Cara Belajar Ms Excel

Microsoft Excel adalah software yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Program ini banyak digunakan dalam segala bidang, terutama pekerjaan kantoran.

Bahkan, mengoperasikan Excel menjadi salah satu syarat wajib yang harus dimiliki oleh calon karyawan. Tak heran, banyak orang mulai mencari tahu bagaimana cara belajar Ms Excel.

Excel merupakan program aplikasi yang digunakan untuk mengolah angka dengan sistem spreadsheet. Pengolahan angka tersebut, mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, hingga perhitungan yang rumit sekalipun.

Sebagai program lembar kerja, Excel tidak hanya digunakan pada Windows atau Mac OS, melainkan juga dapat dijalankan pada perangkat mobile berupa iOS dan Android. Penggunaan Excel semakin meningkat karena memiliki banyak kelebihan yang ditawarkan.

Bagaimana tidak ? Dengan adanya program ini, sangat membantu pekerjaan dalam waktu yang singkat. Jadi, lebih cepat selesai tanpa perlu dikerjakan secara manual lagi.

Fungsi dari Microsoft Excel

Fungsi utama program Microsoft excel adalah mengolah data. Namun, masih terdapat banyak sekali kegunaan lainnya, seperti membuat, mengedit, menganalisa, mengurutkan, hingga meringkas data.

Menariknya, hasil penyajian analisis data bisa berupa grafik ataupun diagram. Perlu diketahui bahwa, cara belajar Ms Excel memang wajib memahami setiap rumus apa saja yang digunakan. Lalu, apa fungsi Excel dalam pekerjaan ?

1. Mengelola Administrasi

Program Excel pun sering dimanfaatkan dalam pekerjaan bidang administrasi yang digunakan untuk menyusun laporan keuangan, catatan keuangan, membuat laporan data, grafik, dan tabel.

Microsoft memungkinkan penggunanya untuk mengelola keuangan secara efisien, sehingga data terlihat lebih terorganisir . Administrasi yang tersusun rapi juga memudahkan pemantauan aktivitas kerja maupun susunan program usaha.

2. Mengoperasikan Tabel, Grafik, dan Statistika

Selain mengolah angka, Excel juga menawarkan kemudahan bagi penggunanya ketika membuat ataupun menyusun tabel saat menginput data yang banyak. Meskipun data yang diisi tidak berurutan, Excel mampu menyusunkan sesuai dengan urutan atau abjadnya.

Dilihat dari fungsi grafik, program ini juga dapat mengubah data angka menjadi data grafik. Sebagai contohnya, data grafik pertumbuhan penduduk setiap tahunnya. Selain itu, Excel berfungsi untuk mengolah data statistika berupa logika dan perhitungan matematika.

Untuk perhitungan logika menggunakan fungsi AND pada Excel untuk menghasilkan nilai TRUE dalam melakukan uji logika.

3. Menyusun Laporan Keuangan

Dalam sebuah perusahaan pasti membutuhkan penyusunan laporan keuangan, sehingga pengelolaan keuangan lebih teratur. Microsoft Excel merupakan program aplikasi yang dikhususkan untuk menyusun laporan keuangan, baik harian, bulanan, maupun per tahun.

Rumus-rumus Excel akan membantu perhitungan data menggunakan fungsi penjumlahan, pengurangan, dan masih banyak lainnya. Untuk rumus penjumlahan biasanya menggunakan fungsi SUM. Penggunaan rumus SUM pada Excel digunakan untuk membantu menjumlahkan data yang sudah ditentukan atau range tertentu saja.

Lalu, Apa Manfaat Saat Menggunakan Microsoft Excel ?

Dengan fungsi di atas, sudah pasti akan memberikan manfaat bagi penggunanya.

  1. Pertama, dalam bidang akuntansi akan memudahkan perhitungan jumlah keuangan yang menyangkut untung dan rugi terhadap suatu bisnis.
  2. Manfaat lainnya adalah menghitung bisa dilakukan secara otomatis hanya dengan rumus, sehingga meminimalisir kesalahan atau human error.
  3. Adanya, diagram dan grafik memudahkan pemantauan perkembangan suatu bisnis, instansi, untuk presentasi, hingga kebutuhan yang lainnya.

Bagaimana, tertarik mengetahui cara belajar Ms Excel ?

Tips dan Cara Belajar Excel Bagi Pemula

Hal terpenting saat menggunakan Excel adalah mempelajari rumus-rumus dasar yang akan menjadi acuannya. Berikut rumus dasar saat menggunakan Ms Excel.

