Cara Mengatasi HP Lemot Oppo

HP memang menjadi salah satu gadget yang tidak bisa lepas dari keseharian, apalagi ada banyak urusan penting yang bisa diselesaikan menggunakan HP.

Namun sayangnya, HP yang sudah digunakan bertahun-tahun performanya semakin menurun, dan menjadi lemot saat Anda menggunakannya, tentunya hal ini sangat menyebalkan bukan? Maka dari itu, Anda perlu tahu cara mengatasi HP lemot OPPO yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Apa Penyebab HP Lemot?

Selain karena faktor usia yang sudah cukup lama, ternyata ada faktor lainnya yang juga menjadi penyebab HP OPPO Anda lemot saat digunakan. Meskipun Anda menggunakan HP OPPO dengan spesifikasi tinggi pun, tetap saja jika pemakaiannya tidak benar, HP Anda akan tetap lemot, beberapa penyebab HP lemot diantaranya adalah,

Terlalu Banyak Aplikasi Yang Berjalan

Jika kapasitas RAM HP Anda kecil dan tidak lebih dari 4GB, lebih baik untuk tidak membuka banyak aplikasi, karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan membuat HP Anda menjadi lemot.

Konsumsi RAM Berlebihan

HP dengan kapasitas RAM kurang dari 4 GB memang tidak bisa digunakan untuk membuka banyak aplikasi secara bersamaan, apalagi jika digunakan untuk bermain game yang bisa menghabiskan banyak RAM HP.

Memori Penyimpanan Penuh

Sistem dan aplikasi yang ada di HP Anda memerlukan ruang penyimpanan yang cukup agar bisa menyimpan data seperti cookies, cache, data login dan lainnya. Jika ruang penyimpanan tidak cukup, HP Anda akan lemot saat digunakan.

Tidak Pernah Membersihkan Cache

File cache memang sangat membantu agar aplikasi bisa berjalan dengan cepat, akan tetapi file cache yang berlebihan bisa menyebabkan memori penuh dan sistem tidak bisa berjalan dengan baik.

Penurunan Performa Smartphone

Seperti disebutkan di awal, bahwa HP OPPO yang sudah lama digunakan performanya akan semakin menurun, Apalagi HP Android rata-rata memiliki rentan usia sekitar 4-5 tahun.

Gimana Cara Mengatasi HP Lemot?

Setelah Anda mengetahui penyebab HP OPPO menjadi lemot saat digunakan, tentunya Anda perlu menemukan solusi bagaimana cara mengatasi HP lemot OPPO, Anda bisa memulainya dengan membersihkan memori internal, membersihkan file sampah, melakukan pembaruan pada sistem dan aplikasi, hingga mengembalikan HP ke setelan pabrik.

Kenapa HP Lemot dan Panas?

Sebagai alat komunikasi yang memang sering digunakan untuk berbagai hal, mulai dari mengirim pesan, telepon, menonton, main game, dan lainnya, tentu HP Anda akan dipasang banyak aplikasi, akan tetapi jika Anda terlalu banyak memasang aplikasi, HP Anda akan mudah lemot dan cepat panas.

Kenapa HP OPPO Tiba-Tiba Hang?

Terlalu banyak aplikasi yang dipasang dan memori internal yang penuh bisa membuat HP harus bekerja lebih keras, makanya tidak heran kalau HP akan mengalami hang. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu aktivitas Anda bukan?

Apa Itu Pengaturan Pabrik?

Kembali ke pengaturan pabrik bisa Anda lakukan untuk menghapus semua data yang ada di HP, termasuk aplikasi, data aplikasi, dan data lainnya, sehingga HP akan terlihat seperti baru tanpa ada aplikasi yang terinstall dan juga tidak lemot.

Cara Mengatasi HP OPPO Lemot

Ada beberapa cara untuk mengatasi HP lemot, berikut ini beberapa cara mengatasi HP lemot OPPO yang bisa Anda lakukan,

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Jika HP Anda penuh oleh aplikasi yang tidak dipakai, lebih baik langsung hapus saja beberapa aplikasi tersebut. Pasang saja aplikasi yang benar-benar Anda perlukan.

2. Hapus Cache

Anda juga bisa menghapus cache atau file sampah sementara yang menumpuk dan menjadi penyebab HP OPPO Anda lemot saat digunakan.

3. Kurangi Penggunaan Widget, Animasi Dan Tema

Agar HP Anda bisa tidak lemot lagi, lebih baik untuk mengurangi penggunaan widget, animasi, dan juga tema yang memerlukan konsumsi baterai dan RAM tinggi.

4. Restart HP Secara Berkala

Lakukan restart HP OPPO secara berkala untuk mencegah adanya bug pada aplikasi dan membersihkan cache.

5. Menghapus Cache Secara Manual

Anda bisa menghapus cache secara manual dengan membuka menu Pengaturan HP Anda, kemudian pilih Manajemen Aplikasi, lalu temukan dan pilih aplikasi yang akan dihapus cache-nya, Setelah itu tekan Penggunaan Memori > Hapus Cache, dan cache pada HP akan terhapus.

