Cara Mereset HP Asus

Merek Asus menjadi salah satu handphone yang cukup banyak penggunanya mengingat ini merupakan merk yang cukup tua keberadaannya. Sebelum booming merek kompetitor baru dari negara Korea dan China, merk ini sempat menjadi primadona para pengguna android dengan seri Zenfone-nya.

User experience yang mudah serta berbagai kelebihan terutama pada kameranya, menjadikan merk ini cukup laris di pasaran.

Melihat dari banyaknya pengguna HP Asus, tidak jarang beberapa orang mengalami berbagai macam kendala. Bisa Jadi karena serangan virus, performa hp yang menurun, atau bahkan ketika ingin menjual kembali hp bekas.

Salah satu langkah yang perlu dilakukan saat service atau perbaikan adalah dengan mereset HP. Beberapa orang masih mengalami kesulitan saat mencoba cara mereset HP Asus.

Lalu, bagaimana caranya? Tentu saja artikel kali ini akan membahas secara jelas tentang cara mereset HP Asus. Namun, sebelum melakukan reset, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Mari simak lebih!

Daftar Isi

Backup Data

Hal yang perlu dipersiapkan pertama kali sebelum anda melakukan reset adalah backup data. Backup data sangat penting dilakukan apabila anda tidak ingin kehilangan berbagai macam file atau data yang ada di dalam HP yang akan direset.

Backup data ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu manual dan otomatis.

1. Cara backup manual dilakukan dengan memindahkan data-data ke perangkat lain.

Pemindahan ini biasanya melalui hardware pemindah data semacam hardisk atau sejenisnya. Cara backup satu ini memang tergolong sangat mudah. Namun, disisi lain anda perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk memiliki hardware pemindah data tersebut yang notabene memiliki harga cukup mahal.

2. Cara yang kedua dapat ditempuh dengan backup otomatis. Pada HP Asus biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas backup otomatis yang disimpan pada google drive.

Anda hanya perlu mensinkronkan perangkat anda dengan google account. Jangan khawatir! Meskipun perangkat belum tersinkron, anda masih bisa melakukan backup data ke drive dengan cara upload manual ke akun penyimpanan drive anda.

Langkah-Langkah Mereset HP Asus

Setelah melakukan backup data, selanjutnya anda dapat langsung reset HP Asus. Untuk melakukan hal tersebut, Anda dianjurkan untuk melakukan factory reset. Lalu, apa factory reset itu? Factory reset merupakan mengubah atau mengembalikan setelan HP seperti kondisi pada awal HP digunakan.

Tentu saja ini akan mengembalikan performa HP meskipun tidak semaksimal pada saat awal dibeli.
Untuk melakukan factory reset, mari simak langkah-langkah mereset HP Asus berikut ini :

Lewat Tombol

Cara ini bisa dilakukan dengan menekan kedua tombol kombinasi secara bersamaan :

Cara Mereset HP Asus Melalui Tombol Volume Up dan Power

  1. Tekan Volume Up
  2. Tekan Tombol Power ON/OFF
  3. Lakukan secara bersamaan hingga bergetar, sehingga bisa masuk ke Mode Fastboot
  4. Pilih “Recovery Mode” untuk mengarahkan bisa menekan volume up/down
  5. Sedangkan untuk memilih select tekan tombol power
  6. Wipe data/factory reset
  7. Yes
  8. pilih Reboot system now, dan tekan tombol power untuk memilih

Cara Mereset HP Asus

Melalui Pengaturan

  1. Pertama, pergi ke menu pengaturan atau “Setelan” terlebih dahulu.
  2. Setelah itu pilih bagian “Sistem”.
  3. Kemudian tap pada “Opsi setel ulang”.
  4. Selanjutnya, tap pada opsi “Reset ke setelan pabrik”
  5. Setelah anda memilih opsi reset ke setelan pabrik, maka akan muncul sebuah peringatan tentang penghapusan data. Apabila anda benar-benar yakin ingin melanjutkan maka pilih “Reset Ponsel”, lalu pilih “Ya”.
  6. Reset HP telah dilakukan. Anda perlu menunggu hingga proses selesai.
  7. Setelah selesai melakukan reset, maka HP akan otomatis restart kembali.
  8. Untuk waktu yang dibutuhkan biasanya tidak terlalu lama. Anda tidak perlu khawatir, tidak sampai memakan waktu yang hingga berjam-jam.
  9. Setelah HP kembali restart, maka kondisi HP anda sudah kembali ke reset semula seperti saat baru pertama memakainya.

Untuk langkah selanjutnya sangat opsional disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Apabila anda masih ingin menggunakan HP kembali, maka hal yang perlu dilakukan adalah mengatur ulang ponsel baik sistem maupun keamanan.

Selain itu anda perlu mengaitkan ponsel dengan akun google dan mengembalikan back up data yang semula telah disiapkan. Sejatinya HP Asus sudah dilengkapi dengan fitur recovery mode.

Fitur ini memudahkan kita pada saat melakukan reset dan mampu menyimpan data-data yang ada di partisi HP. Selain digunakan untuk membantu reset HP, fitur ini juga biasanya digunakan dalam melakukan root HP.

Itulah cara mereset HP Asus yang cukup mudah. Semoga informasi dalam artikel ini dapat membantu anda khususnya pengguna HP Asus.