Cara Belajar Saham IPOT

Beberapa tahun belakangan ini masyarakat semakin melirik investasi saham. Kesadaran akan pentingnya melakukan investasi membuat masyarakat berbondong-bondong melakukan investasi saham, baik online maupun offline.

Salah satu aplikasi saham online yang sangat direkomendasikan adalah IPOT. Namun sebelum mengetahui cara belajar saham IPOT, ada baiknya Anda mengenal lebih dalam mengenai aplikasi IPOT. Yuk simak hal-hal yang perlu diketahui sebelum memutuskan menggunakan IPOT sebagai aplikasi investasi saham Anda.

Apa Itu IPOT Saham?

Di era pandemi Covid-19 dan anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing, PT Indo Premier Sekuritas memilih untuk meluncurkan sebuah terobosan baru. Pada Juni 2020 silam, mereka meluncurkan aplikasi IPOT (IndoPremier Online Technology) sebagai platform untuk melakukan investasi dan trading saham.

PT Indo Premier Sekuritas menilai keadaan pandemi yang tidak menentu membuat masyarakat semakin sadar penting sebuah investasi. Dengan kehadiran aplikasi IPOT, mereka berharap dapat semakin memudahkan masyarakat dalam berinvestasi.

Kini aplikasi IPOT menjadi salah satu aplikasi saham online yang cukup populer di kalangan masyarakat. Melalui aplikasi ini, siapa pun dapat membuka rekening investasi secara online, memberi bantuan mengenai cara belajar saham IPOT (termasuk cara berinvestasi yang baik), hingga terjun langsung dalam kegiatan investasi. Bahkan aplikasi IPOT menjadi salah satu aplikasi saham terpercaya dan banyak direkomendasikan bagi pemula.

Nah ternyata sebelum memiliki aplikasi IPOT, PT Indo Premier sudah memiliki aplikasi serupa yang disebut IPOTGO. Sama seperti IPOT, IPOTGO juga merupakan salah satu aplikasi investasi online yang dapat digunakan untuk melakukan beragam transaksi jual-beli saham.

Sekilas kedua aplikasi ini memang terlihat serupa, tapi tentu saja tetap ada perbedaan di antara keduanya. Perbedaan aplikasi IPOT dan IPOTGO antara lain:

Aplikasi IPOT memiliki tampilan yang lebih user friendly dan trendy dibandingkan IPOTGO. Aplikasi IPOT lebih praktis karena memiliki beberapa menu yang pada aplikasi IPOT GO harus dibuka secara terpisah seperti info kas, portfolio, dan order status.

Aplikasi IPOT memiliki beberapa fitur yang sebelumnya berupa beberapa aplikasi berbeda seperti IPOT FUND, IPOT Pay, IPOT Stock, IPOT Plan, IPOT News, hingga IPOT Journey.

Aplikasi IPOT memiliki fitur baru yaitu Calendar. Fitur baru ini dapat digunakan untuk mengetahui jadwal yang berhubungan dengan transaksi jual beli saham.

Cara Bermain Saham Di IPOT

Sebenarnya konsep investasi online melalui IPOT tidak jauh berbeda dengan investasi yang dilakukan secara offline. Bedanya dengan aplikasi IPOT, Anda dapat melakukan segala transaksi melalui smartphone atau PC yang Anda miliki. Hal ini tentu saja membuat fee yang dikeluarkan menjadi lebih murah.

Pemegang saham juga dapat membeli atau menjual saham dengan lebih cepat. Untuk melakukan transaksi jual beli saham menggunakan aplikasi IPOT, Anda harus memiliki rekening dana nasabah (RDN) dan rekening efek di IndoPremier Sekuritas. Jika belum punya, Anda bisa membuatnya secara online melalui aplikasi IPOT.

Untuk membuat rekening efek pun caranya cukup mudah. Anda hanya tinggal menyiapkan E-KTP dan menginstall aplikasi IPOT lalu masuk ke bagian registrasi. Anda akan diminta untuk mengisi beberapa form yang tersedia.

Setelah itu Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di aplikasi. Salah satu alasan IPOT digemari oleh banyak orang terutama pemula karena setoran awal IPOT tidak dipatok saldo minimal. Anda bisa menyetor berapapun yang Anda inginkan, jika Anda belum mau melakukan setoran pun tidak apa-apa.

