Cara Mengirim Paket Lewat Jne Bagi Pemula

Saat ini pengiriman barang melalui kurir kargo memang menjadi hal yang cukup sering dilakukan terlebih lagi saat ini pembelian barang melalui online sudah menjadi hal yang lazim untuk dilakukan. Nah, salah satu ekspedisi kurir yang cukup terkenal yakni JNE. Nah, ketahui cara mengirim paket lewat JNE bagi pemula.

Fakta Unik JNE

Sebenarnya JNE merupakan bentuk pelebaran sayap dari PT Tiki. Nah, JNE (Tiki Jalur Nugraha Ekakurir) mulai didirikan pada tahun 1990 dengan tujuan jasa pelayanan sistem kepabeanan yakni urusan impir Peka. Namun hingga saat ini JNE juga cukup baik dalam melayani pelanggan retail.

Awalnya ekspedisi JNE hanya memulai bisnis dengan 8 orang anggotanya saja akan tetapi hingga saat ini jumlah karyawan yang dimiliki oleh JNE sudah mencapai 45.000 orang yang tersebar di berbagai cabang JNE di Indonesia.

Selain itu alasan mengapa JNE memiliki banyak pengguna yakni jaringan yang dimiliki oleh JNE merupakan salah satu ekspedisi yang memiliki jaringan paling luas. Hingga saat ini ada 7000 layanan JNE yang tersebar di berbagai kota besar bahkan suda mencapai kecamatan. Layanan JNE juga menyediakan layanan 24 jam untuk kebutuhan pengiriman anda.

Cara Mengirim Paket Lewat JNE Bagi Pemula

Bagaimana cara mengirim paket lewat JNE bagi pemula? Hal paling pertama yang harus anda lakukan yakni mengetahui berapa ongkos kirim yang dibutuhkan. Anda bisa mencari tahunya lewat situs yang dimiliki oleh JNE. Bisa dikatakan bahwa ongkir yang disiapkan oleh JNE memang terhitung murah.

Nah, pertama anda bisa mengunjungi situs www.jne.co.id/id/tracking/tarif setelah itu anda bisa mengisikolom origin dengan kota asal pengiriman, lalu bagian destination dapat diisi dengan kota tujuan atau kota penerima.

Kemudian anda bisa memasukkan berat barang yang akan anda kirim di bagian weight. Setelah itu anda bisa mengecek dengan memasukkan captcha terlebih dahulu.

Cara Mengirim Paket Lewat JNE Bagi Pemula

Jangan lupa tentukan mana fitur JNE yang ingin anda pilih mulai dari JNE OKE, Reguler dan Yes. Selanjutnya, ongkos pengiriman akan muncul.

Ketahui Besaran Tarif Pengiriman

Setelah mengetahui besaran ongkos yang dibutuhkan maka langkah selanjutnya adalah pengemasan produk sebelum nantinya akan anda bawa ke JNE. Nah, anda harus mengemas produk dengan rapi terlebih dahulu.

Sebenarnya jika anda tidak ingin repot mengemas produk, anda bisa menggunakan jasa pengemasan yang disediakan oleh JNE dengan membayar biaya pengemasan.

Jika barang yang ingin anda kirim merupakan jenis barang yang mudah rusak atau mudah pecah maka lebih disarankan untuk menggunakan pengiriman yang terbuat dari kayu dan JNE pun menyediakan untuk itu.

Cara Mengirim Paket Lewat Pos

Penulisan Alamat Jelas

Hal yang cukup penting lainnya dan harus anda perhatikan yakni penulisan alamat pengirim serta penerima dengan jelas. Meskipun layanan JNE memiliki fasilitas layanan yang tersebar luas namun anda tetap harus menuliskan alamat dengan jelas agar nantinya pihak JNE tidak akan kesulitan saat akan mengirim paket.

Hal – hal yang harus ditulis dalam paket diantaranya nama, alamat pengirim serta penerima, nomor handphone yang dapat dihubungi. Setelah itu semua selesai dilakukan maka langkah selanjutnya yakni anda bisa datang ke kantor JNE terdekat untuk bisa mengirimkan barang.

Cara Mengirim Paket Lewat Jne Bagi Pemula Kantor

Jika anda belum tahu dimana kantor JNE terdekat maka anda bisa mencarinya di Google.

Baca juga : 9 Cara Praktis Cek Nomor Resi JNE Via Hp Android

Pelacakan Pengiriman

Nah, jika anda sudah selesai mengirim paket maka anda juga bisa melacak sudah sampai manakah paket yang anda kirim. Saat ini, JNE sudah memfasilitasi itu semua karena anda bisa melihat statusnya di situs yang dimiliki oleh JNE.

Status pertama, yakni on process status ini menunjukkan bahwa barang dalam tahap proses pengiriman. Received at Warehouse artinya barang sudah sampai di gudang milik JNE yang terdekat dari tempat penerimaan tujuan.

Received at Origin Gateway artinya barang sudah sampai ke gudang milik JNE di kota tujuan. On Transit artinya barang sudah transit di wilayah yang lain. Received on Destination barang anda sudah sampai di kota tujuan. Delivered yakni barang sudah sampai di alamat pengiriman yang dituju.