Cara Membuat Kurva S Di Microsoft Excel

Pada era teknologi saat ini, salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh para pekerja atau fresh graduate adalah skill. Salah satu skill yang dapat Anda miliki saat ini adalah membuat kurva pada Microsoft Excel atau Excel.   Lantas, bagaimana cara membuat kurva  S di microsoft excel yang benar?

Saat ini Excel menjadi salah satu perangkat lunak atau software yang umum digunakan oleh semua industri. Mulai dari pendidikan sampai minyak bumi memerlukan Excel agar memudahkan mereka untuk menyelesaikan pekerjaan. Bahkan, hanya dengan ‘sekali’ klik saja Excel sudah bisa mengolah data sesuai dengan yang diinginkan.

Apa Itu Kurva ?

Dalam ilmu matematika, kurva dikenal sebagai garis lengkung atau objek yang mirip dengan garis tidak  lurus. Secara intuitif, kurva bisa saja dianggap sebagai jejak yang ditinggalkan oleh titik bergerak.

Jadi definisi kurva merupakan gambar fungsi kontinu dari sebuah interval ke ruang topologi. Dalam berbagai macam konteks, fungsi yang mendefinisikan kurva dikenal sebagai parameterization. Di mana kurva tersebut merupakan kurva parametrik.

Jika Anda sudah atau tahu bagaimana memaksimalkan penggunaan Excel, maka akan lebih mudah dalam mengolah sampai menyajikan data. Hal ini karena Excel mempunyai rumus dan fungsi yang akan memudahkan Anda untuk proyeksi, menghitung, sampai menyajikan data dengan cepat.

Salah satu industri yang banyak menggunakan Excel yaitu industri konstruksi. Industri konstruksi yang menggunakan Excel biasanya, untuk pembuatan jadwal sampai pemetaan produktivitas dari sebuah kegiatan konstruksi.

Perencanaan dan penjadwalan menjadi salah satu hal penting dalam industri konstruksi, termasuk aspek waktu, biaya, serta mutu. Jadi jika berjalan sesuai dengan rencana maka proyek konstruksi baru bisa dikatakan berhasil.

Kurva S Pengendalian ini menjadi salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh industri konstruksi. Hal ini berguna untuk melihat ketiga aspek vital dan membuat penjadwalan proyek konstruksi. Bagi Anda yang tertarik untuk bekerja di industri konstruksi, maka harus bisa memahami bagaimana cara membuat kurva  S di microsoft excel.

Definisi Kurva S

Menurut pendapat Tirumala dan Vaidya, Kurva S Excel dapat digunakan untuk memvisualisasikan hubungan antara dua variabel yang berbeda. Jadi satu variabel dapat mempengaruhi variabel lainnya dan nilai kedua dari variabel berubah karena adanya dampak ini.

Kurva S Pengendalian dikenal sebagai Kurva S karena visualisasi dari kurvanya berbentuk S. Kurva S Pengendalian ini bisa langsung digunakan hanya dalam dua jenis grafik, yakni scatter chart dan line chart.

Cara Membuat Kurva S di Microsoft Excel

Kurva S memang berperan penting dalam membangun sebuah proyek. Hal ini karena dengan menggunakan kurva S bisa mengetahui kemajuan harian dan melacak catatan sebelumnya.

Jadi Anda bisa mengetahui apa yang sudah terjadi. Adanya Kurva S Pengendalian, membuat seseorang bisa melihat kesimpulan lengkap mulai dari berapa banyak penjualan dalam periode, berapa banyak keuntungan, sampai kemajuan dari tahun ke tahun dengan membandingkannya tahun sebelumnya.

Dalam membuat sebuah Kurva S, satu hal yang harus Anda ingat yaitu waktu. Kurva S harus mempunyai periode waktu hanya dalam satu sumbu atau axis, jadi bisa langsung dibandingkan selama periode waktu dengan mudah.

Dalam membuat sebuah Kurva S Pengendalian, Anda harus mempersiapkan beberapa data yakni Bar Chart dan Time Schedule. Time Schedule merupakan sebuah rencana pengalokasian waktu dari masing-masing aktivitas konstruksi.

Sedangkan, Bar Chart merupakan sebuah diagram pelaksanaan proyek agar menentukan berapa lama waktu yang diperlukan dalam menyelesaikan aktivitas konstruksi pada sebuah proyek konstruksi.