Namun ketika Anda ingin membeli saham, Anda harus memastikan bahwa saldo yang Anda miliki cukup untuk membeli emiten yang Anda inginkan. Jadi jangan sampai lupa mengisi rekening Anda sebelum membeli saham, apalagi jika sebelumnya Anda tidak melakukan setoran saat membuka rekening.

Nah lama proses rekening efek dan rekening dana nasabah cukup bervariasi. Mulai dari hitungan hari hingga hitungan minggu. Namun jika proses tak kunjung selesai, Anda dapat menghubungi pihak IPOT melalui call centre atau sosial media yang dimiliki IPOT.

Anda juga dapat menghubungi pihak IPOT jika ternyata RDN IPOT tidak ada atau RDN IPOT tidak muncul meskipun proses permohonan rdn sudah selesai. Mereka akan menjelaskan apa yang terjadi terhadap RDN Anda dan membantu agar RDN Anda dapat muncul kembali.

Jika Anda sudah bisa login di aplikasi dan RDN Anda juga sudah muncul, berarti Anda sudah bisa melakukan transaksi jual beli salam melalui aplikasi IPOT yang ada di smartphone Anda.

6 Tips Lengkap Beserta Gambar Screenshot  :

Trading Saham di IPOT

Salah satu keuntungan trading saham secara online adalah prosesnya yang lebih cepat dan murah. Berikut tata cara membeli saham di aplikasi IPOT:

  1. Pastikan Anda memiliki aplikasi IPOT dan sudah memiliki rekening efek di Indo Premier Sekuritas.
  2. Buka aplikasi IPOT kemudian login ke akun yang Anda miliki.
  3. Pilih ikon ‘Stock’ untuk melihat daftar saham yang tersedia. Jika Anda tidak menemukan saham yang Anda cari, Anda bisa mengetikkan kode saham yang Anda inginkan pada smart search.
  4. Setelah menemukan saham yang dicari, Anda bisa melihat informasi saham tersebut termasuk grafik dan fundamental saham dengan cara mengklik kode saham.
  5. Jika Anda sudah merasa yakin dengan saham tersebut, Anda membeli saham dengan mengklik ikon simple buy atau fast buy, sesuai dengan keinginan Anda.
  6. Perbedaan simple buy dan fast buy di IPOT, terletak pada harga yang Anda tawarkan. Simple buy berarti Anda membeli dengan satu harga yang sama, sedangkan fast buy merupakan pembelian dengan beberapa harga sekaligus.
  7. Tak lama akan muncul tab “Simple Buy” atau “Fast Buy” tergantung pada ikon yang Anda klik. Anda bisa menentukan harga dan jumlah lot yang ingin dibeli di sini tab tersebut.
  8. Jika sudah selesai mengisi tab sesuai dengan keinginan Anda, Anda bisa langsung klik ikon “Submit”.

Cara Beli Saham Di IPOT Terbaru caramiaw

  1. Setelah itu akan muncul tab “Confirm Buy Order” untuk memastikan transaksi yang akan Anda lakukan. Jika Anda sudah benar-benar yakin, Anda bisa klik ikon “Confirm Order”.
  2. Transaksi pembelian saham Anda akan segera diproses.
  3. Selanjutnya Anda hanya tinggal menunggu apakah ada investor lain yang setuju menjual saham yang mereka miliki sesuai dengan harga jual yang sudah Anda tawarkan.
  4. Jika ada investor yang setuju maka proses pembelian saham tersebut akan berhasil.
    Saham yang sudah Anda beli tadi akan masuk ke bagian “Portfolio”. Anda bisa mengecek saham-saham yang Anda beli di bagian tersebut.

Nah itu tadi adalah cara belajar saham IPOT. Cukup mudah bukan untuk mengoperasikan aplikasi saham online yang satu ini. Itulah sebabnya banyak investor yang merasa nyaman dan memilih menggunakan IPOT sebagai platform untuk melakukan investasi.

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi, Anda bisa langsung mendownload aplikasi IPOT dan melakukan registrasi untuk mendaftar sebagai anggota IndoPremier Sekuritas.