XAMPP Versi Lama

Apakah Anda pernah mendengar tentang aplikasi Xampp? Aplikasi tersebut lebih sering terdengar di kalangan pengembang website atau software.

Xampp versi lama cukup sering digunakan bagi yang mempelajari ilmu pembuatan website dalam langkah awal untuk menghemat biaya, karena aplikasi Xampp dapat menyimpan file website ke localhost, berikut ini beberapa penjelasan mengenai Xampp.

Apa Itu XAMPP

Mungkin Anda masih terlalu asing saat mendengar nama aplikasi Xampp, wajar saja karena aplikasi ini sering digunakan oleh para pengembang software baik pengembang pemula hingga profesional, bagi Anda yang baru ingin memperdalam ilmu pembuatan website perlu mengenal aplikasi Xampp sebagai tahapan awal akan ilmu pembuatan website.

xampp versi lama

Sederhananya Xampp merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang berbasis web server dan bersifat open source, nama Xampp sendiri adalah akronim dari beberapa software seperti beberapa diantaranya Apache; MariaDB; Perl dan PHP, Apache adalah aplikasi web server bersifat gratis yang bisa dikembangkan banyak orang, Apache biasanya digunakan untuk membuat halaman website berdasar kode program PHP yang ditulis developer.

MariaDB atau dulu lebih dikenal dengan nama MySQL merupakan aplikasi database server yang berfungsi untuk mengolah; mengedit serta menghapus sistem basis data, P pada kata Xampp selanjutnya adalah bagian dari PHP yang merupakan bahasa pemrograman berbasis web, penerapan PHP bisa membuat halaman pada website terlihat lebih dinamis.

Dan akronim huruf P selanjutnya adalah Perl yang juga merupakan bahasa pemrograman, Perl bisa dijalankan di berbagai sistem operasi dan biasanya digunakan untuk pengembangan website berbasis CMS.

Huruf X pada bagian awal kata Xampp berarti cross platform, ini artinya Xampp bisa dijalankan di sistem operasi berbeda mulai dari Linux; Mac OS serta Windows, sebagai software cross platform maka bersifat free download.

Xampp pertama kali dikembangkan oleh Apache Friends, sampai sekarang Xampp telah rilis hingga ke versi 7.3.9, Anda bisa mendapatkannya secara gratis lewat label General Public License atau dikenal dengan nama GNU.

Fitur Dan Kelebihan

Fungsi utama dari download Xampp adalah server lokal untuk penyimpanan berbagai data yang masih dalam proses pengembangan, Xampp juga memiliki fungsi lainnya seperti pengaturan halaman berbasis data pada PhpMyAdmin, dengan PhpMyAdmin Anda bisa mengedit, menghapus atau memperbarui user pada database dengan mudah.

Fungsi Xampp yang bisa Anda temukan selanjutnya adalah menguji fitur serta akses website meski tanpa adanya koneksi internet, dengan mengakses Xampp control panel Anda bisa mencoba untuk menampilkan konten pada website, bekerja secara offline sama seperti web hosting hanya saja tidak bisa diakses oleh banyak orang.

Tidak heran jika banyak mahasiswa atau pelajar yang memanfaatkan fitur dari aplikasi Xampp untuk melihat hasil desain website, hal ini sangat membantu mahasiswa atau pelajar sebelum hasil desain websitenya resmi dipublikasikan.

Laravel

Selain itu Xampp juga bisa digunakan untuk menjalankan Laravel, apa itu Laravel? Laravel merupakan framework milik PHP yang mempermudah programmer untuk mengembangkan tampilan website, Anda yang menggunakan Xampp versi lama ini tentu akan lebih bebas dalam memodifikasi kode program ataupun script, bahkan lewat Xampp Anda bisa lebih cepat dan mudah dalam membuat fitur baru.

Bagian Dalam Xampp

Dalam Xampp terdapat bagian-bagian penting yang terbagi menjadi 3 bagian berupa control panel; HTDocs dan PHPMyAdmin, apa saja perbedaan dari ketiga bagian tersebut?

1. Control Panel

akan memudahkan Anda dalam mengelola atau menjalankan fitur secara umum, pada Control Panel terdapat fitur yang bisa digunakan untuk mengatur Apache; FileZilla; Mercury: MySQL dan Tomcat.

