Cara Menghilangkan Centang Biru Di WhatsApp

Siapa yang tidak mengenal aplikasi Whatsapp? Aplikasi pesan instan atau instant messenger ini telah digunakan oleh banyak orang karena cara mendaftarnya yang mudah. Aplikasi ini biasanya digunakan oleh orang-orang kantoran dan juga anak sekolahan.

Para pengguna aplikasi WhatsApp pasti sudah familiar dengan fitur centang, di mana fitur ini memungkinkan para pengguna mengetahui status pesan yang dikirimkan, apakah sudah terkirim, diterima, atau terbaca oleh si penerima pesan.

Jika centang masih satu dan berwarna abu-abu tandanya pesan tersebut telah terkirim namun penerimanya sedang tidak online sehingga pesan tersebut belum diterima. Kemudian jika centang sudah menjadi dua, tandanya pesan tersebut sudah diterima, dan jika centang sudah ada dua dan berwarna biru itu berarti pesan sudah dibaca oleh si penerima pesan.

Namun, setting centang biru WhatsApp ini dianggap menjengkelkan dan tidak disukai oleh beberapa pengguna karena dianggap mengganggu privasi mereka. Oleh karena itu sebagian orang memanfaatkan fitur lain di Whatsapp di mana centang biru bisa dihilangkan atau dinonaktifkan.

Ini berguna agar orang yang mengirimkan pesan tidak mengetahui pesannya sudah dibaca apa belum karena tanda centang tidak akan berwarna biru.

Nah, jika masih bingung bagaimana cara mematikan fitur ini, berikut ini ada cara menghilangkan centang biru di WhatsApp dengan mudah untuk smartphone Android dan iOs. Sebelum mengikuti cara ini, kamu harus tahu terlebih dahulu bahwa jika kamu menghilangkan tanda centang biru ini, kamu juga tidak bisa melihat pesanmu sudah dibaca atau belum oleh orang yang dikirimi pesan.

Cara Menghilangkan Tanda Centang Biru WhatsApp di Android

Yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan centang biru di hp Android adalah:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di handphone Android kamu
  2. Lalu, tap ikon titik tiga vertikal yang ada di bagian pojok kanan atas layar
  3. Pilih menu Settings (pengaturan/ setelan)
  4. Kemudian tekan pilihan Account (akun) yang letaknya ada di paling atas
  5. Pilih menu Privacy (privasi)
  6. Kemudian kamu akan melihat beberapa pilihan. Pilihlah pilihan ke-5 bertuliskan Read
    Receipts (laporan dibaca)
  7. Lalu tekan sekali toggle switch agar mengubahnya menjadi warna abu-abu dari warna hijau, atau kamu bisa hanya menggeser toggle switch ke kiri.
  8. Jika toggle switch sudah berubah menjadi warna abu-abu, maka setting centang biru WhatsApp sudah hilang atau non aktif.

Cara Menghilangkan Centang Biru Di WhatsApp

Cara Menghilangkan Centang Biru di WhatsApp iOS

  1. Buka aplikasi WhatsApp di perangkat iOS kamu
  2. Tap menu Setting (pengaturan/ setelan) yang ada di sudut kanan bawah layar
  3. Pilih Account (akun)
  4. Pilih pilihan Privacy (privasi)
  5. Kemudian kamu akan melihat pilihan Read Receipts (laporan dibaca) yang berada dalam keadaan On dengan berwarna hijau.

Untuk menon-aktifkannya, kamu cukup menekan toggle switch untuk bergeser ke kiri, ke posisi Off. Toggle Switch akan berubah menjadi warna putih ketika dalam keadaan Off.

Nah, itu dia cara menghilangkan centang biru di WhatsApp untuk Android dan iOS. Jika kamu ingin mengaktifkan setting centang biru WhatsApp lagi, kamu bisa ikuti langkah di atas dan cukup mengklik toggle switch atau menggeser toddle switch nya ke arah kanan.

Dengan menonaktifkan Read Receipts ini, selain orang lain tidak tahu pesan sudah dibaca atau belum, kamu juga bisa melihat Whatsapp Story orang lain tanpa perlu takut ketahuan.

Tapi, kamu juga tidak bisa tahu siapa saja orang atau kontakmu yang melihat Whatsapp Story milikmu. Jadi, sebelum menonaktifkan fitur centang biru kamu harus tahu terlebih dahulu konsekuensinya, karena fitur ini memiliki keuntungan dan kerugiannya tersendiri.

Dan perlu diingat bahwa fitur in hanya untuk percakapan antar kontak saja, tidak berlaku untuk grup, di dalam grup yang kamu bergabung, tanda centang dua biru ini masih akan terlihat saat semua anggota grup telah membaca pesanmu.

Selain itu, jika kamu menonaktifkan fitur ini di ponsel maka otomatis centang biru di Whatsapp Web juga akan mengikuti pengaturan di ponsel.
Semoga dapat bermanfaat!