Cara Mengecek Garansi Xiaomi

Smartphone dengan merk xiaomi memang sudah banyak diminati. Seiring berjalannya waktu penggunaan merk hp xiaomi semakin meningkat di Indonesia.

Hanya saja tidak semua produk xiaomi yang beredar di Indonesia adalah produk resmi sehingga sebelum membeli hp pastikan garansi tersebut resmi. Untuk itu penting bagi Anda mengetahui cara mengecek garansi xiaomi yang resmi.

Mengetahui Garansi Xiaomi Yang Bagus Dan Tidak

Garansi xiaomi yang bagus atau garansi resmi sangat penting dimana garansi itu bisa digunakan ketika hp xiaomi Anda mengalami masalah selama masa garansi belum habis. Selain itu garansi yang tidak resmi, biasanya tidak akan bisa menggunakan jaringan seluler yang ada di Indonesia, seperti Telkomsel, XL , Axis , dan jaringan lainnya.

Untuk garansi xiaomi yang resmi otomatis IMEI- nya sudah tercatat di kementerian perindustrian republik Indonesia.

Adapun cara yang lain untuk mengecek garansi xiaomi adalah sebagai berikut :

1. Mengecek Garansi Di Dus Book

Ini cara mudah untuk mengetahui garansi resmi atau bukan. Anda bisa memastikan di kotak kemasan tersebut tertera stiker dengan bertuliskan TAM, maka sudah pasti produk resmi.

TAM merupakan singkatan dari PT Telematika Artha Mandiri tapi ada juga yang tertulis PT Sat Nusapersada Tbk yang berlokasi di Batam, kepulauan Riau. Sedangkan untuk hp xiaomi yang garansi distributor tertera tulisan Made in China.

Cara Mengecek Garansi Xiaomi

2. Jenis Charger

Untuk charger garansi resmi xiaomi standar dua kaki, sedangkan charger xiaomi standar standar distributor berbentuk pipih dan memiliki tiga kaki.

Cara Mengklaim Garansi Xiaomi

Jika hp xiaomi Anda mengalami kerusakan segeralah melakukan klaim garansi xiaomi dengan mengunjungi langsung service center yang ada di tempat Anda tinggal. Inilah cara untuk mengklaim garansi xiaomi sebagai berikut :

  1. Anda wajib menyiapkan kartu garansi, nota pembelian, invoice asli (jika ada).
  2. Jika Anda melakukan pembelian produk hp xiaomi melalui market place, Anda bisa mengajukan permohonan melalui email untuk mengirimkan bukti nota pembelian.
  3. Apabila keperluan untuk klaim garansi sudah lengkap, Anda bisa menghubungi call center dan menjelaskan kerusakan hp xiaomi.
  4. Selanjutnya oleh pihak Xiaomi akan dibantu untuk service center sesuai dengan tempat tinggal Anda, biasanya akan diarahkan ke situs pusat layanan service MI Indonesia.
  5. Jika sudah ketemu, Anda bisa langsung datang ke service center untuk melakukan perbaikan hp xiaomi Anda.

Mengklaim garansi juga menjadi salah satu cara mengecek garansi xiaomi yang bagus. Dimana Anda bisa memanfaatkan layanan garansi dengan baik karena adanya kerusakan bukan kesengajaan tapi unsur dari produk xiaomi itu sendiri. Anda bisa melakukan klaim garansi sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Langkah Cek Garansi Xiaomi

Ada beberapa cara cek garansi xiaomi dengan mudah. Karena ada perbedaan yang menonjol diantara keduanya sehingga memudahkan Anda untuk mengetahui mana garansi xiaomi yang resmi dan garansi yang non – resmi. Inilah beberapa langkah cek garansi :

1. Mengecek IMEI Xiaomi

  • Anda masuk ke menu setting atau setelan,
  • Lalu pilih tentang ponsel atau about phone.
  • All specs.
  • Setelah itu pilihlah menu “status” dan setelahnya IMEI information.
  • Maka akan muncul dua IMEI, yaitu IMEI slot sim pertama dan kedua.

Cara Mengecek Garansi Xiaomi Via Pengaturan

2. Membuka Situs Registrasi Produk Xiaomi

Jika sudah mengetahui IMEI hp xiaomi Anda. Anda bisa langsung membuka situs registrasi produk resmi milik xiaomi melalui browser hp Anda untuk mengeceknya secara online, yaitu

  • https://imei.kemenperin.go.id/
  • https://m.buy.mi.co.id/id/registration

3. Masukkan IMEI

Masukkan nomor IMEI Anda yang akan dicek garansinya.

4. Klik Langkah Selanjutnya

Jika sudah memasukkan nomor IMEI milik dengan benar, maka langsung klik langkah selanjutnya.

5. Informasi Garansi

Jika langkah sebelumnya sudah selesai, Anda akan mendapatkan informasi tentang garansi hp xiaomi Anda, disitu akan tertulis bisa melakukan garansi atau tidak.

Itulah beberapa cara mengecek garansi xiaomi yang resmi, hal ini dilakukan agar Anda tidak mendapatkan kerugian kedepannya.

Untuk garansi yang non – resmi, Anda akan kesulitan menggunakan jaringan seluler Indonesia dan susah untuk melakukan perbaikan ketika hp mengalami kerusakan.