1. Perhitungan Dasar

Microsoft Excel merupakan program aplikasi yang memang digunakan untuk mengolah data berupa angka yang dapat ditambah, diubah, ataupun dikurangi. Untuk itu, mempelajari cara menghitung adalah langkah awal agar memahami konsepnya secara keseluruhan.

Pada Excel, menghitung memiliki istilah, yaitu menggunakan ‘Fungsi.” Fungsi diartikan sebagai rumus. Untuk membuat fungsi, Anda harus mengklik kotak di Excel.

Ketik dengan tanda “=” (sama dengan). Misalnya, ingin menjumlahkan 6+4. Ketik tanda “=” terlebih dahulu dan masukkan rumusnya. Maka penulisannya, =6+4 dan tekan enter hasilnya akan otomatis keluar. Terdapat tanda operator perhitungan dasar.

+untuk pertambahan
*( tanda bintang ) untuk perkalian
 untuk pengurangan
/( garis miring ) untuk pembagian
Bisa juga memakai ini Cara Menjumlahkan Di Excel

2. Kalkulasi Cepat

Cara belajar Ms Excel berikutnya adalah menggunakan Autosum. Autosum berfungsi untuk kalkulasi cepat tanpa menggunakan rumus dasar. Misalnya, ingin menjumlahkan 10 angka dalam satu kolom atau baris, cukup menyeleksi atau block semua sel yang akan dihitung.

Setelah itu, klik ‘Home’ dan pilih ‘Autosum’. Secara otomatis hasil akan langsung terjumlah.

Averageuntuk mencari nilai rata-rata

Count Numbersuntuk jumlah sel yang dipilih
Maxuntuk nilai paling besar
Minuntuk nilai paling kecil
SUMuntuk penjumlahan

3. Membuat Tabel Excel

Cara menggunakan Microsoft Excel tidak terlepas dari membuat tabel. Adanya tabel memudahkan data tersusun secara rapi. Lembar kerja Excel perlu ditambah dengan tabel.

Caranya, blok terlebih dahulu data, kemudian akan muncul tombol tambahan di pojok kanan bawah.

Klik “Tables’ dan pilih “Table”. Anda juga bisa mengurutkan data yang belum beraturan berdasarkan huruf A – Z atau Z – A.

4. Menggabungkan 2 Kolom atau Baris

Menggabungkan tabel bertujuan agar tersusun lebih rapi, memuat tulisan lebih lebar, dan masih banyak lagi. Misalnya, data berada di C3 dan C4 tidak menyatu.

Anda tinggal blok kedua tabel tersebut, lalu klik “Merge & Center”, secara otomatis kedua tabel akan menyatu. Langkah ini bisa dilakukan terhadap kolom atau baris lainnya yang belum beraturan.

5. Format Angka

Manfaat Microsoft Office Excel juga digunakan untuk memasukkan data yang jenisnya berbeda. Misalnya, ingin mengubah angka 100 ke dalam rupiah. Apabila dilakukan secara manual sudah pasti repot, bukan ? Nah, caranya tinggal blok terlebih dahulu angka yang ingin diubah formatnya.

Kemudian pada ‘Number’, pilih ‘General’ dan pilih format angka yang diinginkan. Anda juga bisa mengubah mata uangnya negara lain, seperti dollar sesuai kebutuhan.

6. Menghitung Secara Manual

Terdapat pula beberapa perhitungan yang memang tidak bisa menggunakan Autosum (perhitungan otomatis). Apalagi, semakin kompleks jumlah angka maka harus dihitung dengan fungsi manual.

Misalnya, ingin menghitung jumlah sel B1 – B5, seleksi data yang akan ditambahkan. Minimal data angka terdiri atas 2 sel. Lalu, masukkan fungsi secara manual dengan mengetik simbol = (sama dengan) dan diikuti dengan nama fungsinya.

Setelah itu, beri tanda (). Rumus lengkapnya, =namafungsi(datapertama:dataterakhir) atau =SUM(B1:B5). Jika sudah, tekan enter, angka terakhir pada sel merupakan jumlah dari data tersebut.

Apabila Anda ingin mengganti data, tapi sudah menghitungnya. Tidak perlu cemas karena jumlah data telah otomatis berubah. Cara belajar Ms Excel dan rumus dasarnya tidak sulit kan? Saatnya mencoba!