Anda bisa mengatur setiap fitur yang terbagi dalam module tersebut lewat perintah yang terdapat pada modul, caranya dengan mencentang box pada fitur yang ingin dijalankan sehingga fitur-fitur yang tidak ingin dijalankan bisa dimatikan agar tidak memberatkan kinerja perangkat komputer, sebenarnya penerapan dari Control Panel ini sama seperti fitur Control Panel pada hosting online.

2. HTDocs

Bagian penting yang kedua adalah HTDocs yang merupakan sebuah nama folder di Xampp versi lama, HTDocs ini berfungsi untuk menyimpan file serta dokumen yang nantinya ditampilkan di website, sedangkan untuk kapasitas dari HTDocs akan menyesuaikan dengan kapasitas hardisk yang terpasang di komputer.

3. PHPMyAdmin

Dan bagian penting yang ketiga adalah PHPMyAdmin, peran dari PHPMyAdmin sama seperti web hosting pada umumnya yang mengatur proses konfigurasi MySQL, cara membuka PHPMyAdmin di Xampp yaitu dengan menuliskan alamat http://localhost/phpMyAdmin.

Perbedaan Versi Baru Dan Lama

Apakah ada perbedaan Xampp versi lama dan versi barunya? Sebenarnya perbedaan antara yang lama dan yang baru hanya terletak pada penggunaan MySQL dan PHP, proses install Xampp tergantung kebutuhan dari programmernya sendiri.

Seperti misalnya Xampp versi 5 tentu masih menggunakan MySQL dengan versinya yang lama, nantinya juga Anda akan menemukan script yang tidak lagi bisa digunakan di versi yang baru.

Karena apabila Anda masih menggunakan Xampp versi lama maka Anda MySQL dan PHP tidak bisa diaplikasikan di Xampp versi barunya, akan lebih baik jika Anda menginstall versi terbaru yang tentunya mempunyai fitur baru yang lebih membantu.

Cara Download

Bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan Xampp harus menginstalnya terlebih dahulu dimana Anda harus berkunjung ke laman resminya http://www.apachefriends.org/en/index.html

Tidak perlu khawatir saat proses mengunduh karena Anda bisa mengunduhnya secara gratis tanpa perlu ada biaya lisensi, yang perlu Anda siapkan adalah koneksi internet serta hardisk storage yang lebih dari cukup minimal menyisakan ROM 1 GB.

  1. Klik tombol dibawah tabel ini
  2. Scroll kebawah
  3. Lalu pilih salah satu versi
  4. Kemudian Unduh
  5. Tunggu hingga proses selesai
Nama AplikasiXAMPP
DeveloperApache Friends
Ukuran FileTergantung Versi
Link Download Download Versi Lama

Setelah berhasil download Xampp versi lama pastikan file sudah diekstrak agar bisa mulai ke tahap instalasi berikutnya sesuai dengan petunjuknya, atau bisa juga dengan menjalankan file installer XAMPP untuk membantu proses instalasi.

Saat melakukan instalasi maka akan muncul jendela baru yang berarti proses instalasi sedang berjalan, pada proses tersebut Anda akan menemukan pilihan bahasa berupa Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

Kemudian lanjutkan ke tahap berikutnya yaitu memilih komponen yang akan digunakan, server web berbasis CMS WordPress perlu mencentang opsi Apache; FileZilla FTP server dan MySQL, bagi Anda yang membutuhkan fitur programming languages maka perlu mencentang kedua kolom pada Program Languages yang terdiri dari PHP dan Perl, jika sudah klik tombol next.

Di tahapan selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih lokasi file direktori Xampp, gunakan saja local disk system dan pilih default lalu klik next, cukup tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai hingga bar berwarna hijau, jika sudah Anda bisa menjalankan Xampp dan mencoba untuk membuat website offline dengan menggunakan localhost.

Kesimpulan

Sebagai pengembang web pemula Anda perlu menginstall Xampp versi lama, lewat Xampp akan membantu proses belajar mengembangkan website dengan lebih mudah, setelah merasa yakin dan puas baru website bisa dipublikasikan.