Cara Cek Saldo EToll

Sekarang setiap kendaran yang ingin melewati jalan tol diwajibkan untuk melakukan pembayaran non tunai. Pembayaran ini memanfaatkan e-money atau dalam fungsi ini disebut juga e-money.

Namun kadang pengendara merasa ragu apa saldonya cukup untuk membayar biaya tol dan tidak tahu bagaimana cara cek saldo etoll yang tersisa dalam kartunya. Cara yang paling mudah untuk mengecek saldo adalah menggunakan fitur NFC di smartphone.

Namun cara cek saldo e-toll di HP ini tidak bisa dilakukan semua orang. Karena mungkin saja smartphone seseorang tidak memiliki fitur NFC sehingga tidak mungkin melakukannya.

Berikut ini adalah cara lain untuk cek saldo e-Toll tidak masalah sekalipun smartphone tidak punya fitur NFC.

1. Menggunakan Fitur E-Money yang Ada di ATM

Sudah banyak ATM yang sudah dilengkapi dengan e-money atau e-toll Reader. Pengendara bisa memanfaatkannya untuk mengecek saldo maupun mengisi ulang saldo e-toll.

1 Caranya pengendara tinggal menghampiri mesin ATM yang sesuai dengan bank yang mengeluarkan e-toll pengendara.

2 Kemudian tempelkan e-toll pada reader kartu.

Cara Cek Saldo EToll

3 Tekan tombol Accept

3 Mandiri E-Money

3 Informasi Saldo, untuk melihat saldo saja tanpa print

3 Update Saldo, mendapatkan struk print kertas dan saldo awal akhir.

3 Maka jumlah saldo yang ada di dalam kartu akan tertera di layar.

4 Pengendara tidak perlu memasukkan kartu ATM jika hanya sekedar cek saldo e-Toll di ATM .

5 Namun jika pengguna ingin mengisi ulang saldo kartu e-toll harus memasukkan kartu ATM lebih dahulu.

6 Karena saldo yang ada di dalam kartu ATM akan menjadi saldo sumber untuk mengisi saldo kartu e-toll.

2. Melalui Website Astra Tol

Bisa langsung melalui HP dan terkoneksi ke internet online, ini dia langkahnya :

  1. Buka browser misal google chrome
  2. Ketikkan di kotak pencarian Astra Tol
  3. Atau langsung mengunjungi situs ini https://astratol.co.id/
  4. Scroll kebawah
  5. Isikan nomor kartu dan sesuaikan tanggal terakhir ketika dipakai
  6. Cari Struk
  7. Centang yang atas sendiri
  8. Download
  9. Otomatis ada struk file pdf akan tampil dan terlihat sisa saldo

Cara Cek Saldo EToll Melalui Astra Tol

3. Mengecek Saldo di Minimarket

Tidak hanya mengisi saldo, pengendara juga meminta pihak kasir di Minimarket untuk mengecekan saldo e-Toll. Minimarket memiliki mesin EDC yang bisa mengecek saldo kartu e-Toll, pengendara tidak perlu sungkan untuk meminta tolong cek saldo di minimarket. Walaupun tidak ingin menambah atau mengisi saldo lagi di Minimarket.

Tenang saja, karena untuk cek saldo ini pengendara tidak akan dikenakan biaya. Tidak seperti ketika isi ulang di mana pengendara dikenakan biaya admin sebesar Rp1000 sampai Rp2000.

4. Hubungkan Dengan Internet Banking

Bagi pengendara yang memiliki internet banking, ada cara cek saldo e-money yang mudah dengan cara menghubungkannya dengan internet bankin. Biasanya aplikasi ini memiliki fitur tersendiri untuk mengatur dan menampilkan informasi mengenai kartu e-money.

Tinggal daftarkan e-money pada aplikasi banking yang terpasang di smartphone. Biasanya cara mendaftarkannya dengan memasukkan 16 digit nomor yang ada pada kartu e-toll.

Cukup sekali saja hubungkan kartu dengan aplikasi, maka aplikasi akan terus memantau saldo kartu e-toll. Pengguna bahkan dapat mengetahui sisa saldo dan riwayat pengisian ulang pada kartu setelah mendaftarkannya pada aplikasi internet banking.

5. Cek Saldo di Bank Penerbit Kartu

Jika pengendara sedang berada dekat dengan kantor cabang Bank Penerbit kartu e-toll. Tidak ada salahnya untuk mampir sebentar dan mengecek saldo di kantor bank penerbit kartu e-toll.

Karena memang setiap kantor cabang sudah bekerja sama sebagai jaringan untuk menunjang kartu e-money ini. Pada kantor cabang ini juga pengendara bisa melakukan pengisian saldo, atau mengurus kartu baru jika kartu yang dimiliki rusak.

Mengecek saldo di bank penerbit kartu, pengendara akan diarahkan pada customer service. Namun karena bercampur dengan antrian nasabah yang lain. Ada kemungkinan cek saldo di Bank penerbit ini akan lebih lama dibandingkan dengan cara yang lain.

6. Melihat Saldo Ketika Melakukan Transaksi

Cara cek saldo etoll yang terakhir adalah melihat saldo ketika melakukan transaksi. Ketika membayar biaya masuk tol, sisa saldo yang ada di dalam kartu akan muncul di layar yang tersedia pada gerbang tol.

Jadi pengendara tidak perlu repot-repot memperkirakan sisa saldo yang ada di dalam kartu e-toll. Namun dengan cara ini pengendara harus terus mengingat-ingat sisa saldo yang tertera. Ada lebih baiknya untuk mencatatnya secara berkala agar pengendara tahu kapan harus mengisi ulang saldo.

Itulah cara cek saldo eToll yang bisa dilakukan oleh pengendara. Sekalipun pengendara tidak memiliki smartphone dengan fitur NFC. Masih banyak alternatif bagi pengendara mengecek saldo kartu etoll. Cara yang tersediapun tidak kalah mudah dengan cara mengecek saldo dengan NFC.