Cara Membersihkan Memori Hp Oppo - Menghapus Cache di HP Oppo

6. Jangan Terlalu Banyak Menjalankan Aplikasi

Jika Anda menggunakan HP OPPO dengan kapasitas RAM yang kecil, lebih baik untuk tidak menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan, karena akan mengganggu performa HP.

7. Tutup Aplikasi Latar Belakang Yang Tidak Terpakai

Anda juga perlu menutup aplikasi latar belakang yang sedang tidak dipakai, hal ini dilakukan untuk menghindari aplikasi yang berjalan secara bersamaan.

8. Cukup Gunakan Satu Aplikasi Antivirus

Jika Anda menggunakan aplikasi Antivirus, lebih baik hanya memasang satu aplikasi saja di HP Anda, hal ini dikarenakan aplikasi Antivirus sering melakukan pemindaian di latar belakang yang akan berdampak pada konsumsi berlebih pada baterai dan RAM.

9. Lakukan Pembaruan Sistem Dan Aplikasi

Meskipun pembaruan sistem dan aplikasi berpotensi menambahkan file pada memori internal, tetap saja Anda perlu melakukannya agar bisa dilakukan perbaikan dan peningkatan performa HP OPPO. Jika pembaruan tidak bisa dilakukan karena memori internal penuh, lebih baik pindahkan dulu data yang ada di memori internal ke memori eksternal, agar pembaruan tetap bisa dilakukan.

Cara Mengatasi HP Lemot Oppo Perbarui ColorOS

10. Perbarui ColorOS OPPO

Cara mengatasi HP lemot OPPO lainnya bisa dilakukan dengan memperbarui ColorOS, caranya adalah buka menu Pengaturan, kemudian pilih Pembaruan Perangkat Lunak, jika tersedia versi baru langsung lakukan pembaruan ColorOS menggunakan koneksi WiFi agar proses update lebih cepat.

11. Perbarui Aplikasi Terinstall

Anda juga bisa memperbarui aplikasi yang ada di HP OPPO dengan cara membuka Google Play Store, lalu masuk ke Profil pojok kanan atas dan pilih Aplikasi dan Game Saya, lalu tekan Update semua untuk memperbarui semua aplikasi, jika hanya ingin memperbarui aplikasi tertentu saja, Anda bisa memilih aplikasi yang akan di update secara manual.

Cara Mengatasi HP Lemot Oppo Perbarui Aplikasi Terinstall

12. Hapus File Berkas Yang Sudah Tidak Dibutuhkan

Jika pada HP OPPO Anda muncul notifikasi bahwa memori internal sudah penuh, maka lebih baik hapus beberapa file berkas ataupun media yang sekiranya tidak Anda butuhkan lagi, seperti dokumen, video, foto, audio dan lainnya.

13. Hapus Dan Pasang Ulang Aplikasi

HP yang lemot juga bisa disebabkan karena aplikasi yang Ada pasang, maka dari itu Anda bisa menghapus aplikasi yang sekiranya membuat lemot dan memasangnya lagi. Lihat apakah HP Anda masih lemot atau tidak.

14. Cara Kembali ke Pengaturan Awal

Untuk kembali kepengaturan awal, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan menu yang ada di Pengaturan Android. Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah membackup semua file penting terlebih dahulu ke laptop atau kartu SD.

15. Cara Reset HP OPPO ke Pengaturan Pabrik

Kemudian HP Anda bisa direset ke pengaturan pabrik dengan mengikuti cara berikut,

  • Buka menu Pengaturan pada HP
  • Pilih menu Buat Cadangan & Reset
  • Pilih menu Reset ke Data Pabrik, lalu pilih salah satu opsi berikut, yakni Reset Pengaturan Sistem, Hapus Data Aplikasi, atau Hapus Isi & Pengaturan.
  • Jika ingin HP seperti baru, sebaiknya pilih Hapus Isi & Pengaturan.

Cara Mengatasi HP Lemot Oppo Reset ke Pengaturan Pabrik

Selain itu, juga perlu :

16. Cara Pengaturan Pabrik OPPO

Anda juga bisa menggunakan fitur factory untuk mereset HP OPPO, selain melalui menu pengaturan yang ada di HP Android Anda, kembali ke pengaturan pabrik juga  bisa dilakukan dengan hard reset recovery.

17. Cara Mengembalikan Pengaturan Pabrik HP OPPO

Cara mengatasi HP lemot OPPO dengan meresetnya ke pengaturan pabrik memang cukup efektif, karena semua data bisa terhapus secara permanen. Anda bisa melakukannya dengan cara hard reset sebagai berikut,

  • Pastikan HP dalam kondisi mati
  • Kemudian tekan tombol volume down dan tombol power secara bersamaan, untuk mengakses recovery OPPO
  • Gunakan tombol power untuk memilih dan tombol volume sebagai navigasi, atau bisa menggunakan layar pada HP OPPO terbaru
  • Pilih Bahasa Inggris
  • Pilih menu Wipe Data and Cache, lalu tekan OK dan tunggu sampai selesai
  • Pilih opsi Reboot, dan tunggu sampai selesai

Itulah beberapa cara mengatasi HP lemot OPPO yang bisa Anda lakukan, pastikan untuk selalu menggunakan dan merawat HP OPPO Anda dengan baik agar bisa digunakan dalam waktu yang lama.