Cara Mencoret Tulisan Di Word

Bagi kebanyakan orang pasti mengetahui yang dinamakan dengan Microsoft Word. Karena aplikasi ini merupakan salah satu program dari microsoft office yang sering digunakan untuk mengelola teks, pengelolahan dokumen, laporan dan lainnya.

Bahkan saat ini hampir semua lapisan masyarakat telah menggunakan komputer, terutama penggunaan pada microsoft office. Fungsi dari microsoft office ini juga bervariasi tergantung dari pemakaiannya.

Tetapi, fungsi utama dari Microsoft ini yaitu membantu kita dalam mengelola kata. Sehingga, aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang ingin mengerjakan laporan atau sesuatu hal yang berkaitan dengan tulisan panjang.

Ctrl Apa Untuk Coret?

Ketika Anda sedang menggunakan Microsoft office atau mengedit dokumen, terkadang Anda memerlukan untuk menghapus sebagian dari isi dokumen. Tetapi, sebelum menghapusnya kata atau kalimat tersebut, Anda perlu mencoretnya terlebih dahulu agar tidak kehilangan jejak dari perubahan tersebut.

Untuk itu, ada cara mencoret tulisan di word yaitu berupa satu garis atau dua garis coretan. Untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut

Cara umum yang dapat dilakukan yaitu dengan:

  1. Anda perlu memblok sebuah tulisan atau kata yang akan dicoret terlebih dahulu. Misalnya tulisan yang dicoret
  2. Anda perlu masuk pada menu ribbon Home, setelah itu Anda akan dapat memunculkan dialog font
  3. Dan pilih icon I
  4. Atau bisa menekan tombol shortcut dengan menggunakan CTRL+D.
  5. Saat Anda sudah memasuki kotak dialog font, maka Anda dapat memilih tab Font.
  6. Setelah itu, Anda akan menemui grup Effects,
  7. Lalu berikan tanda Check pada ikon Strikethrough untuk mencoret tulisan dengan menggunakan satu garis,
  8. Tetapi jika akan menggunakan coretan dengan dua garis, maka anda dapat memberikan tanda check pada double strikethrough.

Cara Mencoret Tulisan Di Word

Apa Itu Icon Strikethrough?

Strikethrough ini merupakan salah satu fitur yang terdapat pada microsoft office yang memiliki fungsi untuk membuat coretan pada tulisan. Dengan cara mencoret tulisan di tengah atau membuat garis horizontal pada tengah tulisan.

Fiture ini tentunya sangat berguna bagi Anda yang sering mengerjakan sebuah laporan atau dokumen yang dapat menandai bahwa kata atau kalimat tersebut sudah tidak dipakai lagi. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa khawatir kehilangan kata atau kalimat yang akan diedit.

Karena ikon ini memang bertujuan untuk menandakan bahwa tulisan tersebut sudah tidak dipakai lagi.

Apa Yang Dimaksud Dengan Double Strikethrough?

Fitur strikethrough ini memang tidak jauh berbeda dengan double strikethrough biasanya. Anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan dua garis pada kata atau kalimat yang dianggap salah.

Berikut ini contoh dari penggunaan strikethrough dan double strikethrough. Kalimat ini salah hal itu yang disebut dengan strikethrough, sedangkan jika Anda menggunakan double strikethrough maka Anda akan menemukan hal seperti ini kalimat ini salah jadi bagaimana? Apakah sudah tahu perbedaan antara strikethrough dan double strikethrough?

Cara Mencoret Tulisan Di Word

Bagi Anda yang sering melakukan kesalahan ketika sedang membuat laporan atau skripsi, ada solusi yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi hal tersebut. Fitur ini digunakan sebagai sebuah tanda bagi Anda yang ingin mencoret sebuah tulisan tanpa perlu khawatir jika kata tersebut akan hilang.

Lalu, bagaimana cara mencoret tulisan di word? Tentunya, cara ini akan sangat mudah jika ingin Anda lakukan.

Anda cukup menggunakan CTRL+D dan akan muncul sebuah tab font.

