Cara Membuat Gradasi Warna Di CorelDraw

Perlu diketahui khususnya bagi orang-orang tertentu seperti desainer, bahwa aplikasi seperti Corel Draw bisa dimanfaatkan untuk menciptakan sebuah efek-efek pada gambar.

Karena, Coreldraw memang aplikasi editor gambar yang cukup memberikan hasil yang memuaskan. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah cara membuat gradasi warna di coreldraw.

Apa Itu Gradasi Warna

Mungkin sering mendengar istilah gradasi warna tapi tidak bisa menjelaskan apa pengertiannya. Gradasi warna banyak dimanfaatkan sebagai bentuk seni dari pewarnaan objek pada sebuah gambar.

Pengertian gradasi warna sendiri adalah pembentukan corak warna yang mengalami perkembangan menjadi dua warna atau lebih sehingga menciptakan sebuah tingkatan warna.

Teknik gradasi warna bisa dilakukan secara digital bukan manual, dengan memanfaatkan sebuah aplikasi yang disebut coreldraw. Ada tahapannya cara membuat gradasi warna di coreldraw tersebut.

Tips Membuat Gradasi Warna Dengan CorelDraw

Membuat gradasi warna sebenarnya tidak terlalu sulit, terutama jika menggunakan coreldraw. Bagi orang yang bergerak di bidang desain grafis mungkin sangat mengetahui, dimana cara yang paling efektif adalah:

1. Pilih Dokumen Baru di Coreldraw

Buka dokumen baru sebagai permulaan menggunakan coreldraw, dan juga awal melakukan gradasi warna tersebut.

2. Buat dan Siapkan Objek

Masuk pada dokumen baru maka Anda mulai membuat dan menyiapkan sebuah objek yang ingin dibentuk.

Cara Membuat Gradasi Warna Di CorelDraw Part2 Caramiaw com

3. Pilih Shape Tool

Shape tool merupakan salah satu tool atau fitur yang terdapat pada coreldraw digunakan sebagai pembuat bentuk (shape). Bisa menggunakan persegi, ellips, ataupun poligon.

4. Pilih Menu Interactive Fill Tool

Selanjutnya adalah menu interactive fill tool, dalam menu ini ada beberapa tool yang bisa memenuhi kebutuhan Anda. Sebelumnya, pastikan dulu Anda sudah menyeleksi objek yang akan di gradasi warna.

5. Pilih Menu Fountain Fill

Pada menu fountain fill, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dan menu ini terletak pada deretan bawah tools.

6. Pilih Warna

Jika sudah memilih dan menyeleksi objek, maka pastinya Anda sudah bisa mencari pilihan warna yang Anda inginkan.

7. Pilih Transparency Tools

Berikutnya pilih fitur transparency tools, yaitu sebuah tool yang memiliki simbol icon gelas. Setelah memilih tools tersebut maka drag dan juga arahkan pada objek yang dimaksud.

Cara Membuat Gradasi Warna Di CorelDraw by Caramiaw com

8. Mengganti Jenis Gradasi

Hal terakhir adalah Anda perlu mengganti jenis gradasi. Artinya adalah Anda masih memiliki pilihan untuk bisa mengganti gradasi sesuai dengan warna yang diinginkan.

Efek Gradasi Warna

Membuat sebuah gradasi warna pada objek atau gambar pastinya akan berdampak atau memberikan efek pada gambar tersebut. Dimana efek dari gradasi warna tersebut biasa digunakan sebagai penggabungan dua warna atau lebih, dan juga bisa membuat sebuah warna menjadi dua ujung yang utuh dan tipis.

Cara membuat gradasi warna di coreldraw tidaklah sulit, yang terpenting langkah yang diberikan tidak ada yang terlewat.

Cara Mengkombinasi Warna Menggunakan CorelDraw

Bukan hanya cara membuat gradasi warna di coreldraw saja beserta efek gradasinya, tetapi ada juga cara terbaik mengkombinasi warna dengan memanfaatkan software corel draw tersebut.ada beberapa langkah sebagai cara mengkombinasikan warnanya tersebut, yaitu dimulai dengan pemilihan warna dan melakukan efek gradasi tadi.

