Menentukan Arah Kiblat Dengan Google Maps

Melakukan ibadah sholat lima waktu merupakan kewajiban bagi seluruh muslim yang ada di dunia. Sejatinya, melakukan ibadah sholat ini juga perlu untuk dilakukan dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan ketentuan yang telah diturunkan agar ibadah yang dilakukan dapat diterima oleh Allah SWT.

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dan merupakan komponen utama dalam menjalankan sholat yaitu menentukan arah kiblat yang tepat dan dengan benar. Saat ini banyak teknologi yang dapat membantu untuk menemukan kiblat dengan tepat dan akurat.

Salah satunya yaitu menentukan arah kiblat dengan Google Maps yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Apalagi jika sedang bepergian dan perlu untuk melaksanakan sholat.

Pentingnya Menentukan Arah Kiblat

Sebelum mencari cara menentukan arah kiblat dengan Google Maps, perlu untuk mengetahui seberapa penting dari mengetahui arah kiblat ini. Kiblat sendiri merupakan patokan arah yang digunakan untuk sholat agar dengan jelas menghadap ke mana.

Banyak pula yang menafsirkan bahwa kiblat ini sendiri sebagai sebuah bentuk dari adanya persatuan di antara para umat Islam. Kiblat menjadi patokan yang jelas untuk arah sholat dan digunakan oleh seluruh muslim.

Jika tidak ada kiblat, maka sholat yang dijalankan oleh setiap muslim memiliki arah yang berbeda-beda. Apalagi jika sedang sholat di masjid, maka hal ini dapat membuat sholat menjadi tidak fokus karena harus berhadapan dengan orang lain yang juga akan melaksanakan ibadah sholat.

Beberapa waktu yang lalu terdapat pergeseran akan arah kiblat. Maka dari itu, perlu untuk menggunakan teknologi yang dapat memberikan arah kiblat secara akurat agar sholat dapat lebih dilakukan dengan khusuk.

Menentukan arah kiblat dengan Google Maps ini dapat membantu ketika sedang melaksanakan perjalanan yang cukup jauh dan perlu untuk menunaikan ibadah sholat tanpa adanya masjid terdekat.

Dalam menentukan arah kiblat ini sendiri juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan begitu saja. Perlu untuk mengetahui berbagai dasarnya agar arah kiblat yang dihasilkan akurat dan sesuai dengan syariat yang ada. Maka dari itu, adanya teknologi yang dapat membantu untuk menentukan arah ini cukup penting agar arah sholat dapat akurat.

Cara Mencari Kiblat Sholat Menggunakan Google Maps

Saat ini, banyaknya teknologi seiring dengan kemajuannya dapat membantu untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Salah satunya yaitu dengan menentukan lokasi arah kiblat dengan cara menggunakan Google Maps.

Kiblat sendiri merupakan sebuah arah yang paling dekat dengan Ka’bah yang menjadi pusat peribadatan bagi para muslim yang ada di seluruh dunia. Setiap titik lokasi yang digunakan sebagai tempat melakukan sholat akan memiliki arah Ka’bah yang berbeda.

  1. Buka aplikasi Google Maps di hp kalian
  2. Pada kolom pencarian ketikkan ka’bah
  3. Pilih Ka’bah Mekkah Arab Saudi
  4. Ubah maps ke mode satelit pada menu icon ketupat
  5. Sentuh dan tahan posisikan pas tengah bangunan ka’bah
  6. Sampai muncul lagi pin merah
  7. Dibawahnya akan muncul pop up deskripsi Al Haram Mekkah 24231, Arab Saudi
  8. Ketuk pada deskripsi tersebut
  9. Pilih Ukur Jarak

Menentukan Arah Kiblat Dengan Google Maps

Pada tahap ini kalian harus melakukan zoom out perbesar sampai daratan pulau benua terlihat arahkan ke indonesia

  1. Arahkan ke titik biru atau pulau jawa
  2. Kemudian posisikan garis titik titik biru ujung lingkaran hitam ke lingkaran biru dengan sinar cahaya biru redup yang melebar
  3. Pastikan titik lingkaran hitam dan biru bertemu presisi
  4. Cahaya redup pada sinar biru lingkaran yang memudar itulah posisi hp kalian
  5. Sekarang arahkan sinar cahaya redup ke titik titik hitam
  6. Selesai

Menentukan Arah Kiblat Dengan Google Maps di HP

Qibla Finder

Maka dari itu, perlu untuk menentukan arah kiblat dengan Google Maps yang lebih akurat. Menemukannya saat ini juga dapat dilakukan dengan mudah berkat bantuan dari adanya Qibla Finder.

Selain menentukan arah kiblat dengan Google Maps, Google juga menyediakan fitur yang bernama Qibla Finder dan dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Syarat utama agar dapat menggunakan fitur ini yaitu memiliki koneksi internet yang baik. Cara menggunakannya cukup mudah seperti berikut ini:

  1. Buka tautan qiblafinder.withgoogle.com pada perangkat yang digunakan dengan menggunakan browser yang ada. Paling mudah yaitu dengan menggunakan Google Chrome.
  2. Setelah laman terbuka, biasanya akan ada opsi pada bahasa yang ingin digunakan. Sesuaikan dengan bahasa yang lebih mudah dipahami.
  3. Izinkan Chrome untuk menggunakan kamera serta lokasi yang tertaut pada GPS untuk dapat menggunakan fitur satu ini. Hal ini guna menemukan arah kiblat yang tepat dan juga akurat.
  4. Tunggu beberapa saat hingga kompas dapat bekerja dengan baik.
  5. Nantinya akan muncul arahan yang ada pada laman dan sesuaikan posisi kamera depan dengan garis biru yang tertera pada laman tersebut.
  6. Ketika berhasil biasanya akan muncul notifikasi bahwa Kiblat sudah akurat.

cara menggunakan qibla finder

Baca juga : Cara Melihat Rumah di Google Maps

Berbagai macam teknologi dapat membawa manfaat dengan baik. Menentukan arah kiblat dengan Google Maps dapat dilakukan kapan saja ketika dibutuhkan saat bepergian ke tempat yang cukup jauh. Fitur yang ada pada Google ini dapat membantu ibadah tetap dapat lancar dilakukan meskipun sedang bepergian.