Cara Unreg Nomor Telkomsel

Saat Anda ingin mengganti nomor Telkomsel yang telah digunakan dengan nomor yang baru, maka Anda harus meng unregnya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mengaktifkan nomor lain yang akan digunakan. Selain itu tujuannya adalah agar tidak ada kegandaan data diri Anda.

Selain itu unreg nomor telkomsel harus dilakukan karena beberapa hal seperti unreg nomor telkomsel karena Hilang, unreg nomor telkomsel karena mati, dan karena kebutuhan lainnya.

Selain itu, untuk mengaktifkan nomor pada SIM card yang baru, pelanggan harus melakukan registrasi terlebih dulu dengan cara mendaftarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK). Hal ini telah diatur oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Sebenarnya bukan hal yang sulit dan rumit, cara unreg nomor telkomsel ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja untuk menjalankannya. Setiap operator seluler selalu memiliki langkah dan caranya masing masing, salah satunya adalah operator Telkomsel.

Untuk menjalankan cara unreg nomor telkomsel ini bisa dilakukan melalui beberapa metode diantaranya adalah:

Melalui Fitur SMS

Cara pertama unreg nomor telkomsel yang hilang atau rusak, atau sudah tidak dipakai lagi bisa dengan melalui cara SMS. Anda hanya perlu mengirimkan sebuah SMS ke nomor 4444 saja dan nomor telkomsel lama yang sudah tidak dipakai tersebut otomatis sudah tidak aktif lagi.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP), disini yang dibutuhkan adalah NIK

  1. Bukalah fitur SMS yang ada di Hp Anda
  2. Selanjutnya ketikan UNREG#NIK. Sebagai Contoh: UNREG#1234567890
  3. Dan langkah terakhir adalah mengirimkan SMS tadi kepada nomor 4444.

Cara Unreg Nomor Telkomsel via SMS

Setelah pesan berhasil dikirimkan, beberapa saat kemudian Anda akan langsung menerima pesan balasan dari pihak telkomsel. Biasanya, pesan yang diterima tersebut berisi pesan bahwa nomor yang Anda gunakan tadi sudah di unreg.

Dengan demikian data Anda akan aman dan Anda tidak perlu khawatir akan ada orang tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan nomor telkomsel tersebut. Semua data yang ada di dalamnya pun akan terhapus secara otomatis tanpa tersisa.

Menggunakan Fitur Telepon

Cara unreg nomor telkomsel yang hilang ataupun rusak selanjutnya selain menggunakan SMS adalah dengan memanfaatkan fitur panggilan di smartphone atau dengan telepon. Untuk langkah dan cara yang bisa Anda ikuti adalah sebagai berikut:

1 Langkah yang pertama adalah langsung saja membuka menu panggilan di telepon Anda
Kemudian silahkan ketikan *444# di layar ponsel

2 Setelah itu akan muncul tiga pilihan layanan kartu telkomsel yang terdiri dari pilihan registrasi, cek status registrasi, dan unreg.

3 Setelah mendapatkannya, Anda bisa langsung memilih pilihan nomor tiga yang berisikan kata unreg

4 langkah selanjutnya adalah dengan mengisikan 16 digit NIK yang Anda gunakan untuk mendaftar atau melakukan proses registrasi di awal penggunaan nomor telkomsel tersebut

5 Jika semua langkah sudah diikuti dengan benar, Anda tinggal mengirimkannya dan kemudian tunggu hingga ada popup atau informasi yang muncul setelahnya.

Cara Unreg Nomor Telkomsel Via Telepon USSD

Disana akan tertulis jika Anda telah berhasil melakukan unreg dan kartu telkomsel Anda telah berhasil dibersihkan data-datanya.

Yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan proses unreg nomor melalui cara ini adalah, bahwa NIK yang dimasukkan harus sesuai dengan yang ada di KTP dan KK. Jika tidak, maka prosesnya bisa gagal.

Selain itu jaringan yang Anda gunakan harus stabil. Karena banyak permasalahan kegagalan unreg nomor telkomsel yang disebabkan karena jaringan tidak stabil. Jika ini terjadi mungkin Anda bisa mengulangi prosesnya dari awal lagi.

Melalui My Grapari

Selain dua cara di atas, Anda juga bisa datang langsung ke gerai Grapari terdekat. Disana Anda bisa memanfaatkan mesin MyGrapari yang sudah disediakan pihak gerai Grapari untuk melakukan proses unreg nomor Telkomsel yang hilang ataupun rusak.

Cara Unreg Nomor Telkomsel Via Grapari

Namun sebelumnya Anda harus mempersiapkan bukti identitas diri yang berupa E-KTP, KK, serta 2 nomor telepon yang pernah dihubungi dalam satu bulan terakhir. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih menu “Pelanggan Telkomsel” yang ada pada mesin MyGrapari
  2. Kemudian tekan menu “Kartu SIM Hilang/Rusak”.
  3. Lantas masukkan nomor Telkomsel yang ingin diganti karena hilang atau rusak.
  4. Ketikkan nomor E-KTP dan Nomor KK sebagai proses validasi data pelanggan.
  5. Tunggu hingga semua prosesnya selesai. Jika sudah selesai maka mesin MyGrapari akan mengeluarkan SIM card yang baru dengan nomor yang sama dengan yang rusak atau hilang

Itulah cara unreg nomor hp Telkomsel yang bisa Anda terapkan. Unreg ini dilakukan agar tidak ada data ganda yang tersimpan di Dinas Pencatatan Sipil saat ingin mengganti nomor dengan nomor yang baru.

Selain itu juga bermanfaat agar data yang ada di dalamnya tidak disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.