Cara Menghitung Total Di Excel

Microsoft office memiliki berbagai jenis  komponen yang menjadi produk sebuah software. Salah satu komponennya adalah Microsoft Excel. Kegunaan dari Microsoft Excel ini untuk mengolah sebuah data.

Pengolahan data yang dilakukan melalui Excel selalu berbentuk numeralia atau perhitungan. Menggunakan Excel ini Anda bisa melakukan perhitungan secara otomatis. Sehingga pengolahan data yang disajikan bisa dilakukan dengan cepat. Bahkan cara menghitung total di Excel bisa menggunakan berbagai rumus.

Rumus-rumus ini ada berbagai macam. Supaya Anda bisa menggunakan rumus tersebut tentu harus mempelajarinya terlebih dahulu. Hal ini karena ada beberapa kode atau simbol yang digunakan di Excel untuk mempermudah total bila jumlahnya banyak.

Cara Menghitung Total Di Excel

Menggunakan Excel akan membantu Anda dalam menotal segala jumlah data yang ingin dikerjakan.  Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengaktifkan opsi pada total. Langkah lebih jelasnya bisa mengikuti saran di bawah ini.

  1. Pertama tabel yang dikerjakan sudah siap.
  2. Langkah selanjutnya klik blok di area mana saja pada tabel tersebut.
  3. Lalu klik ke bagian Insert > Tabel > Ok

Cara Menghitung Total Di Excel

  1. Secara otomatis akan muncul  menu Table Tools
  2. Setelah terbuka Pilih menu Table Design
  3. Centang pada Total Row
  4. Pada saat seperti ini semua data ke bawah sudah bisa dilihat jumlah secara keseluruhan.

Cara Menghitung Total Di Excel Part 2

Rumus Penjumlahan Excel Ke Bawah Antar Sel

Sebuah rumus yang digunakan untuk penjumlahan ke bawah merupakan sebuah rumus yang sering digunakan. Perhitungan data pada MS Excel ini biasanya menggunakan autofill yang berjalan secara otomatis.

  1. Referensikan alamat sel pada formula penjumlahan yang atas.
  2. Kemudian lakukan autofill pada sel tersebut lalu lakukan ke bawah.
  3. Setelah itu perhitungan otomatis ke bawah akhirnya selesai

Rumus penjumlahan ke bawah ini akan disesuaikan dengan jumlah tabel yang dibuat serta  data yang akan dikerjakan. Pastikan data yang Anda kerjakan sudah benar sehingga total data tidak akan salah.

SUM atau Rumus Jumlah Otomatis

Cara menghitung total di Excel juga bisa menggunakan SUM. Cara ini bisa digunakan untuk menghitung total secara besar yaitu antar sel dan range. Untuk itu ketahuilah sistematisnya.

Ketikkan rumus ini

=SUM(NamaKotak, B3, B4) 

Misal akan menjumlahkan semua angka di Kolom Nilai

  1. Arahkan mouse kursor ke kolom kosong
  2. Ketikkan =SUM(
  3. Pilih dan blok kotak cell seluruh angka dengan arah kebawah
  4. Nanti otomatis menjadi =SUM(E2:E7
  5. tambah simbol tutup kurung =SUM(E2:E7) lalu enter
  6. Secara otomatis sudah terhitung total

SUM atau Rumus Jumlah Otomatis

Bila Anda memiliki sebuah tabel datang yang akan dijumlah bisa dengan mengaktifkan rumus SUM yang kemudian mengeklik tabel yang akan dijumlahkan. Baik secara ke bawah atau ke samping maka jumlah akan tertera pada bagian akhir tabel.

Untuk mempermudah berilah warna yang berbeda pada kolom jumlah.

Rumus Penjumlah Excel Ke Samping

Pada rumus penjumlahan Excel ke samping sebenarnya sama halnya dengan menggunakan rumus SUM. Perbedaannya hanya penjumlahannya berada di bagian samping dari tabel.

Rumus Penjumlah Excel Ke Samping 

 

  1. Anda bisa melakukan autofill samping dan menggunakan rumus yang sudah aktif.
  2. Caranya pun sama =SUM(B2:G2)
  3. Setelah rumus SUM aktif tap tabel yang Anda inginkan dan tarik ke samping hingga kolom jumlah.
  4. Lepas tekanan dan enter maka jumlah sudah terisi.

Rumus Penjumlahan Excel Otomatis Menggunakan Tabel Pivot

Penggunaan tabel pivot sebenarnya bisa mempermudah penjumlahan dan mempercepat perhitungan. Tabel ini juga bisa mempersingkat waktu saat Anda ingin melakukan analisis data.

