Pemasangan Baru Listrik Online

PT PLN (Persero) terus meningkatkan dan memberikan pelayan terbaik dalam menyediakan pasokan listrik untuk seluruh wilayah Indonesia dari Merauke, Provinsi Papua Barat hingga Sabang, Provinsi Aceh.

Salah satu pelayanan terbarunya adalah pemasangan baru listrik online, sehingga dapat diakses dari mana saja tanpa perlu lagi harus datang ke kantor PLN. Dengan begitu Perusahaan Listrik Negara semakin memudahkan pelanggan untuk mendapatkan fasilitasnya.

Listrik sebagai kebutuhan utama untuk rumah tangga agar dapat menjalankan kegiatan sehari – hari tanpa kendala, karena tanpa adanya listrik seluruh peralatan elektronik tidak akan berfungsi serta dapat menimbul dampak buruk untuk aktivitas sehari – hari.

Agar lebih mengerti mengenai pelayanan PLN yang semakin menjanjikan, simak ulasan berikut ini.

Pelayan Utama PLN Online

Sejak berganti status menjadi Persero yang dinaungi oleh Kementerian BUMN, PLN terus mengalami perkembangan yang semakin baik dari waktu ke waktu.

Bahkan hingga kini PLN senantiasa berusaha meningkatkan kualitas pelayan mereka, untuk mempermudah dalam pelayanan PLN menyediakan layanan online.

Dengan program PLN Online tiap rumah mempunyai listrik bisa langsung mendaftarkan pengadaan listrik mudah dan cepat secara online.

Cara Daftar Pemasangan Baru Listrik Online

Salah satu peningkatan pelayanan dari PLN adalah layanan online, dimana setiap rumah tangga dapat mengajukan penyediaan layanan listrik hingga meningkatkan daya listrik yang digunakan untuk berbagai keperluan.

Berikut ini adalah cara pengajuan pemasangan baru listrik online dari PLN.

1. Buka website resmi PLN di https://layanan.pln.co.id dari browser hp maupun dari browser komputer.

Pemasangan Baru Listrik Online

2. Masuk pada menu Permohonan Pasang Baru, dimana akan muncul halaman syarat & ketentuan yang harus disetujui oleh calon pelanggan.

Pemasangan Baru Listrik Online #2

3. Mengisi formulir untuk data pelanggan serta data pemohon secara lengkap sesuai identitas atau data diri yang berlaku.

Pemasangan Baru Listrik Online #3

4. Selanjutnya mengisi Tarif / Daya Baru, untuk menghitung Detil Biaya.

Pemasangan Baru Listrik Online #4

5. Untuk pembayaran tarif listrik dapat dibayarkan melalui ATM atau akses pembayaran selanjutnya baik secara online maupun offline yang tersedia.

6.  Centang  pernyataan ⇒ Masukan kata kode captcha ⇒ Simpan Permohonan

Ada pun persyaratan administrasi yang harus disiapkan sebagai persyaratan dari PLN dalam pengajuan pemasangan listrik. Berikut merupakan syarat administrasi untuk calon langgan yang harus dipersiapkan.

1. Fotokopi KTP yang berlaku sebagai tanda pengguna bangunan yang sah.

2. Denah rumah untuk memudahkan anggota lapangan untuk meninjau dan survey di rumah calon pelanggan.

3. Surat kuasa dari yang bersangkutan bila permohonan pengajuan pemasangan listrik tidak secara langsung.

4. Melakukan kewajiban untuk pembayaran biaya pemasangan baru.

Biaya Pemasangan Listrik Baru PLN

Berdasarkan peraturan Menteri ESDM no. 13 dan 33 tahun 2014, terdapat 12 golongan tarif baru yang disebut sebagai tariff adjustment, yang meliputi biaya penyambungan, uang jaminan berlangganan, dan berbagai ketentuan lain yang tertera dalam peraturan tersebut.

Untuk mengetahui besaran biaya yang ditanggung calon pelanggan baru, dapat dilihat pada menu Simulasi dalam website https://layanan.pln.co.id.

Pada umumnya biaya pemasangan listrik baru PLN berkisar antara 1 – 2 juta rupiah, tergantung seberapa besar daya. Untuk setiap pemasangan awal pelanggan akan dibebankan biaya pembayaran token listrik awal serta biaya materai 6000 untuk surat perjanjian berlangganan.

Jenis Pembayaran Listrik PLN

Berlangganan listrik dari PT PLN (Persero) memiliki dua jenis pembayaran listrik PLN, yaitu pascabayar dan prabayar, dengan sistem tagihan yang berbeda.

1. Prabayar

Sistem berlangganan prabayar dianggap lebih mudah dari sistem berlangganan pascabayar, karena metode pembayaran yang digunakan adalah dengan token listrik. Prosesnya mirip beli pulsa provider untuk ponsel, token listrik harus di beli dulu agar bisa menikmati listrik.

Pelanggan dapat membeli token listrik dari minimarket, ATM, marketplace, hingga pembelian melalui dompet digital.

2. Pascabayar

Pelanggan listrik pascabayar akan membayarkan tagihan setelah menggunakan listrik selama sebulan dan dibayarkan pada bulan berikutnya.

Untuk mengetahui besaran tagihan listrik yang harus dibayarkan, hanya perlu melihat banyaknya penggunaan daya pada meteran dikalikan dengan TDL sesuai besaran daya listrik, maka dapat diketahui kisaran tagihan listrik yang harus dibayarkan.

Pelayanan PLN yang makin mudah, seperti layanan pemasangan baru listrik online yang bisa diakses dari mana saja sehingga calon pelanggan tidak perlu lagi datang ke kantor PLN. Dengan ini, PLN sendiri makin luas dalam menyediakan listrik hingga ke seluruh pelosok wilayah di Indonesia.