Cara Menyimpan Video Dari LINE Secara Mudah

Aplikasi LINE tidak hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan text dan melakukan panggilan suara dan video saja, namun Anda juga bisa mengirim pesan audio hingga video. Dengan berbagai fitur yang dimiliki aplikasi ini maka tidak mengherankan jika LINE juga menjadi salah satu aplikasi dengan pengguna yang sangat banyak, hal ini terbukti dengan jumlah unduhan aplikasi ini yang mencapai 500 juta lebih.

Meskipun begitu, sayangnya masih banyak pengguna yang belum mengetahui bagaimana cara menyimpan video yang ada pada aplikasi Line. Hal ini dikarenakan LINE tidak menyedia fitur untuk penyimpanan video secara otomatis. Lebih jelasnya, berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menyimpan video dari LINE, yaitu:

Menyimpan Video Dari LINE Di Chat Room
Cara menyimpan video dari LINE pertama ini terbilang sangat mudah, yakni:

  • Langkah pertama untuk menyimpan video dari LINE di chat room ialah dengan membuka aplikasi LINE dari menu aplikasi smartphone Anda.
  • Selanjutnya Anda bisa membuka chat room teman yang melakukan pengiriman video yang ingin disimpan. Silahkan klik dan mainkan video tersebut. Nah, ketika video ini dimainkan maka Anda bisa melihat ikon simpan pada video player LINE yang terletak pada bagian kanan bawah. Silahkan pilih ikon simpan tersebut jika Anda ingin melakukan penyimpanan videonya.
  • Setelahnya video tersebut akan secara otomatis terunduh atau terdownload. Untuk proses pengunduhan video berjalan dengan lancar, sebaiknya Anda menunggu sampai aplikasi ini selesai mengunduh video tersebut.
  • Apabila video telah berhasil disimpan maka akan keluar kontak pop up yang memberikan informasi terkait keberhasilan proses download video. Selanjutnya Anda tinggal memilih ikon OK.
  • Terakhir Anda bisa menutup aplikasi LINE dan membuka galeri smartphone untuk melihat video yang telah Anda unduh dan tersimpan di dalam galeri tersebut.

Menyimpan Video Dari LINE Di Chat Room

Atau bisa menggunakan metode ini tanpa aplikasi hanya perlu browser saja :

  1. Pilih video yang ada di timeline
  2. Klik tombol share “biasanya berbentuk tiga titik garis terhubung”
  3. Salin tautan/ copy link
  4. Buka browser misa google chrome uc browser opera dll
  5. Tempel paste ke url atas sendiri lalu pergi/enter
  6. play videonya nah ada tiga titik pojok kanan atas
  7. Download
  8. Secara otomatis akan menyimpan di galeri kalian

Menyimpan Video Dari LINE Secara Mudah

Baca Juga

Menyimpan Video Dari LINE Di Timeline
Untuk menyimpan video dari LINE di Timeline memang agak lebih banyak tahapan dibandingkan di chatroom. Meskipun begitu, cara ini juga terbilang mudah diterapkan, asalkan Anda mengikuti beberapa tahapan seperti berikut ini:

  • Bukalah aplikasi LINE yang ada pada smartphone Anda.
  • Jika aplikasi LINE sudah terbuka, maka Anda bisa menuju halaman timeline untuk memilih postingan video yang ingin Anda unduh ataupun simpan.
  • Setelahnya Anda bisa mengklik dan putar video tersebut sampai habis, lalu tutup aplikasi LINE dan buka aplikasi file manager.
  • Pada tahapan ini Anda bisa menggunakan aplikasi ES File Explorer di playstore dan membuka aplikasinya lalu pilih setting, lalu pilih windows. Setelahnya akan keluar jendela windows, nah pada jendela ini Anda bisa memilih sd card untuk bisa melihat tampilan file manager yang jauh lebih advanced.
  • Selanjutnya Anda akan diarahkan ke tampilan SDCard, lalu pilihlah folder Android. Kemudian akan keluar jendela folder Android sehingga Anda bisa memilih folder data. Pada folder data ini Anda bisa melihat beragam folder yang berisikan file dari berbagai aplikasi smartphone. Untuk menemukan video dari LINE maka Anda bisa memilih folder naver.line.android.
  • Silakan pilih folder cache, lalu akan muncul satu folder dengan nama mm. Pada tahapan ini Anda bisa melihat beberapa file video yang pernah ditonton dari aplikasi LINE. Supaya lebih detail Anda juga bisa mengubah tampilannya, dengan cara klik menu setting pilih view dan klik medium detail.
  • Kemudian Anda bisa melihat file multimedia yang sebelumnya pernah dilihat di Line, dan salah satunya file video yang ingin Anda simpan. Silakan klik Rename untuk mengubah nama file dengan akhiran “.mp4” lalu pilih Ok. Maka file tersebut akan berubah menjadi file mp4 yang dapat diputar dalam bentuk video.
  • Terakhir untuk menyimpan video, maka Anda harus terlebih dahulu memindahkan file video ke folder DCIM dengan cara klik file lalu pilih More > Move to. Pilihlah folder DCIM, lalu pilih folder LINE dan klik OK. Sehingga video tersebut akan langsung tersimpan di dalam folder LINE pada galeri smartphone Anda.

Itulah beberapa cara menyimpan video dari LINE yang bisa Anda terapkan. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat berguna dan menjadi referensi tambahan bagi Anda semua.