Cara Menjadi Host Di Zoom

Pandemi COVID-19 yang mengharuskan banyak pihak untuk menghabiskan waktunya di rumah dan menghindari untuk keluar membuat banyak aspek kehidupan menjadi berubah. Termasuk pula sistem pertemuan dengan orang lain yang saat ini lebih banyak dilakukan secara online.

Adanya kemajuan dalam teknologi informasi juga semakin mempermudah dalam melakukan pertemuan online ini. Banyak aplikasi yang menawarkan berbagai kemudahan untuk kegiatan ini, salah satunya yang banyak digunakan yaitu Zoom.

Penggunaan dari aplikasi ini juga cukup mudah untuk digunakan dan dapat dilakukan instalasi, baik di telepon genggam maupun laptop. Namun, fitur yang banyak ini membuat banyak orang juga merasa sulit untuk menggunakannya, termasuk juga mencari cara menjadi host di zoom.

Tenang saja, pada artikel kali ini akan membahas tentang cara mudah untuk menjadikan host dan co-host di zoom.

Fungsi Host dan Co-host di Zoom Meeting

Sebelum membahas terkait dengan cara menjadi host di zoom, perlu untuk mengetahui apa itu host dan co-host serta fungsinya. Dalam sebuah meeting zoom, terdapat dua peran yang cukup penting dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Selain host, cara menjadikan co-host di zoom juga cukup banyak yang mencari. Keduanya memiliki peranan yang kurang lebih sama. Host merupakan pihak yang mengadakan pertemuan dan membuat ruang pada zoom untuk pertemuan tersebut agar dapat terlaksana.

Host ini nantinya dapat menyebarkan link kepada anggota pertemuan lainnya agar mereka dapat bergabung pada waktu yang telah ditentukan.

Pada saat pertemuan sedang berjalan, baik host maupun co-host memiliki beberapa akses yang sama terhadap fitur yang ada. Keduanya dapat melakukan “approve” terhadap peserta pertemuan yang akan join pada ruangan tersebut.

Adanya fitur enable waiting room berarti menunggu host maupun co-host untuk memberikan persetujuan terhadap siapa yang dapat masuk ke ruangan. Keduanya juga dapat mematikan mikrofon dari peserta pertemuan jika dirasa dapat mengganggu kelancaran.

Dalam hal sharing screen, hanya host dan juga peserta yang menjadi co-host dapat melakukannya. Host juga dapat merekam selama pertemuan untuk keperluan arsip jika dibutuhkan.

Cara Mudah Menjadi Host di Zoom

Terdapat berbagai cara menjadi host di zoom yang mudah untuk dilakukan. Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, hanya host yang dapat membuka ruangan dari pertemuan online tersebut.

Seseorang yang membuat ruangan otomatis akan menjadi host. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat host harus mengalihkan bagian ini ke peserta lain untuk menjadi host. Berikut langkah yang dapat dilakukan:

Cara Menjadi Host Di Zoom

  1. Pastikan bahwa peserta yang ingin dijadikan host sudah bergabung dalam ruang pertemuan tersebut.
  2. Klik pada menu Participants dan nantinya akan muncul daftar dari peserta yang sedang menghadiri pertemuan tersebut.
  3. Cari peserta mana yang ingin dijadikan host pada daftar yang sudah ada.
  4. Klik pada nama peserta yang dipilih dan kemudian klik pada menu Make host.
  5. Konfirmasi pilihan dengan menekan Yes.

Cara Mudah Menjadi Co-Host di Zoom

Dalam sebuah ruangan pertemuan online menggunakan Zoom, terkadang perlu untuk meng-approve banyak peserta agar dapat masuk ke ruangan. Hal ini tentu saja akan memakan waktu yang cukup lama jika dilakukan oleh satu orang saja.

Apalagi pihak yang dapat melakukan ini hanya orang yang menjadi host pada meeting tersebut. Maka dari itu, membuat beberapa peserta lain untuk menjadi co-host dapat membantu tugas dari host ini agar lebih mudah.

Berikut ini merupakan cara menjadikan co-host di zoom yang dapat dengan mudah dilakukan oleh seorang host:

Cara Ganti Menjadi Host Di Zoom

  1. Buka Setting pada akun zoom yang digunakan host dan cari menu Co-host.
  2. Aktifkan fitur tersebut.
  3. Setelah fitur co-host diaktifkan, pilih menu Manage Participants pada layar zoom yang biasanya berada di sebelah bawah.
  4. Cari nama peserta yang ingin dijadikan co-host dan klik More.
  5. Nantinya akan muncul banyak opsi dan pilih Make Co-Host.
  6. Konfirmasi dengan klik Yes pada menu yang muncul.
  7. Cari nama peserta pada daftar Participants tadi dan pastikan di sebelahnya sudah tertera (Co-host).

Baca juga : Cara Join Meeting Di Zoom

Cukup mudah bukan untuk menggunakan cara menjadi host di zoom dan juga co-host? Fitur pada zoom ini memang perlu untuk dipelajari agar lebih handal dalam menggunakannya. Semoga pertemuan online yang akan dilakukan dapat berjalan dengan lancar.