Lalu, pilih pada group icon effect dan check pada tulisan strikethrough pada kata atau kalimat yang ingin Anda coret.

Cara Umum Mencoret Tulisan

Apakah Anda sedang merasa kebingungan ketika ingin mencoret sebuah tulisan pada aplikasi word? karena cara ini sangat mudah untuk dipraktekkan. Cari kata atau kalimat yang ingin dikoreksi, maka blok kata atau kalimat tersebut.

Setelah itu Anda perlu menggunakan CTRL+D untuk mengaktifkan fitur coret tersebut.

Pilih group font yang menampilkan tulisan strikethrough, ceklis kolom pada salah satu tulisan tersebut,.

Maka Anda akan melihat hasil dari kata atau kalimat yang Anda blok tersebut menjadi suatu tulisan yang sudah dicoret sebagai penanda jika kata atau kalimat tersebut sudah tidak dapat digunakan

Keyboard

Keyboard merupakan sebuah perangkat keras (hardware) yang biasa digunakan pada komputer dan berfungsi sebagai salah satu alat untuk melakukan input data berupa huruf, angka dan simbol.

Definisi keyboard ini merupakan suatu perangkat keras pada komputer yang memiliki bentuk papan dan berbagai macam tombol, dimana tombol tersebut dapat memiliki fungsi yang berbeda beda tergantung pada penekanannya.

Bahkan ada beberapa jenis keyboard yang beredar luas, misalnya: Susunan keyboard QWERTY. Keyboard jenis ini ditemukan pada tahun 1878 dan hingga saat ini menjadi standar pada mesin tik komersial.

Nama QWERTY ini diambil dari 6 huruf berurutan pada baris ke 2. Keyboard Dvoral, keyboard alphabetic dan lainnya.

Mengaktifkan Fitur Coret

Untuk mengaktifkan fitur coret yang akan digunakan pada kata atau kalimat yang dianggap salah tersebut, tentunya bukan sesuatu hal yang sangat sulit. Karena Anda cukup menekan tombol pada keyboard CTRL+D maka Anda akan memasuki bar font dan pilih beberapa fitur yang ingin Anda gunakan. Anda akan mendapati strikethrough hingga ikon hidden yang dapat Anda manfaatkan fungsinya.

Coretan Satu Garis (Strikethrough)

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa coretan satu garis ini merupakan fitur yang dapat Anda gunakan ketika sedang menemui kesalahan pada suatu kalimat atau kata.

Anda dapat menggunakannya, seperti halnya nama bangunan itu salah  sehingga Anda akan mengetahui kata atau kalimat pada bagian mana yang dianggap salah.

Coretan Dua Garis (Double Strikethrough)

Tidak jauh berbeda dengan garis strikethrough, coretan dua garis ini juga sangat berguna bagi Anda yang menemukan suatu kesalahan pada jurnal, artikel hingga laporan yang sedang Anda gunakan. Bedanya, hanya terletak pada hasil garis pada kata atau kalimat yang ingin Anda coret. Misalnya, bangunan itu salah yang membedakan hanyalah dua garis pada tulisan tersebut.

Cara Menghilangkan Strikethrough

Jika Anda sudah selesai memberikan tanda pada kata atau kalimat yang dianggap salah, maka untuk menghilangkan coretan pada kalimat atau kata tersebut sangatlah muda.

Pertama Anda perlu menekan CTRL+D. Kemudian akan muncul tab font. Pada grup effect tersebut, Anda akan menemukan tulisan berupa strikethrough.

Hilangkan tanda centang pada kolom tersebut, maka tulisan Anda selanjutnya sudah tidak akan memunculkan coretan lagi.

Apabila Anda sering melakukan kesalahan pada jurnal, artikel, berita atau tulisan lainnya dan memerlukan coretan pada salah satu kata atau kalimat, maka hal pertama yang akan dilakukan yaitu dengan memanfaatkan fitur coretan pada word. tujuan dari coretan tersebut yaitu sebagai penanda bahwa tulisan Anda salah, dan memudahkan Anda untuk mengedit dan mengolah kata pada tulisan yang Anda buat.