Untuk itu menggunakan cara menghitung total di Excel jauh lebih modern ketimbang harus menggambar secara manual. Bahkan tabel pivot ini bisa melakukan penyaringan data yang bisa dijumlahkan secara otomatis.

Baca juga :

Apa Yang Dimaksud Dengan SUM?

Pada kehidupan sehari-hari pasti membutuhkan perhitungan baik dalam jumlah kecil atau besar. Pada saat Anda melakukan perhitungan kecil bisa menggunakan kalkulator, tetapi dengan data perhitungan yang besar dan banyak bisa menggunakan MS Excel. Dalam Excel terdapat rumus  SUM.

Dengan rumus ini Anda bisa dengan mudah melakukan penjumlahan data dengan skala yang banyak.

Memang penggunaan SUM ini membutuhkan pemahaman yang jeli. Hal ini karena secara format rumus SUM sudah memiliki patokan namun tabel yang digunakan pasti berbeda. Untuk itu Anda harus paham betul konsep rumusnya.

Kalau Anda salah menuliskan rumus bisa jadi hasil perhitungan tidak akan muncul. Cara menghitung total di Excel terutama SUM ini masih sering digunakan.

Apa Fungsi Rumus SUM?

Berbicara tentang fungsi dari rumus SUM, pada dasarnya rumus ini adalah sebuah rumus sederhana yang ada di MS Excel. Namun secara manfaat banyak sekali yang bisa Anda dapatkan. Kalau Anda mulai menggunakan rumus ini tidak perlu lagi melakukan penjumlahan dengan mesin kalkulator.

Rumus SUM pada Excel akan melakukan penjumlahan data secara otomatis dengan menekan tabel 1 dan ditarik ke arah jumlah yang diinginkan. Sebelum itu, Anda harus mengaktifkan rumus supaya bisa menjumlah.

SUM biasanya digunakan untuk menjumlahkan data angka yang berada pada sebuah tabel tertentu. Fungsinya untuk menjumlah dan menambah angka yang telah disiapkan sebelumnya. Rumus SUM yang ada pada Excel memungkinkan untuk menjumlah banyak data dengan kekeliruan yang minim.

Bagaimana Cara Menjumlahkan SUM?

Cara menggunakan rumus SUM cukup mudah. Langkah awal yang harus dilakukan adalah menyiapkan data yang akan dijumlahkan. Setelah itu aktifkan rumus SUM di dalam tabel dengan mengetik tanda sama dengan dan ketik SUM menggunakan huruf kapital. Setelah itu diikuti dengan tanda kurung buka. Pada titik ini rumus SUM sudah aktif.

Setelah aktif Anda bisa melakukan penjumlah dengan memasukkan rumus pertama dengan sebutan argumen. Pilih sel yang ingin dijumlahkan dan geser sesuai batas kemudian beri tanda pemisah koma untuk menuju argumen selanjutnya.

Bila argumen sebelumnya sudah diketik lalu tutup dengan tanda kurung, terakhir enter. Jumlah sudah siap dilihat.

Langkah-langkah Menggunakan Rumus Penjumlahan di Excel bagaimana?

Cara menghitung total di Excel dalam bidang penjumlah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Untuk itu Anda perlu tahu rumus apa saja yang digunakan dan bagaimana langkah penjumlahannya.

1. Menggunakan tanda plus (+)

Pada rumus penjumlahan ini pasti lebih mudah dari yang lain. Namun harus ada langkah tertentu supaya bisa aktif dengan otomatis. Pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetik tanda sama dengan di tabel tertentu.

Selanjutnya ketik tabel yang memiliki angka ingin dijumlahkan. Selanjutnya ketik tanda plus dan tahap selanjutnya mengetik tabel angka kedua. Kalau Anda ingin menjumlah dalam deret yang banyak bisa dilakukan secara berulang.

2. Menggunakan SUM

Rumus ini sudah banyak dibahas sebelumnya, bahkan sudah ada beberapa langkah yang bisa dipelajari. Namun, cara penggunaannya  sedikit berbeda dengan tanda plus tadi. SUM bisa dibilang rumus yang sudah modern. Selain itu cara ini juga cukup mudah dan cepat.

Di atas telah dijelaskan sedikit tentang cara menghitung total di Excel yang bisa menggunakan rumus. Sehingga Anda tidak perlu repot atau kesusahan bila harus dihadapkan dengan data-data. Apalagi data ini berupa angka dan harus dianalisis sedetail mungkin supaya tidak terjadi kekacauan.