Ada beberapa fitur pada coreldraw yang memang digunakan untuk membuat kombinasi tersebut, antara lain:

  1. Fill Color
  2. Fountain Fill
  3. Pattern Fill
  4. Texture Fill Color

Cara Memadukan dan Memudarkan Warna Pada Coreldraw

Selain beberapa teknik di atas terkait efek gradasi warna dan kombinasinya pada coreldraw, ada juga teknik memadukan dan memudarkan warna yang juga memiliki kelebihan tersendiri.

Cara memadukan warna antara lain adalah dimulai dengan mengenal berbagai jenis warna yang akan dikombinasikan. Karena, tujuan dari kombinasi warna ini adalah untuk membuat desain menjadi lebih menarik.

Sedangkan, cara memudarkan warna juga tidak terlalu jauh berbeda dengan menggunakan rangkaian tools yang terdapat pada corelldraw seperti pada menu fountain transparency salah satunya. Yaitu, gambar yang dijadikan objek transparan sebagian pada corelldraw itu.

Tips Mengisi Garis dan Memberi Teks Warna Gradien

Pada desain grafis yang menggunakan coreldraw, ada juga kebutuhan untuk memberikan teks pada warna tersebut. Dimana urutan langkahnya adalah memberikan teks, mewarnai dan mengeditnya.

Cara membuat gradasi warna di coreldraw pun termasuk dalam salah satu rangkaian tersebut yang masuk dalam tahap mewarnai.

Sedangkan, ada kegiatan selain teks yaitu mengisi garis dan mewarnainya selain warna standarnya hitam. Hal tersebut dilakukan menggunakan coreldraw dengan cara mengklik objek yang dimaksud dan perhatikan tool box yang ada di bagian samping.

Salah satu tool yang digunakan adalah eyedropper yang terdapat pada outline pen tools. Manfaat dari eyedropper ini adalah untuk mendeteksi warna yang akan digunakan.

Pengertian Blend Effect Pada Corell Draw

Dari unsur katanya, blend effect diartikan sebagai percampuran efek gradasi dengan menggunakan coreldraw. Sehingga, dapat diartikan dan disimpulkan bahwa blend effect adalah penggabungan semua efek gradasi dengan memanfaatkan beberapa tools yang ada. Ada beberapa blend tools yang bisa digunakan dan langkah-langkah yang harus dilalui.

Cara Memadukan Objek di Coreldraw

Selanjutnya adalah cara memasukan objek menggunakan coreldraw, dimana cara membuat gradasi warna di coreldraw tadi masih ada kaitannya dengan teknik berikut ini. jika ada lebih dari satu objek pada sebuah media gambar, maka gambar tersebut bisa dimasukkan pada objek yang dimaksud dan bisa dikatakan sebagai memadukan objek.

Adapun cara memadukan objek yang dimaksud adalah seperti mengimport gambar terlebih dulu ke dalam aplikasi coreldraw itu. Setelah itu, barulah Anda membuat objek lingkaran untuk menentukan bagian objek mana yang akan dipilih melalui objek lingkaran tersebut.

Bagaimana Menggunakan Blend Tools

Sebelumnya kita sudah mengetahui pengertian dari istilah blend effects, hal tersebut sangat dikaitkan dengan blend tools. Karena, blend tools merupakan fitur untuk melakukan blend effect tersebut.

Dalam menggunakan tools tersebut, ada hal yang perlu diperhatikan sebelumnya. Salah satunya adalah pada saat penggunaan blend tools paling tidak menggunakan minimal 2 objek.

Blend tools terdapat di sisi kiri, dan digunakan bersama drop shadows, contour, extrude dan beberapa tools lainnya. Semuanya itu saling mendukung untuk membentuk blend effect.

Ada beberapa teknik dalam menggunakan aplikasi coreldraw, salah satunya yang berhubungan dengan teknik gradasi warna. Mulai dari membuat efek gradasi warna, kombinasi warna, perpaduan objek, blend effects dengan blend toolsnya juga pemberian garis dan teks pada warna.

Pembahasan ini memang lebih banyak berhubungan dengan warna.Oleh karena itu, penggunaan corel draw memang sangat tepat untuk membuat sebuah objek dalam desain menjadi indah dan menarik.

Bagi Anda yang memang memiliki tugas dengan menggunakan coreldraw, ada baiknya mempelajari semua teknik tersebut satu persatu secara mendetail. Yang terpenting, cara membuat gradasi warna di coreldraw sangat membantu mempercantik desain.