Apabila kedua data ini telah siap, Anda dapat melangkah ke tahap selanjutnya. Di bawah ini cara membuat kurva  S di microsoft excel yang tepat.

1 Pertama, login ke Microsoft Excel.

2 Pada Sheet baru,

Maka langsung isikan waktu (bisa berupa tahun, bulan, dan lainnya) dan angka yang ingin Anda lihat perkembangannya di sisi kanan kolom waktu.

3 Selanjutnya, Anda bisa blok atau select kolom No dan Nilai.

Cara Membuat Kurva S Di Microsoft Excel caramiaw

4 Sementara itu, ketuk menu “Insert” dan klik “Recomended Charts” lalu “All Chart

4 Klik “X Y (Scatter)” dan OK

Kurva S bisa saja muncul pada Sheet. Apalagi dalam pembuatan Kurva S, prosesnya jauh lebih rumit atau sederhana dari yang sudah dijelaskan. Hal ini karena menyesuaikan data yang ingin diproses.

Cara Membuat Kurva S Di Microsoft Excel

Untuk mengubah bakground menjadi transparan pada kurva S bisa dengan klik kanan pada chart line dan pilih Fill > No Fill

Baca juga :

Penggunaan Kurva S Pada Excel

Penggunaan dari Kurva S bisa membantu Anda untuk menyajikan data terlibat lebih mudah dan dimengerti prosesnya cepat. Sementara itu, kegunaan lain dari cara membuat kurva  S di microsoft excel antara lain:

  • Kurva S bisa menjadi salah satu alat manajemen proyek yang penting dan bisa digunakan oleh siapa saja. Hal ini karena sudah tersedia pada Microsoft Excel.
  • Kurva S bisa langsung digunakan terutama pada data yang berhubungan erat dengan waktu. Kurva S bisa langsung membantu usernya agar menganalisis data pada rentang periode tertentu.
  • Jika dilihat dari pemodelan data keuangan dan arus kas, maka Kurva S juga bisa digunakan secara luas. Bahkan, bisa berguna untuk melihat pemetaan akun keuangan, progress keuangan, sampai perbandingan anggaran.
  • Kurva S juga bisa digunakan sebagai pembangunan proyek dan memproyeksi sebuah model.
  • Kurva S bisa digunakan tidak hanya untuk nilai kualitatif, atau kuantitatif.

Bagi Anda yang ingin menggabungkan dua data, maka Kurva S bisa digunakan sebagai kurva sumbu ganda. Di mana kurva S bisa dikombinasikan dengan grafik lainnya.

Melalui adanya scatter graph dan line graph, Kurva S bisa berfungsi untuk berbagai jenis tujuan. Namun, apabila Anda mempunyai rasa ingin tahu yang lebih tinggi, maka bisa menghitung Kurva S secara manual.

Namun, Excel saat ini sudah mempermudah hal tersebut sehingga Anda bisa mengetahui cara membuat kurva  S di microsoft excel hanya dengan mengklik saja. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara manualnya, maka harus mengambil titik sumbu X dan sumbu Y dari plot.

Manfaat Kurva S

Sebelumnya telah dijelaskan terkait penggunaan kurva S yang bisa Anda ketahui. Berikut ini sudah ada beberapa manfaat yang bisa Anda jika mengetahui cara membuat kurva  S di microsoft excel.

  • Sebagai bentuk informasi untuk dapat mengontrol pelaksanaan sebuah proyek. Caranya dengan membandingkan deviasi antara kurva rencana dan kurva realisasi.
  • Sebagai salah satu informasi yang berguna untuk mengambil keputusan berdasarkan perubahan kurva realisasi terhadap kurva rencana. Perubahan ini nantinya akan berbentuk prosentase pekerjaan yang jauh lebih cepat atau lebih lambat dari waktu yang telah ditentukan. Jadi Anda bisa menyelesaikan proyek dengan cepat.
  • Sebagai informasi untuk mengetahui kapan waktu yang tepat dalam melakukan tagihan kepada owner maupun pembayaran kepada supplier.

Itu saja informasi yang dapat disampaikan terkait cara membuat kurva  S di microsoft excel. Semoga dari informasi ini bisa memberikan manfaat bagi Anda semua yang ingin mengetahui kurva S.