Cara Mengirim Paket Lewat Pos

Mengirim barang ke daerah atau kota lain memang paling mudah menggunakan bantuan dari jasa pengiriman paket. POS merupakan salah satu jasa pengiriman barang yang biasa anda gunakan. Namun sebelum itu anda juga harus mengerti bagaimana cara mengirim paket lewat POS.

Cara Mengirim Paket Lewat POS

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika POS menjadi salah satu media alternatif pengiriman paket dengan tingkat keamanan yang begitu tinggi. Namun agar anda lebih mudah dalam melakukan pengiriman barang tersebut.

Tentunya mengetahui langkah atau cara mengirim paket lewat POS adalah salah satu dasar yang wajib anda lakukan. Berikut ini adalah penjelasan akan langkah-langkah tersebut.

1. Persiapkan Barang Dan Packing Barang Tersebut

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah menyiapkan barang dan melakukan packing barang tersebut. Namun agar proses packing dapat memberikan keamanan terhadap barang yang akan anda kirimkan, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan. Berikut adalah penjelasan terkait dengan hal tersebut.

Cara Mengirim Paket Lewat Pos
Instagram @kajigarage
  • Memberi lapisan bubble wrap terhadap barang yang akan anda kirim. Hal ini dilakukan agar barang anda tetap aman meskipun terbentur dan terguncang didalam mobil pengiriman.
  • Persiapkan box dengan bahan dasar styrofoam. Selain itu anda juga dapat menambahkan lapisan storyform pada bagian dasar box.
  • Masukkan barang yang anda miliki pada bagian tengah box yang sudah disiapkan. Dan masukkan beberapa lapisan Styrofoam pada bagian yang kosong.
  • Tutup kembali box tersebut dan berikan isolasi pada seluruh bagian box agar barang tidak keluar dari box.

2. Berikan Alamat Tujuan Pada Bagian Box

Hal berikutnya yang bisa anda lakukan adalah menuliskan alamat tujuan dengan baik dan benar pada bagian box. Anda juga bisa menggunakan kertas dan menempelkannya pada bagian box yang telah anda siapkan.

Ada beberapa hal yang wajib ada di dalam penulisan alamat tersebut seperti nama, alamat lengkap yang akan dituju, no telepon pihak penerima, dan beberapa instruksi khusus perlakukan pengirim terhadap barang yang akan anda kirimkan.

3. Ketahui Biaya Pengiriman

Pada poin ketiga ini memang anda boleh melakukan maupun tak melakukannya atau bersifat fleksibel. Jika memang anda memiliki waktu luang lebih, maka tak ada salahnya untuk melakukan pengecekan terhadap harga ongkos pengiriman begitupun sebaliknya.

Anda bisa mencoba untuk memanfaatkan situs online untuk mengetahui jumlah ongkos kirim dari barang yang akan anda kirimkan. Sedangkan untuk langkah yang harus anda lakukan terbilang begitu mudah. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Buka situs online yang akan anda gunakan.
  2. Pilih menu kota, lalu pilih kabupaten, dan pilih kecamatan tempat anda akan melakukan pengiriman.
  3. Lanjutkan dengan pemilihan kota yang akan anda tuju.
  4. Lakukan pengukuran berat paket dan isikan berat tersebut pada form yang tersedia.
  5. Yang terakhir anda bisa menggunakan tombol hitung untuk mendapatkan perkiraan dana yang harus anda bayarkan.

Baca juga : 9 Cara Praktis Cek Nomor Resi JNE Via Hp Android

4. Kunjungi kantor POS terdekat

Hal terakhir yang bisa anda lakukan adalah mendatangi kantor POS terdekat di daerah tempat tinggal. Tentunya anda akan melakukan beberapa prosedur terlebih dahulu seperti penyerahan paket kepada pihak POS.

Cara Mengirim Paket Lewat Pos TErbaru
Instagram: @kantorposkarawang41300

Mendeskripsikan barang tersebut termasuk alamat yang akan dituju, dan yang terakhir anda akan melakukan pembayaran.

Kelebihan Pengiriman Paket Menggunakan Layanan POS

Diantara ekspedisi lainnya, kantor POS terbilang yang paling lama beroperasi terkait dengan pengiriman barang dan juga surat penting dari para pengguna jasa mereka. Kantor POS juga mengikuti perkembangan zaman dan juga teknologi.

Hal ini ditunjukkan dengan adanya kemudahan dalam melakukan pengecekan jam operasional kantor tersebut beserta informasi lainnya dengan menggunakan sistem online. Selain itu ada beberapa kelebihan lainnya yang akan didapatkan oleh pengguna jasa kantor POS. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Harga pengiriman yang tergolong terjangkau.
  2. Adanya pelayanan pemberitahuan kebutuhan informasi secara online.
  3. Gerai kantor POS mudah ditemukan di semua kota Negara Indonesia.
  4. Jam operasional kantor POS terbilang cukup panjang.
  5. Perhitungan pengiriman barang adalah per gram bukan per kilogram.
  6.  Memiliki jangkauan pengiriman yang begitu luas karena gerai kantor POS sudah berada di seluruh daerah Indonesia.

Memiliki cara mengirim paket lewat POS yang begitu mudah dilakukan dan juga kelebihan yang cukup menguntungkan bagi penggunanya, membuat kantor POS menjadi salah satu alternatif terbaik yang sampai saat ini masih digunakan oleh kebanyakan orang.