparan, file tersebut perlu disimpan dalam format PNG. Tapi jika file logo sudah punya background yang transparan tapi backrgoudn-nya malah berubah jadi putih, kemungkinan besar file tersebut disimpan dalam format JPG atau JPEG.

Alasan mengapa file JPG atau JPEG tidak bisa mendukung background transparan adalah karena format file ini menggunakan color space RGB (red, green, blue). Sedangkan jika kamu ingin menyimpan file dengan background transparan, formatnya harus bisa mendukung alpha value. Contohnya PNG, yang menggunakan color space RGBA (red, green, blue, alpha value).

Bagaimana Cara Menghilangkan Background Putih pada Logo di CorelDraw

Seperti yang sudah dijanjikan, artikel berikut ini akan membahas soal cara menghilangkan background putih pada logo menggunakan CorelDraw.

Cara Memisahkan Objek dengan Background di Coreldraw

Ada dua cara yang bisa kalian coba yaitu melalui metode ini :

1. Bitmaps Colour Mask

  1. Klik gambar atau logo
  2. Lalu pilih menu Bitmaps ada di menu bar atas
  3. Klik Bitmap Colour Mask
  4. Centang pada warna atas sendiri
  5. Lalu pilih pen color selector
  6. Pilih dan arahkan background putih dekat logo yang akan dihilangkan
  7. Ubah angka 0 menjadi 50 sampai 100 hingga background putih hilang
  8. Apply
  9. Jika belum bersih bisa dengan centang warna kedua dibawah nomor empat tadi
  10. Lakukan ulang pilih warna background yang tersisia
  11. Ganti angka jadi 0-100
  12. Apply Lagi

Cara Menghilangkan Background Putih Pada Logo Di Coreldraw Bitmap Colour MAsk

2. Edit Bitmaps

Nah untuk cara yang kedua bisa memakai fitur edit bitmap, langsung saja yuk :

  1. Pilih objek / logo gambar yang akan dihapus putih putihnya
  2. Klik menu bar Bitmaps yang ada diatas
  3. Convert to Bitmap
  4. Klik lagi objek logo tadi
  5. Kembali ke menu bitmaps lalu pilih Edit Bitmap
  6. Akan terbuka jendela baru
  7. Pilih pojok segitiga pada rectangle mask tool
  8. Lalu pilih Magic Wand Mask  atau tekan tombol pada keyboard
  9. Klik pada area yang akan dihapus putih putih
  10. Tekan tombol Delete di keyboard
  11. Jika selesai klik Finishing Editing

Cara Menghilangkan Background Putih Pada Logo Di Coreldraw Edit Bitmaps

Fitur Menghapus Background Putih

Seperti halnya ada seribu jalan ke Roma, sebenarnya ada banyak cara atau fitur yang bisa kamu gunakan untuk menghapus background putih alias memisahkan objek dari background di CorelDraw. Beberapa fitur di antaranya adalah sebagai berikut.

Pen Tool

Dengan Pen Tool, kamu bisa membuat garis maupun kurva sekalipun. Apabila objek yang mau kamu pisahkan dari background memiliki bentuk organik dengan banyak lengkungan, Pen Tool bisa jadi fitur di CorelDraw yang lebih nyaman untuk kamu gunakan.

PowerTRACE

Alternatif lain yang tersedia di CorelDraw untuk menghapus background putih atau memisahkan objek dengan background adalah PowerTRACE. Seperti yang barangkali bisa kamu tebak dari namanya, fitur ini membantumu untuk tracing objek dan mempermudahmu dalam memisahkan area yang akan dihapus dengan area yang akan kamu pertahankan.

Untuk menggunakan PowerTRACE, kamu busa klik kanan dulu gambar logo yang mau kamu edit, kemudian pilih Outline Trace > High Quality Image. Atau kamu bisa buka Bitmap > Outline Trace > High Quality Image.

Corel PHOTO-PAINT

Corel PHOTO-PAINT punya fungsi yang mirip seperti Adobe Photoshop. Artinya, software ini dikhususkan untuk proses editing gambar atau foto serta pembuatan efek. Kamu bisa mengaksesnya dari CorelDraw juga.

Pertama, buka dulu gambar logo yang akan kamu edit di CorelDraw, kemudian klik Edit Bitmap pada Properties Bar. Setelah Corel PHOTO-PAINT terbuka, pilih Magic Wand tool (ada di Mask Tools group pada toolbar), atau langsung pencet shortcut W di keyboard.

Klik area background putih yang mau kamu hapus. Kalau sudah, klik Finish Editing di Properties Bar untuk menutup Corel PHOTO-PAINT dan kembali ke CorelDraw. Menariknya, transisi interface antara Corel PHOTO-PAINT dan CorelDraw punya perbedaan yang sangat minim sehingga kamu pasti tidak akan kebingungan.

Cutout Lab

Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan fitur Cutout Lab. Akan tetapi, gambar yang akan kamu garap perlu dikonversi jadi bitmap dulu (Bitmap > Convert to Bitmap). Kemudian ganti resolusi jadi 300 dpi dan klik OK.

Untuk mengeditnya, pilih menu Edit Bitmap dan tampilan workspace-mu akan berubah jadi Corel Photo-Paint di mana ada beberapa opsi tools baru yang dapat kamu gunakan. Salah satunya adalah Cutout Lab, yang ada di menu Image.

Setelah kamu mengklik Cutout Lab, tentukan Nib Size dan warnai area objek yang ingin kamu pisahkan dari background. Pada dialog box Cutout Lab, kamu bisa ganti warna pada Highlight Color untuk area yang akan dihapus, dan Fill Color untuk area yang tidak ingin kamu hapus.

Klik tombol Preview untuk meninjau dulu hasilnya sebelum finishing. Kalau sudah cocok, kamu bisa langsung klik OK. Setelah itu, file bisa kamu simpan di PC atau laptopmu, atau langsung kamu pakai dalam desain lain yang sedang kamu kerjakan.

PowerClip

PowerClip adalah cara paling gampang dan populer untuk menghapus background putih dari logo. Di sini, kamu akan menempatkan objek di dalam objek vektor dan paling cocok untuk menghapus background yang tepian objeknya yang jelas atau kontras.

Setelah kamu pilih objek yang mau kamu pisahkan dari background, pilih Object > PowerClip > Place inside a frame. Setelah itu, semua area yang tidak kamu pilih akan terhapus.

Cara Mengubah JPG ke PNG di CorelDraw

Setelah kamu sukses menghapus background putih dari gambar logo, pastikan kamu menyimpan file-nya dalam format PNG. Caranya bisa kamu simak dalam langkah-langkah berikut:

1. Klik Menu File > Export.

2. Pilih folder tempat file akan disimpan. Kemudian klik tombol Export.

3. Pada jendela yang muncul, kamu bisa atur kembali ukuran gambar.

Tapi yang paling penting adalah memastikan bahwa format file-nya sudah kamu ganti jadi PNG. Kalau sudah sesuai, klik OK.

Cara Mengubah JPG ke PNG di CorelDraw

3. File akan tersimpan dengan ekstensi .PNG dan background transparan di perangkatmu.

Baca juga :

Itu tadi rangkuman tutorial untuk menghapus background putih dari file logo. Selamat mencoba, ya!